Pandangan Kabur Tanpa Sebab, Waspada Ulkus Kornea

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Pandangan Kabur Tanpa Sebab, Waspada Ulkus Kornea

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan agar mata terhindar dari berbagai gangguan yang dapat menyerang mata. Sebaiknya rutin periksakan kondisi mata jika kamu kerap mengalami gangguan mata, seperti mata yang terasa kering atau mengalami pandangan kabur secara tiba-tiba. Bisa jadi kondisi yang kamu alami merupakan gejala atau tanda adanya gangguan pada mata, seperti ulkus kornea. 

Baca juga: Cara Paling Tepat Merawat Mata Anak untuk Cegah Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan gangguan pada mata yang disebabkan adanya luka terbuka pada kornea. Padahal, kornea memiliki fungsi yang cukup vital untuk indera penglihatan kamu. Kornea memiliki fungsi untuk menentukan fokus objek yang akan dilihat dan melindungi mata dari paparan benda asing maupun bakteri.

Kenali Gejala dari Penyakit Ulkus Kornea

Tentu kerusakan yang terjadi pada kornea mata akan menurunkan fungsi kornea dan memengaruhi penglihatan kamu. Ulkus kornea merupakan kondisi yang darurat dan perlu segera penanganan agar kondisi ini tidak sebabkan komplikasi yang lebih membahayakan untuk indra penglihatan kamu.

Ketahui beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan pada kornea, seperti penyakit ulkus kornea. Luka yang terjadi pada kornea akan membentuk sebuah bintik putih pada mata. Ukurannya cukup beragam sesuai dengan luka yang terjadi pada kornea. Tentu, ketika makin besar luka yang terjadi pada mata akan semakin mudah terlihat bintik putih yang muncul.

Ada gejala lain yang perlu diwaspadai sebagai tanda adanya gangguan mata ulkus kornea, yaitu mata yang terasa gatal dan berair terus-menerus, pandangan yang kabur tanpa sebab, mata lebih sensitif terhadap cahaya, dan terasa ada yang mengganjal pada mata.

Baca juga: Ini Pencegahan Terkena Ulkus Kornea Paling Efektif

Jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda dari ulkus kornea, apalagi jika kamu mengalami beberapa gejala lain, seperti mata yang terasa sakit, mengalami pembengkakan pada bagian kelopak mata, hingga yang paling parah muncul nanah dari mata.

Ketahui Penyebab Ulkus Kornea

Ada beberapa penyebab ulkus kornea yang perlu diketahui, seperti paparan infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi jamur dan infeksi parasite. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang alami ulkus kornea, seperti kekurangan vitamin A, mengalami sindrom mata kering, dan cedera pada mata.

Bagi kamu yang sering menggunakan lensa kontak juga perlu berhati-hati. Tidak menjaga kebersihan tangan dan diri ketika menggunakan lensa kontak meningkatkan risiko seseorang alami ulkus kornea. Umumnya, seseorang yang menggunakan lensa kontak lebih rentan alami ulkus kornea yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penggunaan lensa kontak yang cukup lama membuat kornea tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga berpeluang menyebabkan infeksi.

Baca juga: 6 Cara Bersihkan Lensa Kontak untuk Cegah Ulkus Kornea

Bakteri dapat muncul pada proses pembersihan lensa kontak yang tidak steril. Ketika lensa kontak yang terpapar bakteri digunakan dalam waktu yang lama, maka kondisi ini meningkatkan pengguna lensa kontak alami ulkus kornea.

Ulkus kornea dapat diatasi dengan melakukan pengobatan seperti obat tetes mata antibiotik. Pada kasus ulkus kornea yang sudah terbilang parah, tindakan keratoplasti atau transplantasi kornea bisa dilakukan untuk mengatasi ulkus kornea.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Corneal Ulcers
Medicine Net. Diakses pada 2019. Corneal Ulcers