Masih Populer, Ketahui 3 Hal Penting tentang Permak Payudara 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Masih Populer, Ketahui 3 Hal Penting tentang Permak Payudara 

Halodoc, Jakarta – Memperbaiki tampilan payudara alias permak payudara masih menjadi trend di antara prosedur bedah plastik yang ada. Selama ini, cara pembedahan pada bagian tubuh ini identik dengan upaya untuk membesarkan ukuran payudara. Namun tahukah kamu, nyatanya permak payudara tidak hanya digunakan untuk menambah ukuran payudara. Biar lebih jelas, yuk simak hal-hal penting seputar permak payudara

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk melakukan perbaikan payudara, mulai dari alasan kesehatan hingga kecantikan. Pada beberapa kondisi, misalnya berisiko tinggi mengalami kanker payudara, bagian ini mungkin harus dikoreksi atau diperbaiki. Ada juga beberapa orang yang memutuskan untuk memperbaiki ukuran atau bentuk karena alasan kecantikan, misalnya merasa tidak percaya diri dengan ukuran, kekencangan, dan bentuk payudara. 

Baca juga: Adakah Cara Membesarkan Payudara Secara Medis?

Hal yang Perlu Diketahui tentang Bedah Payudara 

Setiap manusia dilahirkan dengan bentuk dan ukuran payudara yang berbeda-beda, tetapi tidak semua bisa menerimanya dengan baik. Tak hanya itu, terkadang ada alasan lain yang membuat seseorang harus melakukan perubahan pada payudara, misalnya untuk memperbaiki bentuk dan mengangkat benjolan akibat tumor pada payudara. Meski begitu, prosedur ini sebaiknya tidak dilakukan sembarang apalagi tanpa alasan yang jelas. 

Meski relatif aman jika dilakukan dengan cara yang tepat, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipetimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukan bedah payudara. Simak hal-hal penting tentang permak payudara berikut! 

1. Tidak Hanya Membesarkan Payudara

Operasi atau pembedahan payudara identik dengan upaya untuk membuat ukuran payudara lebih besar. Namun ternyata, alasan pembedahan tidak melulu untuk menambah ukuran. Ada beberapa jenis pembedahan yang dilakukan untuk mengecilkan, mengencangkan, hingga rekonstruksi payudara. Jenis prosedur yang dipilih biasanya akan disesuaikan dengan kondisi payudara dan kebutuhan, misalnya pengecilan payudara yang dilakukan jika ukuran tidak proporsional dan menyebabkan masalah, seperti sakit punggung, nyeri leher, serta iritasi kulit. 

Baca juga: Tidak Selamanya Benjolan di Payudara Berbahaya, Ini Cirinya

2. Alasan Kesehatan Permak Payudara

Bedah payudara juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Ada beberapa asalan cara ini dilakukan, misalnya pengangkatan payudara untuk membuang jaringan tumor, memiliki faktor tinggi mengembangkan kanker payudara, serta mengangkat atau menghilangkan benjolan pada payudara yang dicurigai tumor atau kanker. 

3. Pertimbangkan dan Bicara pada Dokter 

Permak payudara karena alasan kecantikan sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan, dan perlu ada pertimbangan matang terlebih dahulu. Boleh saja melakukan pembedahan atau menambah ukuran serta volume payudara, tetapi pastikan untuk memperhatikan beberapa hal terutama ukuran tubuh. Jangan sampai pembedahan malah membuat payudara menjadi tidak proporsional. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah lebar dada, lingkar bahu, dan diameter payudara. 

Hal-hal tersebut sangat penting dan menentukan “batas” ukuran payudara agar tetap sehat dan sesuai bentuk tubuh. Faktor tersebut perlu diperhatikan agar hasil memperbaiki payudara bisa sesuai dengan porsi serta tampak lebih alami. Maka dari itu, pastikan untuk selalu berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan pembedahan dan perubahan alias permak payudara. 

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

Kalau tidak ada waktu, kamu bisa mencoba untuk berbicara dan bertanya terlebih dahulu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi kapan saja dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan saran terbaik dari dokter seputar kondisi tubuh dan rekomendasi sebelum melakukan permak payudara. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Tests & Procedures. Breast reduction surgery.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. Breast Surgery: Options.
Breast Cancer. Diakses pada 2019. Breast Reconstruction.