• Home
  • /
  • 3 Olahraga yang Baik untuk Pengidap Vertigo

3 Olahraga yang Baik untuk Pengidap Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
3 Olahraga yang Baik untuk Pengidap Vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo adalah penyakit yang sangat mengganggu ketika terjadi, karena tubuh kehilangan keseimbangan sehingga harus terus menaruh kepala di atas bantal. Hal tersebut membuat produktivitas dan rencana-rencana yang sudah dibuat menjadi berantakan. Memang tidak ada yang bisa dilakukan karena kepala terasa seperti benar-benar berputar.

Umumnya, orang yang mengidap vertigo mencari cara untuk mengatasi gangguan ini dengan mengonsumsi obat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi obat dapat menimbulkan efek samping yang mungkin berbahaya. Maka dari itu, penting untuk mencari cara lain agar vertigo tidak mudah kambuh, yaitu dengan berolahraga. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan!

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Olahraga untuk Mencegah Vertigo

Vertigo adalah gangguan yang menyebabkan perasaan sekelilingmu berputar ketika berdiri diam. Kamu benar-benar merasakan jika area sekitar sedang bergerak, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Ketika menyerang, vertigo dapat menyebabkan gangguan langsung dan menghalangi aktivitas sehari-hari dari rencana yang telah dibangun.

Gangguan ini terjadi ketika kristal kalsium karbonat kecil yang berasal dari bagian telinga masuk ke saluran setengah lingkaran telinga bagian dalam. Berolahraga dapat membantu tubuh mendistribusikan kristal-kristal tersebut agar tidak menimbulkan gangguan. Maka dari itu, penting untuk mencegah terjadinya vertigo, terutama pada seseorang yang merasa sering kambuh.

Olahraga dapat membuat gangguan yang terjadi pada telinga tersebut dapat menghilang secara perlahan sejalan dengan rutinitas dari gerakan menyehatkan tersebut. Selain itu, manfaat pada bagian tubuh lainnya mungkin akan terasa sebagai manfaat dari olahraga. Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat diaplikasikan secara rutin untuk mencegah terjadinya vertigo:

  1. Latihan Brandt-Daroff

Salah satu olahraga untuk cegah vertigo adalah dengan melakukan latihan Brandt-Daroff. Gerakan ini menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan kristal dari telinga bagian dalam. Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan gerakan ini adalah:

  • Duduk di tengah tempat tidur dengan kaki di lantai. Lalu putar kepala sebanyak 45 derajat ke kanan.
  • Tanpa menggerakkan kepala, pastikan untuk berbaring di sisi kiri tubuh dan diam pada posisi tersebut selama 30 detik.
  • Setelah itu kembali ke posisi awal dan berikan tubuh jeda selama 30 detik.
  • Langkah selanjutnya adalah memutar kepala 45 derajat ke kiri dan berbaring ke sisi kanan tubuh seperti kebalikan dari gerakan awal.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Kamu dapat melakukan satu set yang terdiri dari lima kali perulangan pada setiap sisi. Jika mengalami pusing, tunggu sampai gangguan tersebut hilang sebelum berdiri. Pastikan untuk melakukan satu set pada pagi hari, siang hari, dan malam hari. Lakukanlah kebiasaan ini selama dua hingga tiga minggu secara rutin.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait olahraga yang baik untuk pengidap vertigo, dokter dari Halodoc siap menjawab semua kebingunganmu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan setiap hari!

  1. Manuver Semont

Gerakan olahraga lainya yang ampuh untuk cegah vertigo kambuh adalah manuver semont. Olahraga yang disebut juga dengan manuver liberator adalah latihan yang baik untuk gangguan vertigo jenis BPPV. Metode ini membutuhkan waktu lebih sedikit dibandingkan latihan Brandt-Daroff. Namun, gerakan ini paling baik jika diawasi oleh penyedia layanan kesehatan. Jika gangguan BPPV yang menyerang sebelah kiri, beberapa langkah yang dilakukan seperti:

  • Duduk tegak di tepi tempat tidur dan putar kepala sebanyak 45 derajat ke kanan.
  • Jatuhkan tubuh dengan cepat ke kiri hingga kepala menyentuh tempat tidur. Tahan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Dalam satu gerakan cobalah untuk membuat tubuh menjadi ke sisi kanan dengan cepat. Pastikan tidak mengubah sudut kepala.
  • Tahan posisi tersebut selama 30 detik, lalu kembali ke posisi awal.

Lalu, jika gangguan BPPV yang menyerangmu terdapat di sebelah kanan, maka putar kepala ke kanan dan jatuhkan tubuh ke sisi kiri terlebih dahulu. Dengan melakukan gerakan ini, diharapkan agar gangguan BPPV tidak mudah kambuh. Gerakan ini umumnya hanya perlu dilakukan sekali dan dapat membuat kamu menjadi lebih baik dalam satu atau dua hari.

  1. Manuver Epley

Metode olahraga lainnya yang dapat efektif untuk cegah vertigo adalah Manuver Epley. Rangkaian gerakan ini terbilang populer untuk dilakukan pengidap vertigo. Beberapa langkah ini dapat dilakukan jika kamu mengidap BPPV di bagian telinga kiri. Pastikan melakukannya dengan arah yang berlawanan agar dapat efektif untuk mengatasi gangguan pada telinga tersebut Berikut langkahnya:

  • Duduk tegak di tempat tidur dan letakkan kaki lurus ke depan dan siapkan bantal di belakang.
  • Putar kepala sebanyak 45 derajat ke kiri.
  • Berbaringlah dengan cepat hingga pundak berada di atas bantal dan tahan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Putar kepala sebanyak 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya dan tahan selama 30 detik.
  • Setelah itu, duduk tegak di tepi kanan tempat tidur.

Pastikan untuk melakukan manuver Epley di rumah sebanyak tiga kali sehari. Kamu dapat mengulangi gerakan tersebut setiap hari hingga tidak ada gejala dari vertigo yang timbul selama 24 jam.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Dengan melakukan gerakan olahraga yang dapat efektif cegah vertigo tersebut, diharapkan tubuh kamu akan menjadi lebih baik kedepannya. Kekambuhan yang menyerang titik keseimbangan tubuh ini dapat diredam dengan baik dan pada akhirnya tidak ada serangan lagi disebabkan gangguan tersebut.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. 4 Exercises for Vertigo Relief.
The PDTC. Diakses pada 2020. The Best Exercises For Training Clients With Vertigo and Dizziness.