02 October 2018

Ketahui Bedanya Yoga dan Pilates

ketahui bedanya yoga dan pilates

Halodoc, Jakarta – Bila dilihat sekilas, gerakan yoga dan pilates memang mirip. Kedua jenis olahraga ini juga menekankan pada fleksibilitas dan pengelolaan pernapasan. Walaupun demikian, yoga dan pilates tetap merupakan dua olahraga yang berbeda. Yuk, ketahui perbedaan yoga dan pilates berikut ini, biar kamu bisa memilih mana yang paling tepat untuk kamu.

Mengenal Sejarah Yoga dan Pilates

Dalam bahasa Sansekerta, yoga bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Awalnya, yoga memang merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi di mana seseorang dituntut untuk memusatkan seluruh pikirannya agar bisa mengontrol panca indra dan tubuhnya secara keseluruhan. Seiring berjalannya waktu, yoga pun terus berkembang hingga kini menjadi salah satu jenis olahraga dengan berbagai variasi, antara lain Hatha, Ashtanga, Kripalu, Bikram, Hot dan Vinyasa.

Sementara pilates adalah versi kontemporer dari yoga. Pilates merupakan sebuah metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Hubert Pilates yang berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Dia menciptakan serangkaian latihan fisik untuk memperbaiki dan menguatkan postur tubuh, dengan memfokuskan pada pengendalian otot inti postural.

Kedua olahraga tersebut sama-sama memiliki pemahaman bahwa tubuh dan pikiran adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Namun bedanya, yoga menambahkan satu lagi elemen, yaitu jiwa. Kebanyakan praktik yoga mendorong pelakunya untuk menjelajahi jiwa dan spiritualitas melalui meditasi. Sementara pilates menciptakan prinsip hubungan antara tubuh dan pikiran serta bagaimana keduanya bisa membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Melakukan yoga secara rutin terbukti dapat memberikan beberapa manfaat berikut:

  • Mengurangi Stres

Tekanan pekerjaan yang menumpuk, macetnya jalanan ibu kota tentu dapat membuat kamu lama kelamaan menjadi stres. Nah, yoga merupakan salah satu olahraga yang ampuh untuk mengurangi stres. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa yoga dapat menurunkan tingkat kortisol atau hormon stres dalam darah. Dengan berlatih yoga, pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh pun lebih bugar.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Punya kesulitan untuk tidur atau insomnia? Yoga saja. Orang yang melakukan yoga dapat tertidur lebih mudah, lebih lama, dan merasa lebih segar ketika terbangun. Hal ini karena yoga meningkatkan sekresi hormon melatonin yang berperan pada kualitas tidur seseorang.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Orang yang rajin yoga juga cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat. Walaupun latihan yoga tidak seberat olahraga lainnya, tetapi gerakan-gerakan yoga dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, kamu pun tidak mudah jatuh sakit.

Manfaat Pilates untuk Kesehatan

Enggak kalah dengan yoga, melakukan pilates seminggu minimal dua kali juga bisa memberikan manfaat berikut untuk kesehatan:

  • Memperbaiki Postur Tubuh

Sering merasa nyeri di bahu, pinggang, atau punggung? Mungkin itu adalah dampak dari postur tubuh yang buruk. Nah, dengan berlatih pilates, lengkungan tulang belakang dapat dijaga tetap lurus, sehingga secara otomatis rasa nyeri pun akan berkurang.

Gerakan-gerakan pilates bisa membuat semua otot dan anggota tubuh mengalami perenggangan, sehingga otot-otot yang kaku atau tegang pun bisa lebih lemas.

  • Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Beberapa gerakan pilates biasanya menggunakan otot perut sebagai fokusnya. Dengan demikian, otot perut dan sekitarnya bisa menjadi lebih kencang dan hal ini juga berkaitan dengan keseimbangan tubuh kamu.

Yoga atau Pilates, Pilih Mana?

Bila kamu ingin mencari jenis olahraga yang bisa memulihkan tubuh setelah cedera, mengurangi nyeri tubuh, atau menguatkan persendian yang lemah, pilates adalah jawabannya. Namun, jika kamu ingin berolahraga sekaligus melepas rasa penat dan stres dari rutinitas sehari-hari, kamu bisa memilih yoga yang bisa membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

Nah, itulah perbedaan antara yoga dan pilates. Kalau kamu cedera atau mengalami kram saat berolahraga, kamu bisa membeli berbagai macam produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan dikirim ke lokasi tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: