Pakai Narkoba Lagi, Rio Reifan Alami Trypanophobia?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pakai Narkoba Lagi, Rio Reifan Alami Trypanophobia?

Halodoc, Jakarta - Selain dihirup dengan alat khusus, narkoba bisa masuk ke dalam tubuh atau dikonsumsi melalui suntikan. Biasanya, narkoba jenis heroin atau putaw dikonsumsi dengan cara ini. Nah, kabar baru beredar, salah satu aktor ibu kota kembali terseret kasus narkoba untuk ke sekian kalinya. Rio Reifan, pengguna narkoba ini, mengaku tidak menggunakan kedua jenis narkotika dan obat terlarang tersebut karena dimasukkan melalui suntikan. 

Memang, takut dengan suntikan atau jarum suntik bukan lagi hal baru. Anak-anak, dan beberapa orang dewasa takut ketika disuntik. Namun, bagaimana jadinya jika ketakutan tersebut menjadi sangat berlebihan seperti yang dialami Rio Reifan? Mungkin saja, orang-orang yang fobia dengan jarum suntik ini mengalami trypanophobia. 

Kenali Trypanophobia, Ketakutan Berlebihan pada Jarum Suntik

Sama halnya dengan pengidap fobia lainnya, mereka yang mengalami trypanophobia memiliki ketakutan yang tidak beralasan terhadap jarum suntik. Bahkan, ketakutan ini memicu timbulnya reaksi fisik yang terbilang berlebihan, karena pengaruh dari pikiran. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami fobia satu ini?

Baca juga: Ketakutan yang Berlebihan, Ini Fakta di Balik Fobia

Belum ada penyebab pasti. Namun, diduga mereka yang mengalami fobia terhadap sesuatu, termasuk jarum suntik, memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dengan hal tersebut, sehingga berubah menjadi ketakutan berlebihan yang tidak beralasan. Penyebab lainnya bisa berasal dari cerita-cerita orang lain tentang jarum suntik yang membuat ketakutan tersebut muncul, bahkan meski seseorang belum pernah mengalami disuntik. 

Trypanophobia tidak membuat seseorang berisiko tinggi mengalami kematian. Namun, dampak yang muncul dari ketakutan berlebihan ini sangat terlihat ketika pengidap harus mendapatkan perawatan yang berhubungan dengan medis. Pasalnya, hampir semua pemeriksaan, terlebih pemeriksaan darah, gigi, vaksin, dan pemeriksaan lain membutuhkan jarum suntik.  

Baca juga: Ketahui Jenis Fobia, Penyebab Rasa Takut yang Berlebihan

Hal yang ditakutkan pula jika trypanophobia dialami oleh wanita yang baru memiliki anak, vaksinasi terhadap sang buah hati bisa jadi tidak pernah dilakukan. Sayangnya, kondisi ini bisa membahayakan kesehatan sang buah hati, karena vaksinasi menjadi hal yang wajib untuk meningkatkan imunitas tubuh bayi terhadap penyakit tertentu. Tanpa adanya vaksinasi, tubuhnya rentan terserang penyakit yang terbilang serius. 

Bagaimana Penanganannya?

Reaksi yang ditimbulkan pengidap trypanophobia bisa berbeda, bergantung pada seberapa parah ketakutan seseorang terhadap jarum suntik ini. Bisa jadi berkeringat dingin, wajah pucat, berteriak histeris, menangis ketakutan, berlari, hingga pingsan. Tidak heran jika kebanyakan pengidap fobia ini takut dengan dokter, dan beberapa lainnya memiliki ketakutan dengan darah. 

Lalu, bagaimana tindakan penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi trypanophobia? Beberapa pilihan bisa menjadi pertimbangan:

  • Mengikuti hipnoterapi yang dipercaya efektif dalam menangani fobia, termasuk trypanophobia. 

  • Mencari pengalih perhatian atau distraksi ketika pengidap harus berhadapan dengan perawatan yang melibatkan jarum suntik. 

  • Menggunakan obat anestesi topikal. Obat ini diaplikasi ke permukaan kulit untuk mengurangi rasa sakit ketika disuntik. Rasa sakit akibat disuntik seharusnya tidak seberapa, tetapi pada pengidap fobia jarum ini, rasa sakit yang muncul bisa terasa begitu hebat. Terkadang, penggunaan anestesi topikal ini dibutuhkan. 

  • Konsumsi obat antiansietas yang bisa membantu pengidap trypanophobia yang takut pingsan atau berpotensi untuk pingsan ketika disuntik. Namun, selalu tanyakan pada dokter tentang dosisnya, bisa melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc

Baca juga: Latrophobia, Ketakutan Berlebih pada Dokter

Sebenarnya, fobia apa pun bisa ditangani, asal ada kemauan dari pengidap untuk bisa melawan ketakutan yang muncul dalam dirinya terhadap sesuatu. Jangan takut untuk bercerita pada orang terdekat atau keluarga, karena mungkin kamu membutuhkan bantuan mereka untuk bisa sembuh dari fobia yang dirasa.

Referensi: 
Medicallogy. (Diakses pada 2019). Trypanophobia, Apakah Anda Salah Satunya?
Verywell Mind. (Diakses pada 2019). Overcoming Trypanophobia or the Fear of Needles.
Healthline. (Diakses pada 2019). Trypanophobia.