Hipnoterapi untuk Atasi Depresi, Perlukah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hipnoterapi untuk Atasi Depresi, Perlukah?

Halodoc, Jakarta – Hipnoterapi sempat ramai diperbincangkan di sosial media. Pasalnya, ada kasus hipnoterapi malahan memperburuk kondisi depresi yang dialami seseorang. Beberapa orang yang pernah mengidap depresi dan mendapatkan terapi ini lantas ikut berkomentar. Beberapa dari mereka mengatakan hipnoterapi bisa membuat perasaan lega, tapi sebagian yang lain mengatakan sebaliknya. Pada kasus yang parah, hipnoterapi justru membuka luka lama yang belum tentu sanggup dihadapi oleh seseorang. Maka itu, timbul pertanyaan "Apakah hipnoterapi baik untuk mengatasi depresi?".

Baca Juga: Depresi Bisa Terjadi pada Segala Usia

Depresi Bukan Perasaan Sedih Biasa

Depresi sering diartikan sebagai perasaan sedih dan putus asa. Tidak sepenuhnya salah memang. Namun secara detail, depresi adalah gangguan perubahan suasana hati yang memengaruhi pola pikir, perasaan, dan cara beraktivitas. Pengidap depresi biasanya mengalami kesedihan, putus harapan, merasa tidak berharga, kehilangan minat beraktivitas, dan menyalahkan diri sendiri. Kalau kamu mengalami gejala ini dan berlangsung lama, setidaknya beberapa hari hingga dua minggu lebih, segera bicara pada dokter untuk mendapatkan pertolongan. Jika dibiarkan, depresi bisa mendorong pengidapnya untuk bunuh diri.

Baca Juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan

Depresi terjadi akibat hasil interaksi kompleks antara faktor biologi, psikologi, dan lingkungan. Ini berarti kejadian depresi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari faktor genetik, kemampuan seseorang menghadapi stres, trauma masa kecil, pola asuh orangtua, efek samping obat-obatan (seperti obat tidur dan obat hipertensi), dan mengidap penyakit tertentu (seperti cedera kepala, gangguan hormon tiroid, penyakit jantung, diabetes, kanker, hingga HIV/AIDS).

Hipnoterapi Bekerja dengan Mengubah Alam Bawah Sadar

Hipnoterapi adalah tipe terapi yang menggunakan hipnosis, yaitu tindakan memasuki alam bawah sadar seseorang untuk memberikan sugesti tertentu. Pada kasus depresi, hipnoterapi bertujuan untuk membuat seseorang fokus dan rileks, sehingga perasaan dan emosi negatif di masa lalu bisa dikendalikan. Meski sudah banyak yang melakukan, hipnoterapi untuk atasi depresi belum terbukti efektif dan masih menimbulkan pro-kontra. Berikut di antaranya:

  • Pro. Hipnoterapi sudah banyak digunakan untuk mengatasi kondisi medis tertentu, seperti membantu upaya berhenti merokok, nyeri kronis, gangguan kecemasan, irritable bowel syndrome (IBS), masalah konsentrasi, hingga kebiasaan menggeretak gigi. Hipnoterapi dianggap sebagai pilihan pengobatan yang aman karena hanya sedikit menimbulkan efek samping.

  • Kontra. Jika dilakukan sembarangan dan tanpa anjuran psikolog atau psikiater, hipnoterapi bisa menimbulkan efek samping berbahaya. Antara lain menciptakan memori yang salah (konfabulasi), rasa takut, kecemasan, dan amarah berlebihan. Kondisi ini semakin berbahaya jika seseorang tidak bisa mengatasi efek samping tersebut, sehingga memicu munculnya keinginan bunuh diri. Sebaiknya hipnoterapi dilakukan sebagai terapi tambahan dan bukan menjadi satu-satunya pilihan pengobatan depresi.

Lebih Baik ke Psikolog atau Psikiater

Depresi bukan sekadar emosi negatif yang muncul karena masalah di masa lalu, sehingga membuka luka lama dengan dalih membantu pengidap depresi berdamai dengan masa lalu bukan pilihan tepat. Depresi terjadi karena banyak faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan zat kimia dalam otak. Maka itu, sebaiknya bicara pada psikolog atau psikiater terlebih dulu jika kamu merasa memiliki gejala depresi.

Baca Juga: Ini Sebabnya Perempuan Lebih Sering Depresi

Kamu bisa berkunjung ke psikolog atau psikiater yang tersedia fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Atau, kamu bisa berbicara pada psikolog atau psikiater yang ada di aplikasi Halodoc. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc agar bisa menghubungi psikolog atau psikiater kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!