12 June 2018

Cari Tahu 7 Psikologi Warna Ini

psikologi dari warna

Halodoc, Jakarta – Warna bisa menyampaikan pesan pada orang di sekelilingnya. Medium penyampaiannya bisa melalui pakaian, warna dinding rumah, dan lain sebagainya.  Nah, pesan yang disampaikan itu bisa berarti rasa gembira, menyejukkan, menggoda, atau bahkan menakutkan. Selain itu, menurut psikolog, warna juga bisa dijadikan alat penting dalam psikoterapi. Sebab, setiap warna melambangkan suatu keadaan atau kondisi tertentu.

Yuk, cari tahu psikologi warna yang jadi favorit kamu.

  1. Merah

Warna ini umumnya identik dengan arti kuat, percaya diri, gairah, atau berani. Selain bisa mencerminkan kegembiraan dan cinta, merah juga bisa menandakan hal negatif, seperti marah, bahaya, atau nafsu. Menurut sebuah penelitian, bila seseorang menatap warna merah, bisa terjadi aktivitas peningkatan detak jantung, sehingga membuat kita bernapas lebih cepat.

Menurut ahli konsultan warna sekaligus penulis buku More Alive With Color, ada hal-hal yang  sebaiknya kamu perhatikan bila ingin mengenakan pakaian berwarna merah. Kata si ahli, warna ini kurang tepat bila digunakan saat wawancara kerja. Sebab, warna ini bisa saja menimbulkan konflik saat negosiasi. Namun, dalam dunia profesional, warna merah memiliki kesan yang sangat kuat.

(Baca juga: Warna Lidah Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan)

  1. Merah Muda

Warna yang banyak disukai wanita ini punya arti kasih sayang, kelembutan, dan feminin. Merah muda juga menyiratkan hal yang berbau lembut dan menenangkan. Namun, kata ahli warna ini kurang bersemangat, membuat energi melemah, dan menunjukkan ketidakdewasaan.

  1. Abu-abu

Keabu-abuan mengartikan bisa diandalkan, serius, dan stabil. Kata ahli warna, ini termasuk warna yang kuat sebab warna abu-abu merupakan warna alam. Warna abu-abu tepat digunakan ketika wawancara kerja. Warna dengan busana ini menunjukkan kalau kamu adalah orang yang bertanggung jawab. Namun, sebaiknya jangan mengenakan warna ini dari atas hingga ke bawah. Hal ini justru akan membuatmu terlihat seperti orang yang membosankan.

  1. Biru

Warna ini bisa mengartikan kesetiaan, ketenangan, sensitif, dan bisa diandalkan. Warna langit ini juga bisa diartikan dengan stabil. Kata ahli konsultan warna, busana biru tua cocok untuk acara formal atau seragam. Sedangkan biru muda lebih tepat dikenakan pada acara yang sifatnya non-formal.

(Baca juga: Before – After yang Perlu Diperhatikan Saat Mewarnai Rambut)

  1. Hijau

Hijau melambangkan alam, kehidupan, kesehatan, dan kesejukan. Boleh percaya atau enggak, warna ini juga bisa diartikan dengan keberuntungan. Bila di zaman sekarang umumnya gaun pengantin berwarna putih, tapi di abad 15 para pengantin menggunakan gaun berwarna hijau.

  1. Hitam

Dalam dunia psikologi, warna ini diartikan sebagai elegan dan kuat. Namun, hitam juga acap kali diasosiasikan dengan reputasi buruk. Misalnya, warna ini kerap dipakai oleh para penjahat dalam film. Selain itu, hitam juga melambangkan duka atau murung. Contohnya, mengenakan busana berwarna hitam pada proses pemakaman.

Meskipun begitu, warna ini juga bisa melambangkan sesuatu yang klasik dan abadi. Bila kamu ingin mengenakan warna ini di acara pesta, cobalah tambahan sedikit nuansa keceriaan untuk membedakannya dengan orang lain. Pasalnya, gaun hitam kerap kali digunakan para wanita di acara pesta. Kamu bisa kok mengenakan kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau gunakan perona mata cerah agar tampil lebih ceria.

  1. Kuning

Meskipun kuning bisa diartikan dengan gembira dan muda, banyak orang kurang percaya diri untuk mengenakan warna ini. Alasannya, takut terlihat mencolok. Menurut ahli konsultan warna, kuning bisa meningkatkan konsentrasi. Itulah makanya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it.

(Baca juga: 7 Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Diketahui)

Punya keluhan masalah kesehatan dan ingin berdiskusi dengan dokter? Kamu bisa lho bertanya langsung melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!