Cara Paling Tepat Merawat Mata Anak untuk Cegah Ulkus Kornea

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Paling Tepat Merawat Mata Anak untuk Cegah Ulkus Kornea

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan ketika kamu mengalami mata yang berubah menjadi kemerahan. Bisa jadi kamu mengalami kondisi ulkus kornea, apalagi jika mata merah yang dialami disertai kondisi mata gatal, berair, pandangan kabur, dan terdapat bintik putih pada kornea.

Baca juga: Mata Kering Sebabkan Ulkus Kornea, Ini Alasannya

Ulkus kornea adalah luka yang terjadi pada kornea yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, salah satunya kekurangan vitamin A pada mata. Kondisi ini termasuk kondisi yang cukup darurat dan terjadi pada usia berapapun, termasuk anak-anak.

Lakukan Perawatan Ulkus Kornea pada Anak

Sebaiknya ibu waspada ketika anak mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda penyakit ulkus kornea pada anak. Anak dengan kondisi ulkus kornea mengalami kondisi mata memerah dan berair. Anak juga merasa pada bagian mata yang kemerahan terasa gatal dan sebaiknya ibu ingatkan anak untuk tidak menggaruk bagian mata yang merah dan gatal.

Terkadang anak merasa pandangan matanya kabur dan disertai munculnya bintik putih pada bagian kornea. Mata yang terasa sakit menjadi tanda yang muncul ketika anak mengalami ulkus kornea.  Fotofobia atau kondisi mata yang sensitif terhadap cahaya menjadi tanda dari ulkus kornea.

Tidak hanya itu, kelopak mata yang membengkak dan terasa ada yang mengganjal menjadi tanda lainnya dari ulkus kornea. Sebaiknya segera periksakan kondisi mata anak pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab dari gejala yang dialami oleh anak.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan ulkus kornea pada anak, seperti pemeriksaan mata menggunakan mikroskop khusus untuk mata. Ketika anak dicurigai mengalami ulkus kornea, pemeriksaan secara biopsi juga dilakukan untuk memastikan penyebab ulkus kornea.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Mata untuk Cegah dari Ulkus Kornea

Tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan terlebih dulu terhadap kondisi mata anak agar ulkus kornea yang dialami tidak semakin bertambah parah. Sebaiknya ajak anak untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan. 

Ketahui Penyebab Ulkus Kornea pada Anak

Selain perawatan sebaiknya ibu lakukan pencegahan dan mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan anak mengalami ulkus kornea, yaitu:

1. Infeksi Virus

Ulkus kornea terjadi akibat adanya infeksi virus herpes simplex pada mata. Tidak hanya itu, ulkus kornea juga dapat disebabkan oleh virus varicella.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri umumnya menyerang orang dewasa dibanding anak-anak. Hal ini karena infeksi bakteri sering disebabkan karena penggunaan lensa kontak yang tidak dijaga kebersihannya sehingga memicu bakteri penyebab ulkus kornea.

3. Infeksi Jamur

Infeksi jamur disebabkan karena hal yang organik, misalnya cedera mata ketika mata terkena sayatan dari tanaman atau pepohonan disekitar. Kondisi ini terjadi pada anak akibat anak yang aktif bermain di luar ruangan.

4. Infeksi Parasit

Infeksi ini disebabkan oleh amuba yang hidup pada tanah maupun air.

5. Kekurangan Vitamin A

Anak yang tidak mendapatkan cukup asupan vitamin A rentan dengan kondisi ulkus kornea. Sebaiknya ibu penuhi kebutuhan nutrisi serta gizi anak agar kesehatan anak terjaga dan anak terhindar dari gangguan kesehatan.

Hindari anak mengucek mata agar kondisi ulkus kornea tidak semakin parah. Jangan lupa untuk ajak anak rutin menggunakan obat yang diberikan oleh dokter agar kondisi ulkus kornea yang dialami semakin membaik.

Baca juga: Cedera Mata Sebabkan Ulkus Kornea, Ini Alasannya

Referensi:
Healthline (diakses pada 2019). Corneal Ulcer
WebMD (diakses pada 2019). Corneal Ulcer