Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Halodoc, Jakarta - Saat hamil dan menyusui, beberapa wanita mungkin bertanya-tanya. Apakah mereka harus menjalankan pola makan khusus? Pada banyak kasus, nyatanya hal ini tidak diperlukan. Wanita yang tengah hamil dan menyusui hanya disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang.

Pentingnya Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Melansir Standford Children's Health, saat hamil dan terutama saat menyusui, ibu akan sering sekali merasakan lapar. Jangan abaikan rasa lapar ini, karena nutrisi yang harus dipenuhi bukan hanya untuk ibu, melainkan untuk bayi di dalam kandungan dan untuk pembentukan ASI. Salah satu jenis minuman kaya gizi yang juga bisa jadi pilihan adalah susu kedelai.

Susu kedelai adalah alternatif sumber protein dan asam omega 3 yang baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, ibu disarankan memilih susu kedelai organik yang bebas pestisida sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi selama meminumnya.

Baca juga: 5 Manfaat Meminum Susu Rendah Lemak

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Yuk, simak manfaat yang didapatkan ibu hamil dan menyusui saat rutin mengonsumsi susu kedelai, yaitu:

  • Mendukung Perkembangan Bayi 

Kedelai adalah sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah asam folat, yang penting untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan atau yang sudah lahir. Tidak hanya mengandung asam folat, susu kedelai untuk ibu hamil ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bayi.

  • Mengurangi Kolesterol Jahat

Selama hamil, mungkin beberapa kali ibu mengidam makanan yang kurang baik seperti yang banyak mengandung kolesterol jahat. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai membantu ibu dalam mengurangi tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi susu kedelai selama kehamilan dan menyusui dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan tubuh dan menyimpan cadangan lemak baik di dalam tubuh.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Kedelai Bisa Mengendalikan Berat Badan?

  • Menyediakan Serat yang Baik 

Masalah pencernaan juga menjadi gangguan yang cukup sering terjadi selama ibu hamil dan menyusui. Nah, di dalam susu kedelai terkandung serat yang dapat membantu melancarkan masalah pencernaan. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat dalam susu kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil.

  • Sebagai Sumber Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan nutrisi yang penting untuk sumber energi seorang ibu. Biasanya, ibu hamil dan ibu menyusui sering merasa kelelahan akibat kekurangan energi. Dengan rutin mengonsumsi susu kedelai, maka ibu akan kembali mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Hasilnya, ibu hamil dan menyusui akan terbebas dari kelelahan dan rasa lemas sepanjang hari. Namun, jika kelelahan terjadi secara berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit. Segera buat janji dengan dokter lewat aplikasi Halodoc untuk mendapatkan perawatan yang tepat agar ibu bisa selalu sehat, segar, dan bugar.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan zinc di dalam susu kedelai juga bisa diandalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu. Daya kekebalan tubuh yang baik pada tubuh ibu dibutuhkan untuk melawan virus maupun penyakit yang menyerang. Dengan begitu, kesehatan ibu pada masa kehamilan maupun menyusui akan terus terawat dengan baik.

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

  • Mencegah Anemia

Selama hamil dan menyusui, seorang ibu juga sangat rentan mengalami anemia. Ini terjadi karena ibu kekurangan vitamin B12. Susu kedelai sebagai minuman sehat, juga mengandung vitamin B12 untuk membantu tubuh saat memproduksi sel darah merah dan akhirnya terbebas dari anemia.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan, karena penyakit anemia pada masa kehamilan bisa mengakibatkan komplikasi. Mulai dari bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, dan yang paling parah adalah kematian janin.

Itulah yang bisa didapatkan ibu hamil dan menyusui ketika rutin mengonsumsi susu kedelai. Jika ditambahkan lagi dengan nutrisi lewat makanan dan minuman bergizi lainnya, maka pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu juga akan berjalan secara optimal.

Referensi:

Baby Center. Diakses pada 2019. Drink Soymilk During Pregnancy.

Standford Children's Health, Diakses pada 2019. Maternal Nutrition and Berastfeeding. 

Mom Junction. Diakse pada 2019. Drink Soymilk During Pregnancy and Breastfeeding.