22 July 2018

5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah

mengatasi sariawan di lidah

Halodoc, Jakarta – Sariawan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi di daerah mulut, termasuk di lidah. Selain menimbulkan nyeri, sariawan juga bisa menyulitkan aktivitas yang menggunakan mulut, seperti makan, minum, hingga berbicara. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, yakni stres, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, serta infeksi jamur. Proses terjadinya pun dapat berlangsung hingga 2 minggu.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Sariawan

Mengatasi Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami

Untuk menyembuhkan sariawan di lidah, ada beberapa cara yang dapat ditempuh. Mulai dari minum obat, obat kumur, hingga salep yang dapat dengan mudah ditemukan di apotek. Namun, tahukah kamu kalau sariawan di lidah dapat diobati menggunakan bahan-bahan alami? Bagaimana caranya? Intip cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan-bahan alami berikut ini, yuk!

1. Berkumur Air Garam

Langkah pertama yang dapat ditempuh untuk mengusir sariawan adalah dengan menggunakan garam dapur. Cukup campurkan satu setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, kemudian aduk hingga larut. Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur, khususnya pada bagian lidah selama kurang lebih 2 menit.

2. Oleskan Lidah Buaya

Rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh sariawan dapat diobati dengan lidah buaya. Cuci hingga bersih lidah buaya yang telah disiapkan, kemudian belah hingga dagingnya muncul. Daging yang bergetah tersebut kemudian dioleskan ke lidah yang terkena sariawan selama dua hingga tiga kali sehari.

3. Kompres dengan Es Batu

Apabila dalam beberapa hari sariawan tidak kunjung membaik dan terus membengkak, pengobatan dengan kompres es batu dapat ditempuh. Bungkus es batu menggunakan kain lembut, atau kamu bisa langsung mengulum es batu di bagian lidah hingga mencair sepenuhnya. Ulangi hal ini beberapa kali hingga sariawan sembuh.

4. Gunakan Kantong Teh Celup

Kantong teh celup dapat dimanfaatkan untuk mengobat sariawan. Di dalam kantong teh, ada kandungan alkali yang dapat membantu menetralkan asam di mulut. Caranya, kamu cukup meletakkan kantong teh celup ke titik sariawan selama kurang lebih 5 menit.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Sariawan dapat terjadi akibat kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, kamu pun bisa mengonsumsi vitamin, seperti vitamin C, vitamin B12, serta vitamin B kompleks untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Kebutuhan vitamin ini bisa didapat dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Cari Tahu 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Tips Mencegah Sariawan

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh, setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari. Atau, sesuaikan asupan cairan dengan kebutuhan.
  • Pilihlah makanan yang sehat, terutama sayur, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan lainnya untuk mencegah kekurangan gizi yang bisa menyebabkan sariawan.
  • Berhati-hati saat makan. Hindari makan dengan terburu-buru agar bibir atau lidah tergigit dan menyebabkan sariawan.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut, yaitu dengan rutin menyikat gigi (setidaknya dua kali sehari). Jika perlu, gunakan benang gigi (dental floss) satu kali setiap hari. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sikat gigi, setidaknya tiga bulan sekali untuk mencegah kontaminasi jamur dan bakteri pada sikat gigi. Dan, hindari pula berbagi sikat gigi dengan orang lain.

Jika belum juga ada perubahan setelah mencoba tips di atas, jangan ragu untuk segera berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.