14 September 2018

New Mom Perlu Tahu Teknik Pijat Melancarkan Asi

teknik pijat ASI, melancarkan asi

Halodoc, Jakarta – Wajar rasanya jika setelah melahirkan wanita merasa khawatir kalau pemberian air susu ibu (ASI) pada si buah hati tidak lancar. Memang ada banyak hal yang bisa mengganggu produksi ASI kamu. Beberapa di antaranya adalah kurang istirahat, stres, kondisi kesehatan yang kurang baik, efek samping obat-obatan, atau pola makan yang tidak seimbang.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa ibu coba untuk memperlancar produksi ASI. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa memompa ASI bisa meningkatkan air susu. Ternyata di samping itu ada juga cara yang mudah sekaligus bisa memberikan efek relaksasi yang nyaman bagi ibu menyusui. Cara tersebut adalah pijatan payudara (juga dikenal dengan istilah pijat laktasi).

Memijat payudara untuk melancarkan ASI bisa dimulai beberapa hari atau beberapa minggu setelah melahirkan. Simak informasi mengenai pijat payudara untuk ibu menyusui berikut ini!

Alasan Perlu Memijat Payudara

Memijat payudara bisa membantu peredaran darah ASI pada ibu menyusui. Ketika dipijat, saluran ASI akan jadi lebih lancar. Ini karena kelenjar susu yang tersumbat atau menggumpal akan pelan-pelan terurai. ASI pun bisa keluar dengan mudah. Jika produksi ASI ibu lancar, payudara akan terpicu menghasilkan lebih banyak ASI lagi. Maka, Ibu menyusui yang punya masalah dengan produksi ASI bisa mencoba pijat payudara ini.

Selain melancarkan ASI, memijat payudara juga ampuh untuk mencegah dan meredakan pembengkakan atau mastitis yang biasanya terjadi ketika menyusui. Memijat payudara juga bisa membantu ibu merasa lebih relaks dan nyaman. Dengan begitu, pikiran jadi lebih tenang dan ibu dapat beristirahat dengan baik. Ibu pun dapat terhindar dari masalah ASI tersumbat karena stres atau kurang tidur.

Persiapan Sebelum Memijat

Pijat payudara bisa dilakukan sendiri di rumah setiap hari. Pilihlah waktu yang senggang supaya Ibu merasa relaks dan tidak terburu-buru. Sebaiknya pemijatan payudara juga dilakukan beberapa saat sebelum menyusui buah hati atau memompa ASI.

Sebelum memijat, cuci terlebih dahulu kedua tangan ibu sampai bersih. Kemudian, siapkan minyak pijat yang aman dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia berbahaya. Hindari losion atau minyak pijat yang mengandung pewangi atau pewarna tambahan.

Sebaiknya pilihlah minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Ibu juga bisa memakai minyak khusus pijat laktasi yang tersedia di toko atau apotek terdekat. Jangan langsung mengoleskan pada payudara. Tuangkan secukupnya di telapak tangan dan gosokkan kedua tangan kamu hingga minyaknya merata.

Teknik Memijat Payudara

Sebenarnya memijat payudara ibu sendiri tidak terlalu rumit. Cukup mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini. Setelah itu, ibu bisa mengatasi berbagai masalah laktasi setelah melahirkan.

  1. Sambil berdiri di hadapan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan.
  2. Gerakkan kedua tangan maju mundur dengan lembut. Jika tangan kanan ke arah kiri, tangan kiri bergerak ke kanan. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.
  3. Posisikan kedua telapak tangan di sisi salah satu payudara. Dengan lembut, gerakkan kedua tangan naik turun. Jika tangan kanan ke atas, tangan kiri ke bawah. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.
  4. Angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri. Dengan tiga atau empat jemari tangan kanan ibu, buat gerakan melingkar di atas puting susu sebanyak 20 kali.
  5. Masih dengan posisi yang sama, buat gerakan melingkar di sekitar puting susu sebanyak 20 kali.
  6. Dengan jari-jari kedua tangan Ibu, urut payudara perlahan-lahan dari bagian luar (di samping payudara, yaitu di bawah ketiak dan belahan dada) menuju ke puting susu. Ulangi sebanyak 10 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.
  7. Dengan ujung Ibu jari dan telunjuk, puntir pelan-pelan puting susu pada masing-masing payudara.
  8. Air susu mungkin akan keluar setelah melakukan pijat payudara. Ibu bisa langsung memompa ASI atau membersihkan dulu payudara dari sisa-sisa minyak pijat, baru kemudian menyusui anak.

Itulah informasi mengenai teknik memijat payudara untuk melancarkan ASI yang bisa ibu coba di rumah. Jika pijatan sudah dilakukan tapi ASI tak kunjung lancar, ibu bisa segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Konsultasi seputar kehamilan dan ASI akan praktis dilakukan melalui aplikasi Halodoc, sebab komunikasi bisa dilakukan via Chat atau Voice Call/Video Call kapan pun dan di mana pun. Untuk itu, segeralah download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: