Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya

Sariawan, obat sariawan, Cara Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya

Halodoc, Jakarta - Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya, tetapi rasa nyerinya akan sangat mengganggu. Bahkan, sariawan yang kecil saja bisa bikin kamu jadi enggak nyaman untuk makan, minum, dan berbicara. Bisa-bisa kamu jadi bete seharian gara-gara hal ini!

Sariawan juga susah hilang jika kamu hanya berdiam diri dan enggak melakukan apa-apa. Kadang sariawan malah bisa saja semakin membesar dan meradang. Nah, jika hal ini terjadi pada dirimu, enggak ada salahnya kalau kamu mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kamu, seperti lidah buaya. 

Baca juga: Cari Tahu 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Sariawan, Peradangan pada Dalam Mulut

Sariawan merupakan luka yang berada di dalam mulut. Luka ini akan menimbulkan rasa sakit yang bisa bikin kamu jadi enggak nyaman. Luka sariawan ini biasanya berbentuk bulat atau oval dan berwarna putih atau kekuningan, dengan area di sekitarnya yang berwarna kemerahan akibat peradangan. 

Sariawan biasanya terdapat di pipi bagian dalam atau bibir. Selain itu, sariawan juga dapat terjadi di permukaan lidah dan gusi. Penyakit yang satu ini bukan merupakan penyakit yang menular, dan dapat tumbuh dengan jumlah lebih dari satu. Tergantung dari penyebabnya sendiri. Dalam kasus yang jarang terjadi, sariawan bisa disebabkan oleh infeksi virus pada mulut.

Gejala Umum yang Muncul pada Pengidap Sariawan

Seseorang yang tengah mengalami peradangan ini akan mempunyai luka yang berbentuk bulat atau oval pada area yang terkena peradangan. Bagian tengah pada luka ini akan berwarna putih atau kekuningan dengan area di sekitarnya yang berwarna kemerahan. Sebelum lepuhan ini muncul, pengidap biasanya akan merasakan sensasi rasa panas pada area yang terkena selama 1-2 hari. 

Baca juga: Sariawan Mengganggu, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Begini Cara Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya

Ketika sariawan, lidah atau bibir pasti merasakan sakit yang menyiksa. Selain itu, kamu pasti akan merasa kesal seharian karena rasa sakit yang ditimbulkan. Nah, kalau sudah begini pasti setiap orang akan langsung mencari obat yang dapat meredakan luka sariawan yang dialami di apotek terdekat. Daripada kamu repot-repot keluar rumah untuk pergi ke apotek, kamu bisa mengusahakan kesembuhan kamu pada tanaman lidah buaya yang bisa kamu temukan di sekitar rumah. 

Lidah buaya memang sudah sangat dikenal untuk menjaga kesehatan rambut ini, ternyata juga dapat membantu mengobati sariawan. Lidah buaya efektif dalam mengobati sariawan karena memiliki sifat anti inflamasi dan menenangkan. Dengan menggunakan lidah buaya, bahan ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat. Bahkan, lidah buaya dapat mencegah sariawan tersebut muncul kembali.

Caranya cukup sederhana, kamu hanya tinggal menyiapkan ekstrak lidah buaya, kemudian aplikasikan langsung pada daerah yang mengalami sariawan. Kemudian biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas mulut dengan air hangat. Nah, dengan lidah buaya, kamu bisa menggunakan bahan alami ini secara berulang, beberapa kali dalam sehari.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Jika dengan lidah buaya sariawan kamu belum juga membaik, segera periksakan diri ke dokter, ya! Jangan menunggu sampai sariawan mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu jalani. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Yuk,  download aplikasinya segera!