• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah Ngantuk Saat Puasa, Apa Sebabnya?

Mudah Ngantuk Saat Puasa, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mudah Ngantuk Saat Puasa, Apa Sebabnya?

“Puasa memang dapat menimbulkan efek samping saat dilakukan, salah satunya adalah lebih mudah mengantuk. Namun, apa sih penyebab puasa membuat seseorang lebih mudah mengantuk? Penting untuk tahu untuk mencegahnya agar tidak terjadi.”

Halodoc, Jakarta - Saat berpuasa, setiap orang perlu menahan diri dari makan dan minum di siang hari. Namun, tantangan besar lainnya yang dialami kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa kantuk yang sering muncul saat bekerja.

Lantas, sebenarnya apa saja yang menjadi alasan seseorang menjadi lebih mudah mengantuk saat puasa? Berikut penjelasan tentang hal tersebut yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Nutrisi Apa Saja yang Harus Terpenuhi Selama Puasa?

Alasan Puasa Mudah Membuat Seseorang Mengantuk

Sebenarnya, alasan yang paling utama puasa dapat menimbulkan rasa kantuk adalah terjadinya penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih lemas disertai otak yang sulit berkonsentrasi. Kondisi ini membuat seseorang menjadi lebih rentan untuk merasakan kantuk yang mampu memengaruhi produktivitas.

Bukan itu saja, ada faktor lain yang membuat puasa membuat seseorang menjadi lebih mudah mengantuk, yaitu waktu tidur yang tidak teratur. Saat puasa, beberapa orang perlu bangun jam 2 pagi untuk mempersiapkan sahur dan mungkin saja tidak tidur lagi hingga pagi hari. Kombinasi kekurangan tidur dan penurunan kadar gula darah membuat rasa kantuk tidak tertahankan.

Bagi kebanyakan orang, kondisi tersebut dapat menjadi salah satu perubahan mendadak dalam kebiasaan makan. Waktu bergeser, asupan kalori meningkat pada malam hari, dibarengi dengan penurunan kadar kortisol dan insulin. Kortisol menjadi salah satu hormon penting dalam tubuh, karena jika kadarnya terlalu sedikit, hal tersebut memicu rasa lelah kronis.

Sebaliknya, saat kadar kortisol meningkat secara signifikan, beberapa efek buruk dapat terjadi, seperti pertambahan berat badan, masalah fungsi kekebalan tubuh, dan risiko penyakit kronis. Kadar kortisol yang lebih tinggi dan pilihan makanan yang buruk dapat membuat menimbulkan dampak buruk bukannya menyehatkan.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

Lakukan Hal Ini untuk Mengatasi Kantuk saat Berpuasa

Jika pada hari normal kamu bisa mengusir kantuk dengan minum kopi atau makan kudapan agar tetap terjaga, maka kamu perlu mencari cara lain untuk mengatasi masalah ini ketika sedang berpuasa.

Berikut ini cara untuk melawan rasa kantuk dan tetap segar saat berpuasa di kantor:

1. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Saat puasa, kamu akan mengalami perubahan dalam pola tidur, karena harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah salah satu penyebab mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Untuk mencegah ini, kamu perlu memastikan telah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari sebelum harus bangun untuk makan sahur di pagi hari.

2. Tidur Siang yang Nyenyak

Saat puasa, kamu tidak perlu menggunakan waktu istirahat untuk makan siang. Dengan begitu, manfaatkan kesempatan ini untuk tidur siang yang nyenyak. Jika memungkinkan, kamu bisa mengatur alarm sekitar 5–20 menit untuk tidur. Saat bangun, pikiran kamu menjadi lebih segar dan produktivitas kembali untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

3. Cuci Muka

Saat kamu merasa mengantuk, cobalah untuk pergi ke toilet dan membasuh muka dengan air agar kembali segar. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Mencuci wajah dengan air dingin dapat membuat kamu menjadi lebih rileks dan segar, sehingga konsentrasi untuk bekerja kembali prima.

4. Melakukan Peregangan

Kamu akan lebih mudah untuk merasakan kantuk jika hanya duduk diam untuk waktu yang lama. Maka dari itu, saat rasa kantuk terasa, ada baiknya untuk melakukan peregangan sederhana untuk menggerakkan otot-otot dan menghindari kekakuan.

Kamu juga dapat berjalan di sekitar kantor selama beberapa menit untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak agar rasa kantuk hilang.

Baca juga: 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Nah, itulah penyebab rasa kantuk yang mudah timbul saat seseorang berpuasa dan cara untuk mengatasinya. Memang, rasa kantuk sangat mudah untuk timbul dan kamu dapat mencegahnya sebelum terjadi. Pastikan untuk mengatur waktu tidur dengan tepat disertai dengan tidur siang di jam istirahat agar konsentrasi dan produktivitas tetap terjaga.

Untuk menjaga konsentrasi dan produktivitas dalam bekerja saat puasa, kamu bisa mendapatkan suplemen dan multivitamin tambahan yang bisa dibeli melalui aplikasi Halodoc. Pembelian obat langsung diantar ke rumah hanya dalam waktu 30-60 menit. Untuk menikmati kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 
Referensi:
Men's Health. Diakses pada 2021. The Risks and Side Effects of Intermittent Fasting You Should Know.
The News International. Diakses pada 2021. Fasting People may suffer headaches, weakness and fatigue.
Diperbarui pada 22 September 2021.