5 Bahan Alami untuk Atasi Luka Kulit Habis Terbakar Matahari

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Bahan Alami untuk Atasi Luka Kulit Habis Terbakar Matahari

Halodoc, Jakarta – Paparan sinar UV matahari berlebih telah terbukti berbahaya bagi kesehatan kulit. Salah satunya menyebabkan kulit terbakar (sunburn), ditandai dengan kulit kemerahan, terasa perih, panas, bengkak, hingga melepuh.

Jika hal ini sedang kamu rasakan, segera kompres dengan air dingin, minum banyak air putih, pakai pelembap, dan gunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi gejala sunburn.

Baca Juga: Perlukah Pakai Payung Saat Cuaca Panas?

Bahan Alami untuk Atasi Sunburn

1. Lidah Buaya

Lidah buaya (aloe vera) banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk merawat kulit yang terbakar akibat paparan sinar UV matahari atau cedera. Lidah buaya mengandung glikoprotein yang mempercepat proses penyembuhan kulit. Bahan alami cenderung minim efek samping dibanding bahan-bahan alami lainnya, hal ini sudah disetujui oleh para ahli dari American Academy of Dermatology.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya dalam bentuk gel (soothing gel aloe vera) atau membuatnya sendiri di rumah. Jika kamu menggunakan soothing gel, pastikan produk tersebut tidak mengandung benzocaine atau lidocaine, karena kandungan ini memerangkap panas dan makin mengiritasi kulit.  Jika kamu membuat sendiri di rumah, potong daun lidah buaya dan oleskan gel di dalamnya langsung ke area kulit yang terbakar.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

2. Soda Kue

Soda kue memiliki sifat antiinflamasi yang membantu masalah kulit akibat terbakar matahari. Cara menggunakannya dengan mencampurkan soda kue dengan air dingin sampai membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada bagian kulit yang terbakar matahari. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bisa dengan air bersih.

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Itu mengapa cuka apel bisa kamu gunakan untuk mengatasi sunburn. Caranya dengan mencampurkan satu cangkir kecil cuka apel dengan air dingin, atau satu cangkir cuka putih dengan air hangat. Rendam handuk ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami sunburn. Perlu diingat bahwa cuka apel bersifat asam, sehingga jangan mengoleskannya langsung ke area kulit yang terbakar matahari tanpa mencampurkannya dengan air.

4. Sayuran

Sayuran yang bisa digunakan untuk mengatasi sunburn antara lain timun dan kentang. Timun memiliki zat antioksidan dan anti nyeri yang berguna untuk mengatasi sunburn. Dinginkan timun terlebih dulu sebelum digunakan, lalu haluskan dengan blender dan oleskan ke kulit yang terbakar matahari. Kentang juga perlu direbus, lalu ditumbuk halus dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit yang terbakar matahari.

5. Yoghurt

Gunakan yoghurt plain untuk mengatasi sunburn. Simpan yoghurt plain ke dalam kulkas untuk memberikan sensasi dingin pada kulit. Tidak perlu ditambahkan apa pun, kamu bisa mengoleskannya pada kulit yang terbakar matahari agar rasa nyeri dan panasnya berkurang.

Baca Juga: SPF Tinggi Bisa Bikin Kulit Hitam, Mitos atau Fakta?

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sunburn. Kalau kamu mengalami kondisi serupa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!