04 May 2018

5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

Halodoc, Jakarta – Kecerahan kulit adalah salah satu tanda kulit yang sehat. Sayangnya, ada beberapa faktor yang membuat kulit menjadi tidak cerah (kusam). Diantaranya adalah penumpukan sel kulit mati, kulit dehidrasi, kebiasaan merokok, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari, dan faktor stres.

(Baca juga: Enggak Glowing? Mungkin Ini 6 Penyebab Wajah Kusam)

Kulit kusam juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tertentu, seperti antioksidan dan zat besi. Oleh karena itu, salah satu cara membuat kulit kembali cerah adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lantas, apa saja sih makanan untuk membuat kulit cerah? Cari tahu di sini, yuk.  

1. Tomat

Selain sebagai bahan masakan, kamu bisa memanfaatkan tomat untuk mencerahkan kulit. Ini karena tomat mengandung likopen, senyawa yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Likopen juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menempelkan potongan tomat di wajah atau mencampurkan jus tomat dengan madu/lemon untuk dioleskan pada kulit selama 15-30 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat hingga bersih. Atau, kamu juga bisa mengonsumsi tomat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

2. Wortel

Beberapa studi menemukan bahwa wortel dapat mencerahkan kulit dan membuat awet muda. Ini karena wortel mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A. Untuk mendapatkan manfaat wortel untuk kecantikan, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, diolah menjadi jus, atau membuat racikan berikut ini:

  • Rebus wortel yang sudah dicuci bersih, lalu tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan olive oil/madu (jika wajah kering) atau perasan lemon (jika kulit berminyak).
  • Aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan masker pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan selama 20-30 menit.
  • Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Kiwi

Vitamin C yang tinggi pada buah kiwi berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Sebab, vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan, senyawa yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV matahari penyebab kulit kusam dan keriput pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa langsung mengonsumsi buah kiwi bersama kulitnya. Kamu juga bisa mengonsumsi buah lain yang mengandung vitamin C seperti lemon, jeruk, jambu biji, dan buah berry (stroberi, blueberry, dan raspberry). Agar lebih menarik, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam bentuk jus.

4. Kacang Almond

Kacang almond berkhasiat untuk mencerahkan kulit karena kandungn vitamin E di dalamnya. Vitamin E adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dan sinar UV matahari. Kandungan protein dan vitamin pada kacang almond juga dapat menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga kulit menjadi lembut dan lembap.

5. Ikan dan Makanan Laut

Ikan dan makanan laut (seafood) mengandung asam lemak omega-3 yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV matahari. Kandungan vitamin dan protein pada ikan dan makanan laut juga dapat memperbaiki sel kulit yang telah rusak dan menjaga kulit tetap sehat. Ini dibuktikan dalah sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American College of Nutrition. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi ikan dan makanan laut cenderung memiliki kerutan lebih sedikit dibandingkan orang yang jarang mengonsumsinya.

Selain mengonsumsi lima makanan di atas, kamu juga bisa merawat kulit dengan mengonsumsi vitamin khusus kulit. Kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu repot keluar rumah. Kamu hanya perlu memesan vitamin yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar, lalu pesanan kamu akan sampai kurang dari 1 jam. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.