Mood Seseorang Bisa Diketahui dari Warna Pakaian?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mood Seseorang Bisa Diketahui dari Warna Pakaian?

Halodoc, Jakarta – Setelah mandi, apakah kamu tipe orang yang memilih baju atau langsung mengambilnya secara acak? Umumnya, seseorang cenderung mempertimbangkan model dan warna pakaian yang dipakai. Pertimbangan ini bisa dipengaruhi oleh cuaca dan kepentingan masing-masing. Tapi, tahukah kamu bahwa terkadang warna pakaian yang kita pilih dipengaruhi oleh suasana hati kita saat itu?  

 

Warna pakaian yang berbeda memancarkan perasaan dan makna yang berbeda-beda. Artinya, warna pakaian yang dipilih tidak hanya menggambarkan kepribadian warna, tetapi juga dalam hal kesehatan emosional dan suasana hati. Yuk, berikut ini makna di balik warna pakaian yang dipilih, yaitu:

Baca Juga: Fakta Ilmiah di Balik Si Pencinta Warna Merah

  1. Merah 

Pakaian berwarna merah sering bermakna bahwa orang tersebut sedang ingin diperhatikan. Merah memiliki konotasi seksualitas, kelincahan dan seseorang yang bertanggung jawab. Warna merah dipercaya memengaruhi rentang perhatian kita dan dapat membuat orang lain tampak lebih menarik. Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One, wanita bahkan dapat secara tidak sadar menggunakan warna pakaian merah untuk menyampaikan sinyal seksual.

  1. Biru

Biru dideskripsikan sebagai ketenangan dan relaksasi. Orang yang mengenakan warna biru cenderung mengalami suasana hati yang nyaman dan damai. Penelitian yang dilakukan di University of British Columbia menemukan bahwa banyak orang yang menilai warna biru sebagai keterbukaan dan kedamaian. Ketika melihat warna biru, seseorang cenderung merasa lebih aman dalam mencari ide-ide kreatif. 

  1. Hitam

Hitam sering menjadi warna pakaian standar kebanyakan orang. Warna hitam cocok dipadu padankan dengan apa saja. Hitam biasanya digunakan untuk pakaian yang elegan, formal, dan membuat tubuh terkesan lebih langsing. Hitam juga memiliki konotasi negatif yang sering dikaitkan dengan suasana hati yang agresif.

  1. Hijau

Seseorang yang mengenakan pakaian warna hijau biasanya ingin memancarkan kepercayaan dan kesehatan emosi positif. Hijau adalah warna tumbuh-tumbuhan, sehingga memberikan kesan halus dan segar. Ternyata, warna hijau juga dapat merangsang suasana kreatif. 

Baca Juga: Cari Tahu 7 Psikologi Warna Ini

  1. Oranye

Orang yang mengenakan baju berwarna oranye biasanya merasa bersemangat dan ingin membuat pernyataan. Oranye kondusif untuk suasana kehangatan dan getaran, sehingga seseorang yang memakainya akan diperhatikan. Oranye yang trendi juga memancarkan kualitas kepedulian dan kesehatan emosional yang positif. 

  1. Ungu

Warna pakaian ungu terkesan memancarkan suasana agung dan kepemimpinan. Ungu adalah kombinasi merah dan biru, yaitu dua warna yang kuat. Warna ungu juga dapat menimbulkan suasana tidak nyaman, jadi warna ini mungkin bukan pilihan terbaik kalau kamu ingin membuat seseorang merasa nyaman, seperti saat wawancara bisnis atau pertemuan penting.

  1. Merah Muda

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat gaun berwarna merah muda? Sebagian besar orang pasti akan menyebutnya gaun 'cantik' daripada gaun yang 'menakjubkan'. Meskipun terkesan sopan,  pink atau merah muda mungkin memiliki beberapa efek yang kuat pada suasana hati dan kesehatan emosional. Jadi, jika suasana hati ingin lebih bahagia dan tidak terlalu marah, pilihlah warna pakaian dengan rona kemerahan.

  1. Abu-Abu

Abu-abu adalah warna netral yang tidak memiliki efek sangat kuat pada suasana hati. Abu-abu adalah pilihan warna pakaian yang bagus jika seseorang ingin memancarkan udara yang lembut dan canggih. Namun, seseorang yang memakai abu-abu sepanjang waktu bisa jadi menandakan bahwa Ia sedang tidak bahagia. 

Baca Juga: Karakter Dapat Diketahui dari Warna Favoritnya, Benarkah?

Sebenarnya, masih banyak warna-warna lain yang mencerminkan suasana hati seseorang. Kalau kamu mengalami perubahan suasana hati yang tidak terduga bahkan sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari, sebaiknya bicara dengan psikolog Halodoc untuk mencari tahu penyebabnya. Melalui aplikasi, kamu bisa menghubungi psikolog kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. What Your Clothing Color Choice Says About You.
Verywell Mind. Diakses pada 2019. Color Psychology: Does It Affect How You Feel?.