Penting, Ini 5 Makanan Sumber Asam Amino Esensial

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Penting, Ini 5 Makanan Sumber Asam Amino Esensial

Halodoc, Jakarta - Tubuh harus selalu mendapat asupan untuk mengubahnya menjadi energi yang digunakan saat beraktivitas. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh adalah protein. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan otot agar tetap bertenaga.

Protein berguna untuk tubuh karena mengandung asam amino esensial ketika diuraikan. Tubuh tiap orang membutuhkan amino esensial untuk bertahan hidup. Kamu bisa memastikan asupan nutrisi tersebut melalui makanan. Berikut ini jenis makanan yang merupakan sumber asam amino esensial!

Baca juga: Ini Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Sumber Makanan Asam Amino Esensial

Protein yang dikonsumsi melalui makanan mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Nutrisi tersebut adalah bagian terkecil dari struktur protein. Asam amino esensial adalah zat yang diserap oleh tubuh setelah dipecah dari protein dan fungsinya vital terhadap tubuh.

Tubuh membutuhkan 20 kandungan asam amino. Sebanyak 9 kandungan asam amino esensial didapat dari makanan untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuhnya. Sedangkan, 11 asam amino lainnya diproduksi oleh tubuh sehingga tidak perlu didapatkan melalui makanan.

Asam amino berguna untuk membangun otot, yang menyebabkan reaksi kimia pada tubuh, mencegah penyakit, dan menjalankan fungsi lainnya. Kekurangan asam amino esensial menyebabkan penurunan kekebalan, masalah pencernaan, depresi, pertumbuhan yang lambat pada anak-anak, dan gangguan kesehatan lainnya.

Untuk itu, kamu harus mencukupi nutrisi tersebut melalui makanan. Berikut ini makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan asam amino esensial, yaitu:

  1. Telur

Salah satu makanan yang kaya kandungan asam amino esensial adalah telur. Makanan ini kaya kandungan protein dalam jumlah besar, sehingga baik untuk pertumbuhan otot. Maka dari itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan ini untuk mencukupi nutrisi protein di dalam tubuh.

Kamu dapat memastikan konsumsi makanan kamu sehari-hari dengan berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Caranya, kamu hanya perlu untuk download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu keluar rumah melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Lima Manfaat Besar Asam Amino yang Perlu Diketahui

  1. Daging Tanpa Lemak

Makanan lainnya untuk mencukupi asupan asam amino esensial pada tubuh kamu adalah daging tanpa lemak. Makanan ini memastikan kamu mendapatkan protein yang tinggi dan semua kandungan asam amino esensial tanpa memikirkan asupan dari makanan lain. Daging tanpa lemak dan kaya kandungan tersebut terdapat dalam daging unggas.

  1. Ikan

Sumber asam amino esensial yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah semua jenis ikan. Selain itu, pada ikan salmon, terdapat tambahan kandungan, seperti asam lemak dan Omega 3. Ikan terbilang jenis makanan yang mudah untuk diolah dan rasanya yang sedap serta menyehatkan.

  1. Susu

Susu dan produk turunannya dapat mencukupi semua nutrisi asam amino esensial pada tubuh. Selain itu, minuman tersebut mengandung protein yang tinggi, serta kaya vitamin dan kalsium. Protein yang diperoleh baik untuk otot dan kalsium baik untuk tulang, sehingga kamu mendapat dua manfaat dalam satu minuman.

Baca juga: 4 Makanan Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Tubuh

  1. Biji-Bijian

Makanan nabati lainnya yang mencukupi asupan protein dalam tubuh kamu adalah biji-bijian. Makanan tersebut kaya kandungan protein dan mengandung seluruh asam amino esensial. Selain itu, kamu juga mendapat asupan serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, dan lainnya.

Referensi:
Rejuvenatemuscle.Diakses pada 2019.7 Foods High in Essential Amino Acids
Medical News Today.Diakses pada 2019.What to know about essential amino acids