Meski Berpahala, Ketahui Bahaya Puasa Jika Dipaksakan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Meski Berpahala, Ketahui Bahaya Puasa Jika Dipaksakan

Halodoc, Jakarta – Bulan puasa sebentar lagi tiba. Banyak orang yang melakukan persiapan untuk ibadah puasa. Namun, sebaiknya jangan paksakan puasa jika kamu mengalami masalah gangguan pada kesehatan kamu. Kondisi ini dapat berdampak serius bagi kesehatan kamu. Puasa diwajibkan bagi orang yang sehat secara fisik maupun mental. Sebaiknya kenali bahaya puasa jika dipaksakan bagi kesehatan:

1. Malnutrisi

Sebaiknya ketika merasa tidak kuat lagi untuk melanjutkan ibadah puasa, sebaiknya jangan dipaksakan. Kondisi ini menyebabkan kamu malnutrisi yang menyebabkan kemampuan tubuh dapat menurun.

2. Kelelahan

Tidak ada salahnya untuk mengurangi aktivitas yang dilakukan ketika kamu sedang menjalani puasa. Terlalu padatnya aktivitas menyebabkan kamu dehidrasi. Kondisi dehidrasi mengganggu metabolisme tubuh sehingga menyebabkan seseorang selalu merasa lelah.

Baca juga: Menunggu Buka Puasa, Lakukan 5 Aktivitas Ringan Ini

3. Ketidakseimbangan Elektrolit

Kelaparan menyebabkan sejumlah nutrisi penting dalam tubuh hilang. Mineral yang dibutuhkan jantung untuk tetap sehat adalah potassium, sodium, dan kalsium. Kekurangan beberapa mineral ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

4. Memengaruhi Otak

Kekurangan asupan dalam tubuh dapat membuat kamu mengalami dehidrasi dan kelaparan. Kondisi ini memengaruhi fungsi kerja otak sehingga konsentrasi dan fokus akan berkurang. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari ketika berpuasa.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Makanan yang Sehat untuk Sahur

Sebaiknya agar kamu kuat menjalani ibadah puasa selama satu hari, jangan lewatkan waktu sahur. Hampir sama dengan sarapan, mengonsumsi makanan ketika sahur menjadi asupan energi yang baik ketika menjalankan ibadah puasa selama satu hari. Perhatikan dengan baik asupan yang kamu konsumsi ketika sahur. Pilih makanan yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu dapat menjalani ibadah puasa dengan baik. Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi ketika sahur.

1. Biji-bijian

Coba untuk mengonsumsi makanan yang termasuk dalam biji-bijian untuk sahur. Selain sehat, konsumsi biji-bijian ketika sahur membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena makanan ini mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan protein dalam biji-bijian bermanfaat untuk memperbaiki jaringan pada tubuh dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit ketika menjalani ibadah puasa.

2. Sayuran dan Buah

Pastikan sayuran dan buah ada pada menu sahur kamu. Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sayuran dan buah mengandung serat yang membuat kamu kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam sayur dan buah juga menjaga kesehatan pencernaan kamu. Hindari buah yang memiliki rasa asam ketika sahur karena mengakibatkan penyakit maag.

3. Beras Merah

Sebaiknya, ganti menu beras putih dengan beras merah. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi energi membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga membuat tubuh bertahan tanpa asupan berjam-jam.

4. Daging

Mengonsumsi daging ketika sahur bermanfaat untuk tubuh. Protein dalam daging digunakan untuk proses metabolisme sehingga menghasilkan energi untuk tubuh kamu.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan untuk menyambut lebaran. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa