30 April 2018

4 Latihan Kardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

4 Latihan Kardio yang Efektif Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang masih sering bertanya-tanya, sebenarnya jenis latihan manakah yang lebih efektif turunkan berat badan. Latihan kardio, latihan kekuatan, atau kombinasi keduanya? Ternyata, menurut para peneliti dari Duke University, latihan kardio lah yang paling efektif menurunkan berat badan. Hal itu sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan selama delapan bulan terhadap 119 relawan dengan berat badan berlebih. Latihan kardio juga diketahui tidak hanya efektif membakar kalori, tapi juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

Namun, agar kamu bisa menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat, National Institutes of Health menyarankan untuk melakukan latihan kardio minimal 30-45 menit dengan intensitas standar sebanyak 3-5 hari dalam seminggu. Berikut beberapa jenis latihan kardio yang efektif menurunkan berat badan:

  1. Steps Aerobics

Step aerobics adalah salah satu bentuk aerobik yang memanfaatkan platform dengan tinggi bervariasi mulai dari 10 sampai 30 sentimeter sebagai pijakan. Gerakan yang paling sederhananya hanya lah dengan naik dan turun platform. Namun, bila kamu sudah semakin terbiasa dengan olahraga ini, kamu bisa meningkatkan intensitasnya dengan melakukan step-step yang bervariasi seperti langkah ke belakang, langkah ke samping, langkah ke depan sambil tetap menginjak platform.  

Step aerobics baik untuk mengencangkan bagian kaki, pinggul, dan bokong, area yang biasanya ingin dikuruskan oleh banyak wanita. Latihan ini mampu membakar kalori sebanyak 800 kal/jam. Dengan melakukannya selama 1 jam setiap hari (yang bisa kamu bagi menjadi 2 sesi, masing-masing selama setengah jam), hasil tubuh yang kencang pun bisa kamu dapatkan hanya dalam dua minggu.

2.Berenang

Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga kardio yang baik karena melibatkan seluruh tubuh termasuk jantung, paru-paru dan juga otot dengan risiko cedera yang kecil. Saat berenang, kamu akan mengeluarkan energi yang besar terutama tubuh bagian bawah, sehingga lemak dalam tubuh akan terbakar. Jumlah kalori yang bisa dihilangkan dengan berenang adalah sebanyak 800 kal/jam.

Beberapa penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa berenang di dalam air yang dingin dapat membakar lebih banyak kalori karena tubuh akan semakin berusaha untuk menjaga temperatur tubuh. Namun, sebelum berenang di air yang dingin, sebaiknya kamu melakukan tindakan pencegahan dari hipotermia terlebih dahulu. (Baca juga: Tips Agar Berenang Efektif Turunkan Berat Badan)

  1. Bersepeda

Olahraga ini bisa benar-benar membakar banyak kalori, tergantung seberapa cepat kamu menggowes sepeda. Jumlah kalori yang bisa dibakar dengan bersepeda adalah sebanyak 500-1000 kal/jam. Bersepeda di ruangan terbuka sambil menghirup udara segar juga dapat menghilangkan stres. Namun, bila kamu tidak punya banyak waktu, berinvestasi pada sebuah sepeda statis bisa jadi salah satu opsi. Kamu bisa membakar kalori sambil menonton acara TV favorit yang akan mengalihkan perhatianmu dari rasa lelah. (Baca juga: Patut Dicoba! Mengecilkan Perut dengan Bersepeda)

  1. Jogging

Jogging adalah salah satu cara menguruskan badan yang mudah dan murah. Olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun maupun mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukannya. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa jogging terbukti lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang olahraga angkat beban.

Meskipun kardio dinilai efektif turunkan berat badan, namun Cassandra Forsythe, professor ahli kesehatan tetap menyarankan untuk melengkapi latihan kardio dengan latihan kekuatan otot seperti burpee, jumping jack, plank dan mountain climber (Baca juga: 6 Kesalahan yang Bikin Latihan Kardio Tidak Efektif). Untuk membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan agar tetap sehat, enggak perlu repot-repot lagi, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.