• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap Kanker Bronkus dan Paru-Paru, Perhatikan Hal Ini

Mengidap Kanker Bronkus dan Paru-Paru, Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mengidap Kanker Bronkus dan Paru-Paru, Perhatikan Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Sel kanker bisa berkembang di bagian tubuh mana saja, termasuk di bronkus dan paru-paru. Kondisi ini disebut dengan kanker bronkus dan paru-paru alias malignant neoplasm of bronchus and lung. Kanker yang menyerang paru-paru dan organ di sekitarnya sebenarnya umum terjadi. Tidak berbeda dengan jenis kanker lainnya, penyakit ini bisa membahayakan pengidapnya, terutama jika tidak ditangani dengan tepat. 

Bronkus merupakan saluran yang memiliki peran membawa udara dari dan menuju organ paru-paru. Bronkus dan paru-paru bisa terserang sel kanker. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dan hal apa saja yang harus diperhatikan saat mengidap kanker bronkus dan paru-paru.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Fungsi Paru-Paru Bagi Tubuh

Hal yang Harus Diperhatikan Pengidap Kanker Bronkus dan Paru-paru 

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang terjadi karena terbentuknya sel ganas alias sel kanker di paru-paru. Meski bisa menyerang siapa saja, risiko penyakit ini disebut lebih tinggi pada orang yang aktif merokok. Kanker paru-paru juga berisiko menyerang orang yang sering terpapar zat kimia atau terpapar asap rokok (perokok pasif).

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru, di antaranya: 

  • Aktif merokok. 
  • Sering terpapar asap rokok. 
  • Memiliki riwayat kanker paru-paru di keluarga atau ada anggota keluarga yang mengidap penyakit ini.
  • Sering terpapar polusi udara.
  • Tinggal atau beraktivitas di lingkungan dengan pencemaran zat kimia berbahaya tingkat tinggi.
  • Pernah menjalani radioterapi. 

Orang yang mengidap penyakit ini atau memiliki risiko tinggi mengalami kanker paru-paru harus memperhatikan beberapa hal. Apa saja? 

  • Penyebab Utama 

Penyebab utama kanker paru-paru adalah rokok, termasuk paparan asap rokok. Maka dari itu, pengidap kanker bronkus dan paru-paru maupun orang yang berisiko mengidap penyakit ini harus menghindari paparan asap rokok. Selain itu, kondisi lingkungan juga bisa menjadi penyebab seseorang terserang kanker paru-paru, yaitu lingkungan yang tercemar zat kimia hingga polusi udara. 

  • Gejala Muncul Perlahan 

Pengidap kanker paru atau orang yang berisiko mungkin merasa sehat-sehat saja dan mulai abai dengan penyebab penyakit ini. Namun hati-hati, gejala kanker paru cenderung berkembang lambat dan muncul perlahan. Dalam beberapa kasus, penyakit ini sering kali muncul tanpa ditandai dengan gejala tertentu. 

Baca juga: Merokok Tingkatkan Risiko Kanker Paru

  • Segera Lakukan Pemeriksaan Medis 

Jika muncul gejala menyerupai kanker paru atau gangguan pada paru-paru, seperti batuk kronis yang disertai dahak atau darah, tubuh lemas, berat badan turun drastis, suara serak, nyeri dada, serta sesak napas, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Semakin cepat dideteksi dan ditangani, peluang kesembuhan dan pemulihan dari kanker bronkus dan paru-paru akan lebih besar. 

  • Bisa Memicu Komplikasi 

Jika tidak ditangani dengan tepat, kanker paru bisa memicu munculnya komplikasi. Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul sebagai komplikasi kanker paru, di antaranya penumpukan cairan di selaput paru-paru (efusi pleura), emboli paru, patah tulang belakang, penyakit jantung, gangguan saraf, hiperkalsemia, hingga hyponatremia. 

Baca juga: Tidak Merokok Bukan Berarti Bebas dari Kanker Paru

Untuk menurunkan risiko komplikasi dan mempercepat penyembuhan kanker bronkus dan paru-paru, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis ke rumah sakit. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mencari daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi:
Bronchogenic Carcinoma. Diakses pada 2021. Malignant Neoplasm of Bronchus and Lung.
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Lung Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Lung Cancer.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Lung Cancer: Complications.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Lung Cancer Complication.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Lung Cancer.