07 September 2018

Agar Sehat, Berapa Langkah Kaki yang Dibutuhkan dalam 1 Hari?

jalan kaki, manfaat sehat jalan kaki

Halodoc, Jakarta –  Meski terlihat sederhana dan sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, ternyata jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Nyatanya, berjalan kaki masuk dalam jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tak hanya itu, rutin berjalan kaki juga dapat membantu membakar kalori berlebih, menambah stamina, hingga membuat jantung lebih sehat.

Sayangnya, pada 2017 lalu sejumlah ilmuwan dari Amerika Serikat merilis hasil penelitian yang menyebut orang Indonesia paling malas jalan kaki. Survei tersebut dilakukan dengan mengkaji data ponsel dari ratusan ribu orang di seluruh dunia. Berdasar pengamatan itu, orang Indonesia disebut sebagai penduduk paling malas jalan kaki, yaitu hanya sekitar 3.513 langkah perhari. Sementara negara yang memiliki penduduk paling rajin berjalan kaki adalah Hongkong. Penduduk negara ini disebut dapat berjalan kaki hingga 6.880 langkah kaki setiap hari. Lantas, sebenarnya berapa langkah kaki yang dibutuhkan dalam 1 hari agar tetap sehat?

Banyak pakar kesehatan di seluruh dunia menyarankan orang dewasa untuk berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah dalam satu hari. Kebiasaan berjalan kaki disebut dapat memberi manfaat kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan. Namun, hal tersebut masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Ada yang menyebut kalau berjalan kaki benar-benar kebiasaan yang bisa memberi manfaat sehat. Karena itu, tidak perlu ada acuan mengenai berapa langkah yang harus diambil perhari.

Artinya, kamu disarankan untuk berjalan kaki sebanyak mungkin. Bahkan, jika kamu merupakan orang yang sangat sibuk atau pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu di belakang komputer, berjalan kaki tetaplah penting. Kamu bisa mencuri waktu saat istirahat makan siang, misalnya dengan berjalan kaki bersama rekan kerja ke tempat makan atau restoran yang ingin dituju.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu di tengah pekerjaan untuk sekadar jalan-jalan kecil. Naik turun tangga, memutari gedung, atau sengaja mencari jalan memutar untuk ke toilet adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menabung jumlah langkah kaki dalam satu hari.

Manfaat Sehat Bejalan Kaki

Berjalan kaki adalah kegiatan sederhana yang bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh. Nah, agar tidak malas jalan kaki lagi, perlu tahu nih apa saja manfaatnya!

  1.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rutin berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, terutama flu. Membiasakan diri untuk berjalan kaki benar-benar bisa mencegah penyakit. Sebuah penelitian yang dilakukan kepada lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan kalau orang yang berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu akan lebih jarang terkena flu.

  1.  Menurunkan Risiko Demensia

Selain bagi tubuh, berjalan kaki ternyata juga bisa memberi manfaat untuk otak. Salah satunya adalah meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak untuk fokus. Tak hanya itu, untuk orang yang sudah berusia lanjut, berjalan sejauh 11 km per minggu bisa membantu mengurangi risiko penyusutan otak.

  1.  Mengurangi Nyeri Sendi

Manfaat jalan kaki juga memiliki pengaruh ke sendi karena bisa melindungi sendi, terutama lutut dan pinggul yang paling rentan terhadap osteoartritis. Manfaat jalan kaki juga bisa membantu melumasi sendi dan membentuk otot.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: