05 November 2017

Kenali Manfaat dan Jenis Pijat Payudara Setelah Melahirkan

Kenali Manfaat dan Jenis Pijat Payudara Setelah Melahirkan

Halodoc, Jakarta - Banyak orang mengasumsikan pijat payudara adalah cara untuk memperbesar dan mengecangkan payudara atau bahkan bagian dari rangsangan untuk berhubungan intim. Sebenernya pijat payudara memiliki manfaat kesehatan bagi para wanita terutama setelah melahirkan.  Manfaat pijat payudara seperti memijat bagian tubuh yang lain yaitu dapat mendatangkan rasa nyaman dan rileks. Manfaat pijat payudara tidak hanya sekedar sebagai relaksasi melainkan mempunyai peranan penting bagi kesehatan wanita salah satunya adalah melancarkan saluran ASI yang tersumbat. Penyumbatan saluran ASI umumnya disebabkan oleh produksi ASI yang lebih cepat dari frekuensi bayi menyusu atau ibu memerah ASI. Mengalami stres berkepanjangan, pompa ASI yang kurang berkualitas, ataupun bra menyusui yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab tersumbatnya saluran ASI. ASI yang menumpuk dapat menyebabkan jaringan di sekitar saluran ASI membengkak dan meradang sehingga menyebabkan penyumbatan. Berikut beberapa tanda penyumbatan saluran ASI yang  mungkin dialami ibu menyusui:

  • Payudara terasa bengkak, penuh, dan sakit. Jika ASI sudah dikeluarkan dapat meredakan gejala tersebut.
  • Terdapat benjolan atau warna payudara memerah terasa nyeri saat disentuh.
  • Jika tidak segera ditangani ibu menyusui dapat merasakan demam, nyeri dan tidak nyaman di sekitar area payudara, kemungkinan ini merupakan tanda adanya infeksi yang menyebabkan mastitis. Segera periksan ke dokter jika mengalami kondisi seperti ini.


Jenis-Jenis Pijat Payudara Setelah Melahirkan
Manfaat pijat payudara  setelah melahirkan dapat memicu tubuh melepaskan hormon oksitosin yang merangsang ASI keluar dari payudara serta mengurangi risiko mastitis. Pijat payudara setelah melahirkan bisa membantu peredaran darah dan memperlancar ASI pada ibu menyusui, dikarenakan kelenjar susu yang tersumbat atau menggumpal pelan-pelan terurai. ASI pun bisa keluar dengan mudah. Jika produksi ASI lancar, payudara akan akan menghasilkan ASI lebih banyak lagi. Untuk kamu yang menyusui yang dan bermasalah dengan produksi ASI bisa mencoba pijat payudara.

Pijat payudara bisa dilakukan sendiri di rumah. Pilih waktu senggang agar kamu merasa rileks dan tidak terburu-buru. Sebaiknya pijat payudara juga dilakukan beberapa saat sebelum menyusui buah hati atau memompa ASI. Untuk hasil yang lebih baik lakukan pemijatan setiap hari. Sebelum memijat, cuci tangan terlebih dulu sampai bersih. Kemudian, siapkan minyak pijat yang aman dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia berbahaya. Hindari lotion atau minyak pijat yang mengandung pewangi atau pewarna tambahan. Pilihan yang paling tepat adalah minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Kamu juga bisa memakai minyak khusus pijat laktasi. Jangan langsung mengoleskannya pada payudara. Tuang dulu secukupnya di telapak tangan dan gosokkan kedua tangan hingga merasa hangat dan merata. Setelah itu kamu siap melakukan pijat payudara untuk melancarkan ASI. Dua hal penting yang harus diperhatikan dalam memijat payudara:

Pijatan Limfatik
Salah satu cara terbaik untuk melakukan pijat payudara agar produksi ASI bertambah adalah dengan pijatan limfatik menggunakan baby oil atau minyak khusus lain. Caranya, tekan bagian bawah ketiak yang berada di dekat payudara dengan ujung jari tangan. Tekan secara lembut dan pijat dengan perlahan selama beberapa menit. Cara ini ampuh untuk memperlancar aliran darah dan membuang racun yang ada di sekitar payudara.

Tidak Menekan Terlalu Keras
Tekanan lembut pada payudara dan sekitarnya sudah cukup membuat aliran darah lebih lancar. Hindari menekan atau meremas payudara terlalu keras karena jaringan yang ada di area tersebut menjadi tidak berfungsi. Ketika merasa nyeri atau sakit saat proses pemijatan, tandanya ada tekanan yang terlalu keras di area payudara. Ketika payudara terasa hangat, pertanda aliran darah sudah mengalir lancar.


Agar lebih aman, kamu bisa berdiskusi dengan dokter mengenai manfaat pijat payudara sebelum atau sesudah melahirkan. Kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Pada aplikasinya kamu bisa memilih tiga metode komunikasi yaitu via chat, voice, maupun video call dalam menu Contact Doctor. Dokter yang ada di Halodoc akan siap sedia membantu menjawab semua pertanyaan kamu. Beli kebutuhan medis seperti obat atau minyak untuk pijat payudara juga bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc melalui menu Pharmacy Delivery yang bisa mengantarkan pesanan  ke tempatmu. Semua layanan Halodoc bisa kamu gunakan dengan men-download aplikasinya terlebih dahulu di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Cara Ini