• Home
  • /
  • Memasak dengan Rempah-Rempah Bantu Turunkan Kolesterol?

Memasak dengan Rempah-Rempah Bantu Turunkan Kolesterol?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Memasak dengan Rempah-Rempah Bantu Turunkan Kolesterol?

Halodoc, Jakarta - Obat-obatan yang terbukti efektif untuk menurunkan kolesterol mungkin sudah banyak di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba cara alami untuk turunkan kolesterol, bukan? Siapa sangka jika salah satu caranya ternyata mudah sekali dilakukan di Indonesia, yaitu memasak dengan rempah-rempah. 

Mudah, bukan? Sebab, selama ini masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan berbagai rempah untuk masakan. Selain membuat citarasanya meningkat, memasak dengan rempah-rempah juga bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah membantu turunkan kolesterol.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Rempah-Rempah untuk Turunkan Kolesterol

Beberapa tanaman rempah memang telah lama diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa di antaranya ada yang sudah diteliti, tetapi ada juga yang masih dalam tahap penelitian. Lantas, apa saja sih rempah-rempah yang diyakini bisa turunkan kolesterol? Berikut beberapa di antaranya:

1. Bawang Putih

Rasanya, nyaris tidak ada masakan Indonesia yang tidak memerlukan bawang putih, ya. Rempah yang satu ini memang telah lama digunakan sebagai bumbu dasar aneka masakan. Manfaatnya bagi kesehatan pun sangat beragam. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek.

Namun, saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai manfaat bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. Jadi, jika kamu ingin menggunakannya sebagai obat penurun kolesterol, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter. Agar lebih mudah, kamu bisa download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter, kapan dan di mana saja.

2. Akar Manis

Akar manis atau licorice root diyakini bisa menjadi obat herbal kolesterol atau obat kolesterol alami. Sebab, dalam penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, serta mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis untuk menguji tanaman ini pada manusia. Jadi, sebelum menggunakan akar manis sebagai obat penurun kolesterol, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

3. Jahe

Rempah seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal untuk kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk menikmati manfaat jahe ini, kamu cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga ekstrak jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. Untuk rasa yang lebih keras, kamu bisa membakar dan sedikit menghancurkan atau menggeprek jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong.

Baca juga: Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

Selain tanaman rempah tadi, ada beberapa tanaman lain yang juga berpotensi digunakan sebagai obat herbal untuk kolesterol. Tanaman tersebut adalah daun seribu, daun ruku-ruku, kunyit, dan rosemary. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan khasiat tanaman-tanaman tersebut dalam menurunkan kadar kolesterol maupun efeknya terhadap pencegahan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi, jika kamu merasakan gejala kolesterol tinggi, seperti sering pusing saat mengonsumsi makanan berlemak, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Jika ingin mencoba rempah-rempah tadi sebagai obat herbal kolesterol, setidaknya kamu sudah didiagnosis dan berdiskusi dengan dokter mengenai rencana penggunaan obat-obatan tersebut. Sebab meski alami, reaksi alergi tetap bisa muncul, sehingga kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Remedies for High Cholesterol.
WebMD. Diakses pada 2020. High Cholesterol Alternative Therapies.
Healthline. Diakses pada 2020. Natural Cholesterol Reducers.