Menunggu Buka Puasa, Lakukan 5 Aktivitas Ringan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Menunggu Buka Puasa, Lakukan 5 Aktivitas Ringan Ini

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang beranggapan puasa membuat tubuh menjadi mudah lelah, sehingga kamu malas beraktivitas. Padahal, menahan lapar dan dahaga bukan menjadi satu-satunya tujuan puasa. Ada banyak manfaat dari ibadah ini, terlebih dalam menunjang kesehatan tubuh.

Biasanya, apa yang kamu lakukan ketika menunggu waktu berbuka tiba? Ya, sore hari menjelang berbuka terasa sangat lama. Lalu, mengapa kamu tidak menggunakannya untuk melakukan sesuatu hal atau aktivitas yang bermanfaat? Ini kegiatan yang bisa kamu lakukan:

  • Berolahraga

Puasa tidak boleh menjadi alasan kamu malas berolahraga. Puasa tidak bisa bekerja sendiri dalam menyehatkan badan jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga. Coba lakukan gerakan fisik sebelum waktu berbuka, untuk mengisi waktu hingga petang tiba. Lakukan gerakan ringan saja, di rumah pun bisa.

Baca juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

Namun, supaya lebih terasa manfaatnya, cobalah berolahraga di luar rumah. Jalan kaki saja, putari komplek atau gang rumahmu. Lari-lari kecil bisa jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak keringat. Apabila kamu punya fasilitas treadmill di rumah, kamu bisa menggunakannya.

  • Melakukan Hobi

Setiap orang, termasuk kamu, pasti memiliki hobi. Nah, apa pun hobimu, seperti membaca, menulis, atau memancing, kenapa tidak kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba? Melakukan aktivitas ini bisa membuat waktu terasa bergerak lebih cepat, lho!

  • Memasak Menu Buka Puasa

Bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja? Mengapa tidak memasak sendiri? Memasak untuk menu buka puasa sendiri menjadi salah satu cara untuk bisa membiasakan hidup sehat. Belilah beberapa jenis buah dan potong untuk diolah menjadi es buah. Menu lainnya bisa kamu kombinasikan, apakah kamu ingin yang sedikit berat seperti kolak, atau hanya camilan ringan. Namun, jangan sampai memasak terlalu banyak ya, karena bisa membuat kamu terlambat berbuka puasa.

Baca juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

  • Mendengarkan Musik

Jika kamu malas beraktivitas di luar rumah karena jalanan yang pasti macet menjelang waktu berbuka puasa, coba isi waktu dengan mendengarkan musik favorit. Memang, aktivitas ini bisa kamu lakukan kapan saja, tidak perlu menunggu bulan puasa. Namun, kamu tak bisa memungkiri bahwa mendengarkan musik bisa membunuh waktu, sekaligus menjadi cara relaksasi yang baik.

  • Bersih-Bersih Rumah

Menunggu waktu berbuka yang singkat tapi terasa lama juga bisa kamu manfaatkan untuk bersih-bersih rumah. Menata kembali kamar, merapikan buku-buku yang berserakan, pakaian yang tidak terlipat rapi, atau sekadar membersihkan lantai cukup kok. Aktivitas ini tidak hanya membuat rumah menjadi lebih bersih, tetapi membuat tubuh kamu juga lebih sehat, karena secara tidak langsung, kamu sedang berolahraga ringan.

Baca juga: Buka Puasa Pakai Junk Food, Ini Dampaknya

Ternyata, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka. Jadi, mengapa harus duduk termangu ketika menunggu waktu? Justru, waktu terasa bergulir cepat dengan kamu melakukan aktivitas yang bermanfaat. Atau, kamu bisa mengisi waktu dengan mengakses aplikasi Halodoc. Ada banyak informasi kesehatan terbaru setiap harinya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter seputar penyakit atau tips kesehatan, atau membeli obat dan vitamin tanpa perlu repot pergi ke apotek. Yuk. Download sekarang!