Manfaat Masker Tomat untuk Kesehatan Kulit Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Manfaat Masker Tomat untuk Kesehatan Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan tomat? Selain enak di jus atau dicampur ke dalam sup, ternyata sayuran berwarna merah ini bisa dijadikan masker wajah, lho! Bukan cuma dikonsumsi, manfaat tomat ternyata bisa diperoleh dengan membalurkan tomat ke kulit wajah. Sudah banyak yang mengklaim bahwa tomat dapat digunakan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kulit. 

Baca Juga: 8 Manfaat Tomat untuk Kehamilan

Untuk membuat masker tomat, kamu bisa menghaluskannya terlebih dengan menggunakan blender atau alat penghalus lainnya. Kemudian campurkan tomat yang dihaluskan dengan oatmeal atau yogurt untuk dijadikan masker. Oleskan masker di wajah dan biarkan kurang lebih sampai 20 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Nah, berikut manfaat masker tomat yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengurangi Risiko Terbakar Sinar Matahari

Seperti yang kita tahu, untuk menangkal sinar matahari kita perlu menggunakan tabir surya. Masker tomat bukan berarti bisa menggantikan tabir surya, namun tomat mengandung yang memiliki efek perlindungan foto. Makan tomat atau menggunakan masker diklaim mampu melindungi kulit dari eritema atau sinar matahari yang disebabkan oleh sinar UV.

Jadi, kamu tetap perlu menggunakan tabir surya sehari-hari. Namun, saat kamu menggunakan masker tomat, kulit lebih tidak sensitif terhadap sinar UV. 

  1. Meredakan Peradangan Kulit

Beberapa senyawa dalam tomat, seperti likopen, beta karoten, lutein, vitamin E dan vitamin C ternyata memiliki efek antiinflamasi. Saat kamu menggunakan masker tomat, senyawa ini membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. 

Kalau kamu mengalami masalah peradangan kulit, sebaiknya periksakan ke dokter kulit untuk mencari tahu cara penanganan yang tepat  dan produk yang aman digunakan. Sebelum, periksa buat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat Halodoc

  1. Merangsang Produksi Kolagen

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen, sehingga membantu meningkatkan elastisitas kulit. Itu artinya, menggunakan masker tomat bisa membuat kulit lebih kencang.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Masker tomat yang dicampur dengan oatmeal menghilangkan sel kulit mati. Partikel-partikel oatmeal bisa bekerja sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel mati. Rutin melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. Apabila oatmeal terlalu keras, kamu bisa mencampurkan tomat dengan gula. Hindari menggosok wajah terlalu keras karena justru bisa melukai kulit. 

  1. Mencegah Penuaan

Vitamin B dalam tomat memiliki sifat anti-penuaan yang membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Vitamin ini mampu mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

  1. Memerangi Kerusakan Sel

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di kulit, sehingga dapat meningkatkan risiko keriput dan tanda-tanda penuaan. Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C. Manfaat antioksidan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi tomat maupun mengaplikasikan masker tomat.

  1. Melembapkan Kulit

Kulit kering yang tidak ditangani dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Kalau kamu punya kulit yang cenderung kering, coba untuk menggunakan masker tomat agar kulit menjadi lebih lembap. Kulit kering biasanya disebabkan karena jumlah kalium yang rendah. Tomat merupakan sumber kalium yang baik, sehingga mampu melembapkan kulit. 

Baca Juga: Punya Komedo Membandel? Coba Lakukan Tips Ini

Melihat berbagai manfaat di atas, apakah kamu tertarik menggunakan masker tomat? Yuk, gunakan perawatan kulit dengan bahan alami agar hasilnya dapat dirasakan secara maksimal dan terbebas dari efek samping, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Can You Use Tomatoes for Skin Care?.
Style Craze. Diakses pada 2019. 18 Amazing Benefits Of Tomatoes For Skin, Hair, And Health.