20 September 2018

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

manfaat susu kedelai, susu kedelai, susu kedelai untuk ibu hamil, susu kedelai untuk ibu menyusui

Halodoc, Jakarta – Pada masa kehamilan dan menyusui tentu ibu perlu mengonsumsi makanan sehat. Asupan sehat nyatanya sangat diperlukan untuk perkembangan janin dalam kandungan maupun perkembangan bayi ketika menyusui. Salah satu yang bisa dikonsumsi adalah susu kedelai untuk ibu hamil. Banyak manfaat susu kedelai yang bisa dirasakan oleh ibu hamil saat mengonsumsi susu ini untuk janin maupun bayi yang masih menyusui. Kedelai dianggap alternatif yang menyehatkan bagi ibu, anak, maupun janin dalam kandungan.

Berikut adalah manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan juga ibu menyusui:

1. Susu Kedelai Mengandung Asam Folat

Kedelai kaya akan nutrisi dan vitamin didalamnya. Salah satunya adalah kandungan asam folat pada susu kedelai. Asam folat adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga perkembangan bayi setelah dilahirkan. Susu kedelai bisa menjadi salah satu asam folat yang baik untuk ibu selama masa kehamilan maupun menyusui. Tidak hanya mengandung asam folat, nyatanya susu kedelai untuk ibu hamil ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, protein, dan lemak baik.

2. Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat

Beberapa gangguan kesehatan dapat disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol jahat. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai bisa membantu ibu dalam mengurangi tumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan juga bisa membantu ibu dalam menjaga berat badan tubuh dan menyimpan cadangan lemak baik dalam tubuh.

3. Sebagai Sumber Serat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Masalah yang sering muncul pada ibu hamil adalah masalah pencernaan. Tidak hanya saat hamil, terkadang ibu menyusui juga mengalami hal yang sama. Nah, salah satu kandungan yang dapat membantu melancarkan masalah pencernaan adalah terpenuhinya kebutuhan serat. Susu kedelai dapat menjadi pilihan bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu, kandungan serat dalam susu kedelai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil.

4. Susu Kedelai sebagai Sumber Karbohidrat

Karbohidrat nyatanya bisa menjadi sumber energi bagi ibu. Biasanya, ibu hamil dan ibu menyusui sering merasa kelelahan. Kelelahan yang terjadi bisa dikarenakan ibu kekurangan energi. Tidak ada salahnya mengonsumsi susu kedelai agar ibu kembali mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari sehingga susu kedelai untuk ibu menyusui juga bisa dimanfaatkan.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu Kedelai nyatanya juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu. Daya kekebalan tubuh yang baik pada tubuh ibu bisa melawan segala virus maupun penyakit yang akan menyerang. Dengan begitu, kesehatan ibu pada masa kehamilan maupun menyusui akan terus terjaga.

6. Mencegah Anemia

Susu kedelai mengandung vitamin B12 yang dapat membantu tubuh saat memproduksi sel darah merah. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan ibu mengalami anemia. Sebaiknya saat masa kehamilan dan menyusui hindari penyakit anemia. Penyakit anemia pada masa kehamilan akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, dan yang paling parah adalah kematian janin. Maka dari itu sangat penting mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil ini.

Yuk, konsumsi susu kedelai untuk memenuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan dan minuman sehat lainnya pada masa kehamilan dan menyusui juga sangat diperlukan. Hal ini untuk menjaga kesehatan ibu, bayi, atau janin dalam kandungan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai sumber nutrisi yang baik saat hamil dan menyusui. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Baca juga: