Pecandu Minol Rentan Kena Pankreatitis Akut, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 Pankreatitis Akut

Halodoc, Jakarta - Kecanduan minuman beralkohol berarti tubuh menjadi bergantung pada alkohol dan sulit untuk mengendalikan untuk konsumsi minuman tersebut. Nah, kamu pasti sudah tahu kalau pecandu minol ini rentan mengalami gangguan kesehatan yang serius, salah satunya pankreatitis akut. Kenapa pecandu minol rentan kena pankreatitis akut? Yuk, kenalan dengan penyakit ini.

Baca juga: Bukan Karena Penyakit Jantung, Ini Penyebab Nyeri Dada yang Perlu Diwaspadai

Kamu Suka Konsumsi Minol? Waspadai Pankreatitis Akut!

Pada kasus pecandu minol yang parah, pankreatitis akut dapat menyebabkan perdarahan ke dalam kelenjar, kerusakan jaringan serius, infeksi, dan pembentukan kista. Pankreatitis akut dalam kasus yang sudah parah juga bisa membahayakan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Pankreatitis akut merupakan peradangan pada pankreas yang biasanya terjadi secara tiba-tiba dalam waktu singkat. Meskipun berlangsung secara singkat, peradangan yang ditimbulkan oleh pankreatitis akut dapat menyebabkan kerusakan serius pada pankreas. Kebanyakan orang dengan pankreatitis akut bisa sembuh total setelah mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala Pankreatitis Akut pada Pecandu Minol

Gejala pankreatitis akut yang bisa dialami oleh pecandu minol, yaitu:

  • Diare.

  • Demam.

  • Mual dan muntah.

  • Denyut nadi yang cepat.

  • Perut mengalami pembengkakan.

  • Kulit dan bagian putih mata berubah menjadi warna kuning.

  • Nyeri tumpul hebat. Adanya rasa sakit seperti diremas atau ditekan di sekitar bagian perut atas. Nyeri ini bisa bertambah parah dan menjalar di sepanjang punggung hingga bagian bawah tulang belikat.

Rasa nyeri yang dirasakan bisa bertambah parah dengan cepat, apalagi saat pengidap berbaring, makan terutama makanan berlemak, dan minum. Pada kasus pecandu minol, gejala nyeri pankreatitis akut biasanya muncul dalam waktu enam hingga 12 jam setelah pengidap mengonsumsi minuman beralkohol.

Pecandu minol umumnya enggak pernah kehilangan keinginan untuk terus mengonsumsi alkohol. Waktu kosong mereka banyak dihabiskan untuk mendapatkan dan mengonsumsi alkohol. Bahkan, para pecandu minol ini bisa meninggalkan aktivitas yang penting hanya untuk melakukan kebiasaannya tersebut.

Baca juga: Awas, Batu Empedu Sebabkan 6 Komplikasi Ini

Ingin Hidup Sehat Tanda Kecanduan Minol? Ini Solusinya!

Memang enggak mudah untuk menghentikan aktivitas yang sudah menjadi darah daging, seperti pecandu minol. Meski berhenti bertahap memang lebih mudah untuk dijalani, ada beberapa kondisi kesehatan yang mewajibkan para pecandu untuk segera berhenti total. Kondisi kesehatan tersebut, yaitu:

  • Pecandu minol mengidap penyakit jantung.

  • Pecandu minol mengidap kerusakan hati, seperti penyakit liver.

  • Pecandu minol sedang hamil, atau sedang merencanakan kehamilan.

  • Pecandu minol sedang mengonsumsi obat yang bisa bereaksi negatif terhadap alkohol, seperti obat antipsikotik.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kecanduan alkohol. Cara mengatasinya tergantung pada tingkat kecanduan dan keinginan pecandu untuk sembuh dari ketergantungannya. Pecandu bisa memilih untuk sekedar mengurangi konsumsi minol atau ingin berhenti total.

Kamu bisa mencoba lebih fokus untuk meninggalkan kebiasaan lama dan mulai menjalani gaya hidup sehat. Kamu bisa mulai dengan tidur lebih awal dan rutin berolahraga. Tinggalkan aktivitas yang berkaitan dengan alkohol dan ganti aktivitas baru yang lebih positif.

Baca juga: Selalu Kambuh, Maag Jadi Penyakit Susah Sembuh?

Enggak hanya pecandu minol, pankreatitis akut juga rentan dialami pengidap obesitas. Karena itu, penerapan diet dan olahraga secara teratur diperlukan sebagai langkah pencegahan. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call mengenai pankreatitis akut atau masalah kesehatan kamu. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!