• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pembukaan Lengkap Saat Melahirkan, Ketahui Lebar Jalan Lahir Bayi

Pembukaan Lengkap Saat Melahirkan, Ketahui Lebar Jalan Lahir Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pembukaan Lengkap Saat Melahirkan, Ketahui Lebar Jalan Lahir Bayi

“Melahirkan normal merupakan proses seorang bayi dilahirkan melalui vagina. Sebelum persalinan dimulai, umumnya kondisi ini akan diawali dengan kontraksi otot rahim yang diikuti dengan pembukaan leher rahim atau serviks secara bertahap. Saat pembukaan leher rahim lengkap biasanya leher rahim akan melebar sebanyak 10 sentimeter.” 

Halodoc, Jakarta – Melahirkan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Selain finansial, kesiapan fisik dan mental juga dibutuhkan menjelang proses kelahiran. Itulah sebabnya akan ada banyak persiapan yang dilakukan oleh pasangan sebelum proses melahirkan, termasuk memilih metode melahirkan normal atau caesar. 

Jika ibu memilih metode normal, akan ada beberapa tahap pembukaan yang dialami oleh ibu. Apa saja tahapan pembukaan saat melahirkan normal? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini!

Baca juga: Yang Harus Diketahui Jika Melakukan Persalinan Normal

Inilah Proses Pembukaan dan Lebar Jalan Lahir Secara Normal

Melahirkan normal merupakan proses seorang bayi dilahirkan melalui vagina. Biasanya, persalinan normal akan terjadi di usia kehamilan memasuki 38–42 minggu. Sebelum persalinan di mulai, umumnya kondisi ini akan diawali dengan kontraksi otot rahim yang diikuti dengan pembukaan leher rahim atau serviks secara bertahap.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam proses persalinan dan lebar jalan lahir yang dibutuhkan oleh bayi:

1.Tahap Pertama

Tahap pertama dalam proses persalinan normal akan dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu fase laten dan aktif. Fase laten akan dirasakan berbeda-beda oleh ibu, apalagi jika akan menjalani persalinan untuk pertama kali. Biasanya, fase ini akan membuat banyak ibu menunggu. Pada fase laten, kontraksi belum dirasakan secara teratur. Dalam tahap ini, biasanya akan banyak ibu yang menunggu di rumah dan melakukan berbagai persiapan.

Fase kedua dalam tahap pertama adalah fase aktif. Biasanya, fase aktif ditandai dengan kontraksi yang mulai terasa kuat dan teratur. Biasanya, dalam tahap ini sudah terjadi beberapa tahap pembukaan jalan lahir. Umumnya, lehem rahim atau serviks akan melebar sebanyak 5–6 sentimeter di fase ini. Ibu pun sudah harus bersiap di rumah sakit untuk menunggu tahap selanjutnya.

2.Tahap Kedua

Tahap pertama akan selesai hingga bukaan lengkap. Umumnya, saat bukaan lengkap leher rahim akan melebar menjadi 10 sentimeter dan artinya bayi sudah siap untuk dilahirkan. Tahap kedua akan berakhir setelah bayi dilahirkan. Umumnya, waktu tahap kedua akan berbeda-beda pada tiap wanita. 

3.Tahap Ketiga

Meskipun bayi telah dilahirkan, tetapi ibu masih melakukan proses untuk mengeluarkan plasenta. Biasanya, tahap ini akan selesai dalam waktu 5–30 menit. 

Itulah beberapa tahapan yang dibutuhkan untuk persalinan normal. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter kandungan untuk mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Lakukan Persalinan Normal, Siapkan 8 Hal Ini

Persiapan Persalinan Normal

Jika kamu ingin persalinan berjalan dengan normal, tentunya kamu memerlukan persiapan yang baik. Jangan lupa lakukan beberapa persiapan ini agar persalinan berjalan lancar:

  1. Lakukan olahraga ringan, seperti senam hamil, jalan santai, atau berenang. Hal ini dilakukan untuk memperkuat otot panggul ketika mengejan saat proses persalinan.
  2. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat agar tubuh mendapatkan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan.
  3. Jangan lupa mempelajari teknik-teknik persalinan, seperti tanda persalinan, teknik mengejan, hingga teknik bernapas yang perlu dilakukan saat persalinan.
  4. Ibu juga perlu mempersiapkan mental agar tetap tenang menghadapi persalinan. Ibu bisa melakukan teknik relaksasi, meditasi, atau yoga khusus hamil.
  5. Lakukan hal menyenangkan agar kondisi ini tidak membuat ibu menjadi stres dan cemas.

Baca juga: Uniknya Ritual Persalinan dari Berbagai Belahan Dunia

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan persalinan normal yang akan dilakukan. Jangan lupa untuk selalu rutin lakukan pengecekan pada dokter kandungan agar kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kondisi optimal.



Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. Cervix Dilation Chart: The Staged of Labor.