• Home
  • /
  • Metode Pengobatan Batuk Alami untuk Ibu Menyusui

Metode Pengobatan Batuk Alami untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Metode Pengobatan Batuk Alami untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta – Saat ibu menyusui mengalami batuk, mungkin ibu akan ragu untuk minum obat. Hal ini bisa saja mempengaruhi bayi kelak karena zat dalam obat akan masuk ke dalam ASI tersebut. Namun, melansir National Health Service UK, tidak menjadi masalah jika ibu menyusui menggunakan obat batuk dan pilek. Meskipun begitu, mereka tetap harus berhati-hati.

Sebagian besar batuk bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu. Selama masa penyembuhan, ibu menyusui harus melakukan beberapa cara untuk mempercepat pemulihan. Caranya dengan beristirahat sebanyak mungkin, minum banyak cairan, dan minum madu panas dan lemon untuk melegakan tenggorokan. 

Baca juga: Begini Cara Memilih Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

Sementara itu, ada beberapa pengobatan alami kain yang bisa diikuti untuk mengatasi batuk pada ibu menyusui, yaitu:

Hidrasi Tubuh

Selama bulan-bulan yang lebih dingin, mungkin minum air bukan sesuatu yang menarik. Namun, dengan suhu dingin, tubuh tetap membutuhkan cairan. Kamu bisa mendapatkan asupan air dari teh herbal atau sup hangat. Gula, kafein, dan susu dapat membuat kamu dehidrasi dan menguras sistem kekebalan tubuh, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Sup dan kaldu adalah cara terbaik untuk mendapatkan cairan. Pilihlah untuk membuat sup di rumah supaya bisa menghindari garam yang terlalu banyak. Kaldu tulang atau sup miso juga merupakan resep sederhana sangat baik untuk meningkatkan asupan gizi. 

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh dengan Suplemen

Ada beberapa jenis suplemen yang bisa kamu andalkan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh saat batu. Beberapa suplemen tersebut, antara lain:

  • Suplemen Omega 3. Jenis suplemen ini  mengurangi peradangan dan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi maksimal. 

  • Vitamin D. Penelitian dari Universitas Yale ini menunjukkan bahwa jika kamu memiliki cukup vitamin D dalam tubuh, ia akan mampu menangkal infeksi virus. 

  • Vitamin C, Seng, Elderberry, dan Echinacea. Setelah kamu mulai merasakan tenggorokan tidak nyaman, mulailah konsumsi suplemen dengan kandungan beberapa bahan ini. Penguat kekebalan tubuh ini akan bekerja luar biasa ini dan membantu tubuh melawan penyakit. 

Jika ibu membutuhkan salah satu dari suplemen di atas, tak perlu bingung lagi untuk mencarinya karena ibu bisa dengan mudah beli obat di Halodoc dari rumah. Semua pesanan Ibu akan dikirimkan kurang dari satu jam, dan pastinya sudah tersegel aman dan rapi. 

Gunakan Humidifier

Pelembap kabut nan dingin ini membantu meredakan hidung dan dada tersumbat, terutama ketika ibu mencoba untuk mendapatkan istirahat yang cukup. 

Baca juga: Batuk Saat Menyusui? Atasi dengan 6 Obat Alami Ini

Catatan Jika Ingin Minum Obat Batuk Saat Menyusui

Jika ibu ingin mengonsumsi obat batuk atau pilek, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc. Biarkan dokter tahu bahwa kamu sedang menyusui. Obat batuk dan pilek biasanya mengandung lebih dari 1 bahan dan beberapa di antaranya mungkin tidak aman saat sedang menyusui. Dokter perlu memastikan bahwa setiap bahan ini aman untuk ibu konsumsi.

Beberapa obat batuk dan pilek mengandung paracetamol, yang aman dikonsumsi saat sedang menyusui. Namun jika ibu mengonsumsinya melalui tablet atau kapsul parasetamol, ibu bisa mendapatkan dosis lebih dari yang disarankan.

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui untuk Minum Obat Flu?

Itulah informasi mengenai pengobatan yang tepat saat ibu menyusui mengalami batuk. Jangan ragu untuk mendiskusikan kondisi ibu pada dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan saran yang tepat untuk ibu, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Mountain Midwifery. Diakses pada 2020. Natural Remedies for Cold and Flu in Pregnancy and Breastfeeding.
NHS UK. Diakses pada 2020. Can I Take Cough And Cold Remedies While I'm Breastfeeding?
San Diego Breastfeeding Center. Diakses pada 2020. Natural Remedies for Cold and Flu in Pregnancy and Breastfeeding.