Mengompres Muka dengan Air Hangat Bisa Sembuhkan Jerawat?

Mengompres Muka dengan Air Hangat Bisa Sembuhkan Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah kondisi kulit meradang karena minyak yang ada dibawah kulit tidak bisa keluar akibat tersumbatnya pori-pori. Jerawat dapat muncul di wajah, punggung, lengan, bahu, dan terkadang di paha atas atau belakang. Meski tidak berbahaya, tapi masalah utama jerawat adalah bekasnya yang sulit sekali dihilangkan. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Atasi Luka Kulit Habis Terbakar Matahari

Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami hampir semua orang, terutama para remaja. Masalah kulit ini bisa memengaruhi penampilan apalagi jika ukurannya cukup besar dan berwarna merah. Biasanya, jerawat diobati dengan mengoleskan obat jerawat, menggunakan masker, ataupun cuma dibiarkan sampai menghilang. Katanya, mengompres wajah dengan air hangat dapat menyembuhkan jerawat. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya

Kompres Muka dengan Air Hangat untuk Menyembahkan Jerawat

Faktanya, menggunakan kompres wajah dengan air hangat memang bisa membantu untuk meringankan jerawat. Kompres hangat bekerja dengan mengukus pori-pori yang terbuka dan membiarkan jerawat mengering setelahnya. Proses ini juga meningkatkan sirkulasi ke kulit untuk mempercepat penyembuhan.

Sebelum mengompres muka, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulitmu terlebih dahulu. Ini akan membantu uap mudah memasuki pori-pori dan bekerja secara efektif. Sel-sel kulit mati dapat menyumbat celah untuk pori-pori dan mencegah sebum keluar. 

Nah, uap yang dikeluarkan oleh air hangat membantu mengeluarkan kotoran dari kulit. Biar lebih mudah dipahami, berikut ini langkah-langkah mengompres wajah untuk mengobati jerawat:

  • Bersihkan wajah dengan sabun muka dan keringkan wajah setelahnya. 

  • Kemudian, celupkan waslap ke dalam air panas. Usahakan air berada di suhu yang pas, tidak terlalu dingin atau tidak pula terlalu panas. 

  • Peras dan lipat menjadi tiga untuk mengunci panas.

  • Tempatkan di area yang wajah dan tekan sedikit pada area yang timbul jerawat. 

  • Angkat dan tepuk area yang kering.

  • Ulangi langkah ini sebanyak 1–5 kali. Kamu juga bisa kompres ke area lain jika perlu.

Baca Juga: 5 Cara Simple Cegah Jerawat

Kamu bisa menerapkan metode ini setiap hari dalam beberapa hari. Hindari menggosok-gosok wajah terlalu keras karena bisa melukai wajah yang berisiko memperparah kondisi jerawat. Hindari pula memencet jerawat saat kulit meradang. Jangan gunakan kain lap yang bersifat abrasif saat mengompres. 

Pijatlah kulit wajah dengan lembut menggunakan ujung jari. Selain kompres dengan air hangat, terdapat kiat-kiat lain yang bisa kamu lakukan untuk mengobati jerawat atau mencegah jerawat agar tidak semakin meradang. Berikut beberapa metode yang bisa kamu lakukan:

  • Gunakan pembersih wajah yang berbahan ringan, seperti bebas pewangi dan lembut di kulit.

  • Hindari melakukan scrubbing saat wajah memiliki jerawat

  • Oleskan es untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Bungkus es batu dengan handuk dan oleskan ke jerawat selama 5–10 menit.

  • Oleskan salep yang mengandung 2 persen benzoil peroksida ke jerawat. Biasanya salep ini banyak tersedia di toko obat. Benzoil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Hindari menggunakan benzoil terlalu banyak dapat karena bisa menimbulkan iritasi. 

  • Jangan sekali-kali mengoleskan pasta gigi ke area yang berjerawat. Pasta gigi mengandung beberapa bahan yang dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit.

  • Hindari membeli obat jerawat yang banyak dijual online  karena belum terbukti keamanannya. 

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Sperma bisa Bantu Hilangkan Jerawat

Kalau jerawat yang kamu alami tidak kunjung hilang dan malah semakin bertambah, sebaiknya kunjungi dokter kulit bersertifikat untuk membantu merawat jerawat. Dokter kulit dapat memberikan suntikan kortikosteroid yang bekerja menghilangkan jerawat dalam beberapa jam atau beberapa hari.

Dokter kulit mungkin juga akan menyarankan perawatan untuk membantu mencegah berjerawat di masa depan, seperti retinoid atau antibiotik. Enggak usah repot, bikin janji dengan dokter kulit di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc aja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!