Perbanyak Serat, Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
nutrisi saat puasa, buah dan sayur saat puasa

Halodoc, Jakarta - Buah dan sayur mengandung beragam manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Saat berpuasa, mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena akan memberikan manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa.

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

  • Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.
  • Merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.
  • Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.
  • Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh. Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Ini Buah dan Sayur yang Bisa Kamu Konsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan tubuh bugar.

  1. Bayam. Kandungan air, antioksidan, vitamin C, A, dan K pada bayam dapat mengganti kekurangan air dalam tubuh selama berpuasa. Cukup diolah menjadi sayur bayam bening sudah memberi kekuatan bagi tubuh dan kesegaran bagi kulit.
  2. Brokoli. Sayur ini berkhasiat untuk ke kecantikan dan kesehatan. Brokoli kaya akan antioksidan yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, vitamin C dan E pada brokoli membantu produksi kolagen sehingga kulit senantiasa segar saat berpuasa.
  3. Semangka. Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.
  4. Lobak. Lobak putih, kaya akan air, vitamin C, dan antioksidan yang menjaga elastisitas dan kesegaran kulit.
  5. Pepaya. Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.
  6. Alpukat. Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

Baca juga: Rahasia Tingkatkan Kesuburan dengan Buah & Sayur

Kamu ingin tahu tips kesehatan lainnya? Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di Halodoc terkait masalah kesehatan yang kamu alami via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!