• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Menu Alternatif Pengganti Nasi saat Sahur

Ini 5 Menu Alternatif Pengganti Nasi saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Memasuki bulan puasa tentunya banyak persiapan yang dilakukan untuk menjalankan ibadah puasa. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan. Memiliki kesehatan yang optimal membuat kamu dapat menjalani ibadah puasa dengan baik. Untuk itu, selalu perhatikan pola makan, terutama saat sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat saat Puasa

Umumnya, nasi menjadi pilihan utama untuk sahur. Namun, apabila kamu bosan mengonsumsi nasi pada waktu sahur, kamu dapat mengganti nasi dengan menu alternatif lainnya, di antaranya:

1. Kentang

Jika kamu bosan mengonsumsi nasi untuk sahur, jangan khawatir, kamu bisa mengganti menu nasi dengan kentang. Dilansir dari Healthline, kentang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kentang mengandung kalori, serat, potasium, karbohidrat, magnesium, folat, vitamin C, dan vitamin B6. Kentang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan sehingga kamu terhindar dari gangguan pencernaan selama menjalani ibadah puasa. Kentang juga menjadi makanan yang mudah diolah, sehingga kamu tidak akan repot menyiapkan menu sahur dengan kentang.

2. Roti Gandum

Selain kentang, kamu dapat mengonsumsi roti gandum untuk menu sahur. Melansir dari Live Strong, kandungan protein dan serat dalam roti gandum lebih tinggi dari roti tawar biasa. Selain itu, mengonsumsi roti gandum membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun, sebaiknya konsumsi roti gandum dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan atau sayuran. Selain dapat membuat ibadah puasa kamu berjalan dengan baik, mengonsumsi roti gandum dapat membantu untuk mendapatkan berat badan yang stabil.

Baca juga: Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

3. Sayur Hijau

Mengonsumsi sayuran untuk menu sahur menjadi pilihan yang tepat. Menjadikan sayur sebagai menu sahur dapat menambah asupan cairan dalam tubuh sehingga kamu akan terhindar dari kondisi dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Sayuran juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan selama menjalani ibadah puasa.

Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi bayam atau brokoli untuk menu sahur. Jangan lupa untuk seimbangkan asupan serat dalam tubuh dengan konsumsi cairan ya, agar kamu tidak mengalami konstipasi selama menjalani ibadah puasa.

4. Jagung

Dilansir Medical News Today, jagung menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi saat sahur sebagai menu alternatif pengganti nasi. Jagung juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat membantu tubuh untuk melawan efek dari paparan radikal bebas.

5. Ikan

Tidak ada salahnya untuk memilih ikan sebagai pengganti nasi sebagai menu sahur. Ikan mengandung protein yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun, hindari menggoreng ikan untuk sahur. Lebih baik ikan diproses dengan dipanggang, dipepes, atau dibakar agar lebih baik untuk kesehatan kamu.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Itulah menu yang bisa kamu coba sebagai alternatif pengganti nasi saat sahur. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dan asupan nutrisi lainnya dalam tubuh. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama menjalani ibadah puasa, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gejala yang dialami untuk penanganan yang tepat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is Corn Heathful
Live Strong. Diakses pada 2020. Is It Good to Eat Whole-Wheat Grain on a Diet?
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes