Orangtua, Begini 4 Cara Cegah SIDS pada Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
orangtua-begini-4-cara-cegah-sids-pada-bayi-halodoc

Halodoc, Jakarta – Tiap orangtua tentunya akan melakukan apa saja untuk menjaga bayinya yang baru lahir tetap sehat. Namun terkadang, seorang bayi yang kelihatannya sehat-sehat saja bisa meninggal tanpa alasan yang jelas. Bila kondisi ini terjadi pada bayi di bawah satu tahun, maka dokter akan mengacunya pada sudden infant death syndrome atau SIDS. Selain disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan yang dimiliki bayi, SIDS juga bisa terjadi akibat kelalaian orangtua. Simak penjelasan lengkapnya  di sini.

Baca juga: Anak Yulia Balstchun Meninggal karena SIDS, Ini 3 yang Diwaspadai Ibu

Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS) adalah kematian mendadak yang tidak terduga yang terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun. Karena sindrom ini seringkali terjadi saat Sang Bayi tertidur, SIDS sering disebut juga kematian dalam ranjang. Kenyataan bahwa sindrom ini sangat sulit diprediksi juga membuat SIDS menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak di bawah satu tahun. Diketahui ada sekitar 1600 bayi di Amerika Serikat yang meninggal akibat SIDS setiap tahunnya.

Penyebab SIDS

Para dokter tidak yakin akan penyebab SIDS yang pasti. Namun, pada beberapa bayi yang mengalami SIDS, ditemukan terdapat mutasi gen yang menyebabkan mereka memiliki masalah kesehatan tertentu. Sedangkan pada bayi-bayi lain yang mengalami SIDS, ditemukan masalah di bagian otak mereka yang mengontrol pernapasan, detak jantung, tekanan darah, suhu, dan jam tidur.

Selain akibat masalah kesehatan yang dimiliki bayi, kelalaian orangtua juga seringkali menjadi penyebab bayi mengalami SIDS, antara lain:

 

  • Menidurkan Bayi dalam Posisi Menyamping atau Menumpu Perut (Telungkup)

 

Orangtua perlu berhati-hati setiap kali ingin membaringkan bayi di atas ranjang. Usahakan agar Si Kecil tidak tidur dalam posisi menyamping atau telungkup, karena kedua posisi tersebut bisa membuat bayi sulit bernapas, apalagi bila ditidurkan pada kasur yang terlalu empuk.

 

  • Menyelimuti Bayi dengan Kain yang Sangat Tebal

 

Kebanyakan orangtua ingin menjaga agar bayinya tidak kedinginan, sehingga cenderung menyelimuti bayi dengan selimut yang tebal. Namun, tahukah ibu, suhu ruangan yang tidak dingin ditambah dengan selimut tebal bisa membuat bayi kepanasan yang dipercaya dapat meningkatkan risiko terjadinya SIDS.

 

  • Berbagi Tempat Tidur

 

Dengan berbagai alasan, ada beberapa orangtua yang tidur di ranjang yang sama dengan Si Kecil. Nah, hal ini memungkinkan terjadinya kejadian tidak sengaja yang bisa menyebabkan bayi mengalami SIDS, seperti tertindih atau pernapasan bayi terhalang.

Baca juga: Kelahiran Bayi Prematur, Apakah Berisiko Mengalami SIDS?

Pencegahan SIDS

Nah, dengan mengetahui kelalaian seperti apa yang bisa menyebabkan bayi mengalami SIDS, berikut ini cara mencegah SIDS yang perlu diperhatikan orangtua:

 

1. Taruh Bayi pada Posisi Telentang saat Tidur

 

Tidurkan bayi pada posisi telentang, setidaknya dalam satu tahun pertama kehidupannya atau sampai ia sudah bisa membalik badan sendiri.

 

2. Atur Tempat Tidur Bayi Sebaik Mungkin

 

Orangtua juga dianjurkan untuk tidak menggunakan tempat tidur yang tebal dan terlalu empuk, karena bayi bisa “tenggelam” yang akhirnya menghalangi jalan napasnya. Hindari juga menaruh bantal atau mainan yang empuk di boks bayi.

 

3. Kenakan Bayi Pakaian yang Hangat dan Nyaman

 

Berikan bayi pakaian yang bisa menjaga tubuhnya tetap hangat, tetapi jangan dibalut lagi dengan kain atau selimut tambahan. Hindari juga menyelimuti kepala bayi dengan apa pun.

 

4. Hindari Berbagi Tempat Tidur

 

Bila ingin menjaga Si Kecil tetap dalam pandangan, orangtua boleh-boleh saja menidurkan bayi di kamar yang sama, tetapi sebaiknya beda tempat tidur. Dengan demikian, orangtua bisa tetap mengawasi Si Kecil sekaligus mencegah terjadinya SIDS.

Baca juga: 4 Cara Menidurkan Bayi yang Perlu Diketahui Ibu

Nah, itulah beberapa kelalaian orangtua yang bisa menyebabkan SIDS pada bayi. Orangtua juga bisa menanyakan lebih jauh tentang langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah SIDS pada bayi, pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter bisa kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat untuk berdiskusi seputar masalah kesehatan Si Kecil. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
National Sleep Foundation. Diakses pada 2019. SIDS & Sleep.
WebMD. Diakses pada 2019. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS): Causes, Risk Factors, & Prevention.