Manfaat Asam Amino Esensial untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Asam Amino Esensial untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Tubuh memerlukan asupan asam amino untuk membantu keberlangsungan fungsi organ dan sistem di dalamnya. Tidak jarang, seseorang mengonsumsi suplemen asam amino untuk memenuhi kebutuhan harian yang dianjurkan. Asam amino adalah senyawa organik yang bergabung dan menjadi protein. Jadi, protein yang masuk ke dalam tubuhmu akan mengalami proses penguraian, salah satunya menghasilkan asam amino. 

Nah, asam amino yang banyak diketahui adalah asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Sebenarnya, masih ada satu lagi jenis asam amino, yaitu asam amino conditional. Asam amino esensial adalah jenis yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh, jadi asupannya bisa dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi. Sementara asam amino non-esensial bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, dan asam amino conditional hanya diperlukan pada kondisi tertentu. 

Adakah Manfaat Asam Amino Esensial untuk Ibu Hamil?

Bagi ibu hamil, tentu ada aturan untuk tidak mengonsumsi makanan, minuman, bahkan suplemen tertentu. Pasalnya, selalu ada risiko yang menyertai dengan ibu hamil yang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Suplemen asam amino baik yang bentuknya tunggal maupun kombinasi, memiliki dampak terhadap suasana hati, ketahanan tubuh, depresi, hingga beragam kondisi kesehatan lainnya. 

Baca juga: Bahaya Penumpukan Fenilalanin pada Ibu Hamil

Sayangnya, tidak semua suplemen asam amino aman untuk dikonsumsi ibu hamil, terlebih jenis tirosin, fenilalanin dan triptofan. Oleh karenanya, mungkin ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen asam amino, begitu pula untuk ibu menyusui. Atau, ibu bisa bertanya pada dokter kandungan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan akurat. Jangan asal bertanya, gunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi langsung pada dokter dan memudahkan ibu untuk bertanya apa saja seputar masalah kesehatan pada dokter ahlinya. 

Jadi, untuk memenuhi asupan asam amino esensial dalam tubuh selama hamil, sebaiknya ibu mendapatkannya secara alami dari makanan sumber hewani dan nabati, termasuk tahu, tempe, oncom, dan kacang-kacangan, ayam, daging sapi, kambing, telur, ikan, udang, cumi, kerang, dan beragam makanan laut lainnya. Namun, hindari jika ibu memiliki alergi terhadap salah satu jenis makanan sumber protein ini, ya!

Baca juga: Penting, Ini 5 Makanan Sumber Asam Amino Esensial

Jika didapatkan secara alami, asam amino esensial bisa mendatangkan manfaat kepada ibu hamil, seperti:

  • Membantu memperbaiki jaringan tubuh;

  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh;

  • Membentuk hormon, termasuk insulin dan tiroid;

  • Membantu melancarkan proses pertumbuhan di dalam tubuh;

  • Membantu menjaga kondisi asam basa tubuh;

  • Membentuk enzim, neurotransmitter, dan sistem kekebalan tubuh. 

Keamanan Suplemen Asam Amino Selama Hamil

Kebutuhan protein akan mengalami peningkatan selama kehamilan, tetapi kebutuhan ini seharusnya sudah tercukupi jika ibu melakukan diet sehat berdasarkan anjuran dokter. Jadi, ibu tidak membutuhkan asam amino suplemen untuk memenuhi asupan untuk diri sendiri dan sang buah hati.

Baca juga: Konseling Genetik untuk Cegah Fenilketonuria saat Hamil, Efektifkah?

Meski asam amino ada dalam makanan yang mengandung protein, jumlah yang ditemukan dalam suplemen jauh lebih besar daripada yang ada pada makanan sumber protein alami. Nah, mengonsumsi sejumlah zat yang berlebihan memiliki kemungkinan efek pada tubuh, baik yang disengaja maupun tidak. Ibu perlu ingat bahwa suplemen belum diuji keamanannya terhadap ibu hamil, terlebih jika didapati kebutuhannya yang berlebih dari kebutuhan harian. 

Referensi: 
Verywell Family. Diakses pada 2019. Are Amino Acids Safe During Pregnancy?
Medine Plus. Diakses pada 2019. Amino Acids.
Everyday Health. Diakses pada 2019. What Are Amino Acids?