• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 4 Jenis Hormon untuk Mental yang Sehat

Mengenal 4 Jenis Hormon untuk Mental yang Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengenal 4 Jenis Hormon untuk Mental yang Sehat

Halodoc, Jakarta - Hormon adalah senyawa kimia di dalam tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Mereka melakukan perjalanan melalui aliran darah, serta bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting dari hormon adalah mengatur suasana hati. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh telah dikenal membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mental, maka kamu perlu tahu beberapa jenis 'hormon bahagia' berikut dan cara meningkatkannya dalam tubuh!

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia



Jenis-Jenis Hormon Bahagia

"Hormon bahagia" ini meliputi:

  • Dopamin. Juga dikenal sebagai hormon "perasaan baik", dopamin adalah hormon dan neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan otak. Dopamin dikaitkan dengan sensasi yang menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan banyak lagi.
  • Serotonin. Hormon ini (dan neurotransmitter) membantu mengatur suasana hati serta tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori.
  • Oksitosin. Sering disebut "hormon cinta", oksitosin sangat penting untuk persalinan, menyusui, dan ikatan orangtua-anak yang kuat. Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan, dan kadar oksitosin umumnya meningkat dengan kasih sayang fisik seperti ciuman, pelukan, dan hubungan intim.
  • Endorfin. Endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh, yang diproduksi tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan yang terjadi. Kadar endorfin juga cenderung meningkat saat kamu melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan memuaskan seperti makan makanan lezat, berolahraga, atau berhubungan intim.

Baca juga: Tidur Cukup Bisa Bikin Bahagia, Ini Faktanya

Ini Cara Alami Meningkatkan Hormon Bahagia

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hormon bahagia di dalam tubuh, antara lain: 

Pergi ke Luar Rumah

Ingin meningkatkan kadar endorfin dan serotonin? Salah satu cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu di luar ruangan, tepatnya di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Kamu bisa memulai dengan jalan kaki santai selama 10 hingga 15 menit di luar setiap hari. 

Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik dan ia juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan emosional. Olahraga adalah cara yang bagus untuk melepaskan endorfin dan juga mampu meningkatkan kadar dopamin dan serotonin. Jadi, untuk mental yang sehat, pastikan kamu juga memiliki tubuh yang sehat dengan rutin olahraga. 

Tertawa dengan Teman

Tertawa bersama sahabat dekat memang tidak akan mengatasi masalah kesehatan yang sedang terjadi. Namun, ini adalah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meredakan perasaan cemas atau stres. Ini karena saat tertawa dopamin dan endorfin akan meningkat, sehingga suasana hati akan membaik. Terlebih jika tertawa ini dilakukan dengan orang yang kamu cintai, maka ini akan juga akan memicu pelepasan oksitosin.

Masak Makanan Favorit bersama Kekasih 

Cara ini bisa meningkatkan keempat hormon bahagia. Pertama, mengonsumsi makanan yang enak bisa memicu pelepasan dopamin bersama dengan endorfin. Berbagi makanan dengan kekasih akan meningkatkan kadar oksitosin.

Makanan tertentu juga dapat berdampak pada kadar hormon, jadi perhatikan hal-hal berikut saat merencanakan makanan untuk meningkatkan hormon bahagia:

  • Makanan pedas, yang dapat memicu pelepasan endorfin.
  • Yoghurt, kacang-kacangan, telur, daging dengan kandungan rendah lemak, dan almond, yang merupakan beberapa makanan yang terkait dengan pelepasan dopamin.
  • Makanan tinggi triptofan, yang dikaitkan dengan peningkatan kadar serotonin.
  • Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, kimchi, dan sauerkraut, yang dapat memengaruhi pelepasan hormon.

Musik

Memainkan alat musik atau mendengarkan musik dapat meningkatkan lebih dari satu hormon bahagia. Saat mendengarkan musik instrumental, terutama musik yang membuat kamu merinding, ia akan meningkatkan produksi dopamin di otak .

Mendengarkan musik apa saja yang kamu sukai juga dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Perubahan positif dalam suasana hati ini kemudian dapat meningkatkan produksi serotonin.

Musisi juga mungkin mengalami pelepasan endorfin saat membuat musik. Membuat dan menampilkan musik dengan menari, menyanyi, atau bermain drum menyebabkan pelepasan endorfin yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Ketahui Hormon yang Memengaruhi Siklus Menstruasi

Sebetulnya masih banyak cara untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh, seperti meditasi, pijat, mendapatkan tidur yang cukup, bermain dengan hewan peliharaan, atau jalan-jalan romantis dengan pasangan. Kamu juga bisa tanyakan tips lain untuk meningkatkan hormon bahagia pada dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan untukmu hanya melalui smartphone.

Referensi:
Atlas Biomed. Diakses pada 2020. Essential Guide To Serotonin And The Other Happy Hormones In Your Body.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Hack Your Hormones for a Better Mood.
Reader’s Digest Magazine. Diakses pada 2020. 5 Happy Hormones And How Boost Them Naturally.