Mengenal Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
okra, sayuran yang baik untuk pengidap diabetes

Halodoc, Jakarta - Masih sangat asing dengan sayur yang bernama okra? Okra merupakan sayuran yang bertekstur sangat lunak dan berlendir. Sayuran yang satu ini memiliki bentuk yang panjang dan meruncing pada bagian ujungnya. Ternyata, sayuran yang satu ini juga baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Kok bisa?

Baca juga: Belum Banyak yang Kenal, Ini Manfaat Sayuran Okra untuk Kesehatan 

Okra, Sayuran yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Kok bisa sayuran okra baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes? Pasalnya, kandungan air pada sayuran ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. Selain itu, beberapa manfaat sayuran okra, antara lain:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sayuran yang satu ini ternyata mengandung tinggi serat dan antioksidan yang sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes. Pengidap diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan setiap makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang memiliki kadar kolesterol rendah.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin Tubuh

Tiga gram serat setara dengan delapan batang sayuran okra yang dikonsumsi. Serat diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan nafsu makan, serta memberikan rasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat merupakan salah satu pola makan yang pengidap diabetes guna membantu mengontrol kadar gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

3. Mempercepat Pemulihan Penyakit

Selain dapat membantu mempercepat pemulihan dari suatu penyakit, sayuran yang satu ini juga dapat menurunkan tingkat kelelahan pada tubuh. Dalam hal ini, kamu memasukkan sayuran okra pada menu makanan kamu. Lebih bagus diiringi dengan olahraga rutin, tetapi dengan intensitas yang rendah, seperti olahraga kardio.

4. Menghilangkan Stres 

Ekstrak biji okra mengandung antioksidan yang memiliki efek anti-stres. Mengontrol tingkat stres merupakan salah satu bagian terpenting dalam menghadapi diabetes. Pasalnya, jika pengidap mengalami tingkat stres yang tinggi dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Okra mengandung berbagai macam mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti kalium, tembaga, magnesium, seng, kalsium, dan fosfor. Selain itu, okra juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Sebelum mengonsumsinya, kamu bisa bertanya lebih jauh mengenai manfaat sayuran yang satu ini dengan dokter ahli gizi pada aplikasi Halodoc.

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Jika Masih Asing dengan Sayuran Okra, Begini Cara Menyajikannya

Kamu bisa mengonsumsi sayuran yang satu ini dengan mengambil airnya saja atau mengupasnya. Atau, kamu bisa memotong-motong sayuran ini dan menjadikannya infused water. Kamu hanya cukup memasukkan batangnya yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil ke dalam air putih, kemudian merendamnya selama semalaman. Selain itu, lendir pada okra ini juga dapat kamu gunakan sebagai pengental untuk sup yang kamu masak.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Meskipun banyak manfaatnya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, tak terkecuali sayuran yang satu ini. Karena kaya serat dan antioksidan, konsumsi sayuran ini dalam batas aman dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh kamu. Namun, jika berlebihan, justru kamu bisa saja mengidap masalah lain pada kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut,  jangan lupa download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store kamu, ya!