Mitos atau Fakta Amaurosis Fugax Bisa Picu Stroke?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Mitos atau Fakta Amaurosis Fugax Bisa Picu Stroke?

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan ketika kamu mengalami gangguan penglihatan. Apalagi jika kamu merasa ada yang mengganjal pada salah satu mata atau kedua mata. Sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk pencegahan terhadap berbagai jenis gangguan pada mata, salah satunya amaurosis fugax.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Amaurosis Fugax

Amaurosis fugax adalah salah satu kondisi ketika kamu kehilangan penglihatan dalam waktu yang singkat karena kurangnya aliran darah menuju retina mata. Kondisi ini terjadi tiba-tiba dalam waktu beberapa detik atau beberapa menit. Amaurosis fugax dikenal juga dengan nama lain yaitu temporary loss visual.

Benarkah Amaurosis Fugax Memicu Stroke?

Umumnya, penglihatan yang tiba-tiba menghilang dalam hitungan detik atau menit menjadi salah satu gejala dari amaurosis fugax. Namun, pada beberapa kondisi amaurosis fugax dapat menjadi tanda penyakit transient ischemic attack atau stroke ringan. 

Selain mengalami kehilangan penglihatan untuk sementara, amaurosis fugax dapat menyebabkan gejala yang hampir mirip dengan kondisi stroke, seperti kesulitan berbicara, wajah yang kaku pada satu sisi, wajah yang tampak terkulai pada bagian satu sisi, dan tubuh yang terasa kaku atau lemah pada satu sisi.

Segera periksakan kondisi kesehatan kamu pada rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan secara online, caranya dengan aplikasi Halodoc.

Inilah Penyebab Amaurosis Fugax 

Penyakit amaurosis fugax umumnya terjadi karena penyumbatan aliran darah menuju mata dalam waktu sementara. Biasanya, penyumbatan darah terjadi dalam pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak yang berasal dari kolesterol maupun lemak dalam darah.

Tidak hanya itu, penyempitan pembuluh darah juga menyebabkan aliran darah menuju mata berkurang dan meningkatkan risiko penyakit amaurosis fugax. Namun, penyebab yang paling sering ditemui adalah munculnya plak atau bekuan darah yang menghambat arteri.

Baca juga: Perokok Aktif Berisiko Terkena Amaurosis Fugax, Mengapa?

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada siapa saja, khususnya bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, memiliki kolesterol yang cukup tinggi, merokok, dan pernah menggunakan narkotika.

Tidak ada salahnya untuk ketahui faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang alami amaurosis fugax, seperti adanya penyakit tumor otak, mengalami cedera kepala, memiliki riwayat penyakit multiple sclerosis, sakit kepala migrain, memiliki gangguan mata seperti neuritis optik, dan berbagai penyakit yang memengaruhi pembuluh darah.

Ketahui Pemeriksaan untuk Amaurosis Fugax

Ketika kamu mengalami beberapa gejala atau penyakit yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit ini, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan untuk mencegah munculnya penyakit amaurosis fugax. Berikut ini pemeriksaan yang bisa dilakukan:

1. Echocardiography

Pemeriksaan untuk memastikan ada atau tidaknya gumpalan pada jantung.

2. MRA

Proses ini dilakukan untuk memperoleh gambar pembuluh darah dalam tubuh dengan menggunakan energi medan magnet dan gelombang suara.

3. Pemeriksaan Pembuluh Darah

Dokter menyuntikkan cairan pada pembuluh darah yang dapat ditangkap oleh sinar X-ray sehingga memperlihatkan bagian pembuluh darah yang alami gangguan.

Baca juga: 4 Perbedaan antara Amaurosis Fugax dan Katarak

Ketika sudah ditemukan lokasi penyumbatan, pengobatan disesuaikan dengan lokasi penyumbatan. Untuk perawatan di rumah, pengidap amaurosis fugax bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin setiap harinya untuk membantu melancarkan aliran darah. Tidak hanya itu, sebaiknya kontrol gula darah dengan melakukan pola makan yang sehat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Amaurosis Fugax
Medline Plus. Diakses pada 2019. Amaurosis Fugax