23 July 2018

Bekas Jerawat? Hilangkan dengan Bahan Alami Ini

bahan alami untuk hilangkan bekas jerawat, masalah bekas jerawat, menghilangkan bekas jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat merupakan masalah kulit yang menyebabkan peradangan pada lapisan dermis kulit. Peradangan ini yang akhirnya menimbulkan bekas jerawat pada kulit karena warnanya yang lebih hitam dibandingkan warna kulit kamu saat normal. Bekas jerawat juga bisa muncul karena proses penyembuhan jerawat yang tidak normal dan menyebabkan kelebihan maupun kekurangan kolagen pada bagian yang terkena jerawat tersebut.

Baca juga: Cegah Jerawat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Namun jangan khawatir, meskipun meninggalkan bekas pada kulit wajah kamu, nyatanya bekas jerawat dapat kamu hilangkan dengan menggunakan bahan alami ini.

  • Lidah Buaya

Tidak harus menggunakan krim dengan harga yang cukup mahal untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Selain mudah didapatkan, harga lidah buaya juga tidak terlalu mahal. Lidah buaya mengandung aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin, dan aloesin yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

Gel yang terdapat pada lidah buaya nyatanya dipercaya dapat membantu meregenerasi kulit wajah, sehingga bekas jerawat dapat dihilangkan dengan pemakaian yang rutin. Tidak hanya membuat bekas jerawat kamu hilang, lidah buaya juga bisa membuat kulit wajah kamu menjadi mulus dan cerah. Caranya mudah, kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada wajah kamu selama seminggu. Pemakaian yang rutin akan lebih mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat.

  • Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat cukup banyak. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Namun tidak sembarang madu yang bisa kamu gunakan, kamu harus menggunakan madu alami untuk merawat wajah kamu, karena madu alami memiliki efek anti-bakteri.

Madu yang sudah diproses dengan dicampur air dan proses pemanasan akan tidak akan memiliki efek anti-bakteri dan anti-inflamantori. Selain membantu kamu untuk menghilangkan bekas jerawat, madu alami juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat dan melembapkan kulit.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit kamu, salah satunya untuk membantu kamu menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Sifat antioksidan alami yang dikandung minyak zaitun ini dapat menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Minyak zaitun bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu kamu untuk mencegah infeksi serta melembapkan kulit wajah kamu. Namun disarankan kamu menggunakan minyak zaitun yang alami agar manfaatnya lebih optimal kamu rasakan.

  • Mentimun

Menggunakan mentimun untuk masker juga dapat membantu kamu untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga magnesium yang mampu menghidrasi wajah sekaligus menghilangkan kemerahan pada wajah akibat jerawat yang meradang. Caranya kamu bisa mengiris mentimun dengan tipis kemudian gunakan irisan mentimun untuk masker pada wajah. Lakukan rutin agar hasilnya dapat kamu rasakan lebih cepat.

  • Tomat

Selain baik untuk dikonsumsi, tomat juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah kamu. Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga likopen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah kamu.

Baca juga: Manfaat Susu Untuk Wajah dan Resep Maskernya

Jika kamu memiliki keluhan, kamu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya seputar masalah kesehatan maupun kecantikan. Kamu bisa gunakan fitur Contact Doctor untuk langsung bertanya pada dokter melalui Voice/Video Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!