• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Tomat Bisa Sebabkan Asam Lambung

Mitos atau Fakta Tomat Bisa Sebabkan Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak pernah mengalami asam lambung? Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Asam lambung ditandai dengan mual dan rasa tidak enak di perut.  Bukan cuma itu saja, naiknya asam lambung juga ditandai dengan munculnya rasa asam atau pahit asam lambung di tenggorokan dan mulut yang dapat berlangsung beberapa menit.

Munculnya asam lambung bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari makan terlalu banyak, telat makanan atau mengonsumsi makanan-makan tertentu yang memicu naiknya asam lambung. Katanya, tomat adalah salah satu makanan yang ternyata bisa memicu asam lambung. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Benarkah Tomat Bisa Sebabkan Asam Lambung?

Tomat memang menyehatkan karena kaya akan kandungan likopennya. Tapi, melansir dari WebMD, tomat juga sangat asam dan cenderung menyebabkan mulas pada seseorang yang rentan terhadap asam. Tomat diketahui mengandung dua jenis asam, yakni malat dan jeruk. 

Kalau kamu punya lambung yang sensitif dan punya riwayat asam lambung, kamu mungkin perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi tomat. Hindari memakannya dalam perut kosong atau dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, bukan cuma tomat saja yang harus diwaspadai, masih banyak makanan-makanan lain yang ternyata mengandung asam dan dapat memicu asam lambung, lho.

Cokelat, kafein, makanan yang bercita rasa masam, makanan pedas, makanan yang tinggi lemak semuanya bisa memicu naiknya asam lambung. Kalau ternyata asam lambung yang kamu miliki kumat, kamu mungkin perlu minum antasida untuk meredakannya. Kalau kamu butuh antasida, kamu bisa langsung membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah dan mengantre di apotek, tinggal order dan pesanan kamu akan diantarkan dalam satu jam.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Cara Mencegah Kambuhnya Asam Lambung

Nah, sering menghindari makanan-makanan tertentu, ada sejumlah tips lain yang perlu kamu lakukan kalau tidak mau asam lambung kumat. Melansir dari WebMD, berikut tips yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Makanlah dalam porsi kecil dan sering. Makan dalam jumlah banyak sekaligus dapat membuat lambung bekerja keras untuk mencernanya. Cobalah untuk makan lima porsi kecil yang setiap hari dan hindari makan besar saat makan malam. 
  • Jangan makan sebelum tidur. Usahakan untuk tidak ngemil atau makan malam minimal 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Ketika kamu berbaring, gravitasi dapat menarik apa pun yang ada di perut ke kerongkongan.
  • Berhenti merokok. Merokok sering dikaitkan dengan risiko penyakit paru-paru, jantung sampai kanker. Namun, merokok bukan cuma menimbulkan penyakit serius saja lho. Penyakit asam lambung ternyata juga bisa dipicu oleh kebiasaan merokok. 
  • Menurunkan berat badan jika perlu. Obesitas dikaitkan dengan penyakit GERD. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat memberi tekanan ekstra pada perut, sehingga mendorong makanan dan asam naik ke kerongkongan. Jadi, cobalah untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih sehat atau pertahankan jika berat badan sudah ideal.
  • Hindari obat tertentu. Beberapa obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat memperburuk GERD, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Cara untuk menghilangkan rasa sakit, gunakan acetaminophen sebagai gantinya.

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah naiknya asam lambung. Meskipun termasuk ringan, asam lambung tetap tidak boleh diabaikan, ya.

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2020. Top 10 Heartburn Foods.
WebMD. Diakses pada 2020. Can You Prevent GERD?.