• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Persalinan Normal, Siapkan 8 Hal Ini

Lakukan Persalinan Normal, Siapkan 8 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Hampir setiap calon ibu menginginkan persalinan normal. Selain alamiah, ibu yang menjalani persalinan normal dianggap bisa pulih dengan cepat. Tidak sulit untuk melahirkan secara normal kecuali ibu memiliki kondisi medis tertentu selama kehamilan.

Ternyata, ada beberapa persiapan yang bisa ibu lakukan untuk meningkatkan peluang melahirkan normal. Selain melakukan persiapan ini, ibu harus punya niat yang kuat untuk melahirkan secara normal ya. Ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Ibu Hamil Wajib Ketahui Tahapan Lahiran Normal

Persiapan untuk Menjalani Persalinan Normal

Melansir dari Mom Junction, berikut sejumlah persiapan yang perlu ibu lakukan bila berencana untuk melahirkan normal:

  1. Hindari Stres

Wajar jika ibu merasa stres selama hamil, terutama jika usia kehamilan ibu sudah memasuki trimester ketiga. Namun, jika ibu berencana ingin melahirkan normal, usahakan untuk menghindari stres, kecemasan, dan pikiran yang tidak menentu. Emosi negatif dapat mengubah proses persalinan menjadi lebih sulit. Cara untuk meredakan stres adalah ibu dapat melakukan meditasi, mendengarkan musik atau mengutarakan perasaan ibu kepada pasangan, keluarga atau teman dekat.

  1. Cari Tahu Mengenai Persalinan

Mencari tahu mengenai persalinan dapat menurunkan kekhawatiran dan kecemasan yang ibu alami. Dapatkan sebanyak mungkin pengetahuan tentang persalinan melalui internet, buku, bicara dengan ibu yang sudah punya pengalaman bersalin atau berdiskusi dengan dokter. Namun, jangan sampai kewalahan. Terkadang, terlalu banyak informasi juga bisa menjadi masalah. 

Kalau ibu ingin bertanya seputar kehamilan, ibu bisa bertanya dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

  1. Minta Dukungan Emosional

Ajak pasangan, ibu atau teman dekat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan ketakutan tentang persalinan normal. Mendapat dukungan emosional juga membantu ibu untuk menghilangkan stres sebelum persalinan. 

Baca juga: Ini 3 Fakta Doula sebagai Pendamping Persalinan

  1. Pilih Dokter yang Tepat

Tak sedikit dokter yang kerap menyarankan operasi Caesar agar pasiennya merasa nyaman. Kalau ibu sudah bertekad ingin melahirkan normal, pastikan untuk memilih dokter yang mampu mengatur kehamilan dengan tepat.

  1. Sewa Doula

Meskipun ibu butuh biaya lebih untuk menyewa doula, tetapi doula bisa sangat membantu ibu agar tetap tenang dan menjadi penasihat selama persalinan. Pasca persalinan, doula juga membantu ibu tentang kiat-kiat menyusui Si Kecil.

  1. Pijat Perineum

Kalau ibu berencana melahirkan normal, coba lakukan pijatan perineum setelah memasuki bulan ketujuh. Pijatan ini membantu ibu menangani persalinan dan mengelola stres juga. Untuk memijat perineum, gunakan ibu jari dan pijat perlahan pada bagian bawah vagina dekat anus agar lebih lentur saat persalinan. Apabila perineum ini semakin lentur, bukan tidak mungkin ibu hanya memerlukan sedikit jahitan atau tidak sama sekali setelah persalinan. 

  1. Tetap Terhidrasi

Air sangat penting untuk menjaga fungsi-fungsi organ berjalan dengan baik. Apalagi saat kehamilan, ibu membutuhkan ekstra cairan untuk menghidrasi tubuh. Cairan penting untuk memberikan stamina saat persalinan. Ibu bisa membuat jus buah untuk mendapatkan nutrisi lebih. 

  1. Hindari Kelebihan Berat Badan

Ibu yang kelebihan berat badan dapat mengalami masalah selama persalinan dan mungkin berakhir dengan operasi caesar. Obesitas dapat membuat dokter kesulitan untuk memantau bayi selama persalinan, sehingga membuat persalinan normal menjadi sulit. Kelebihan berat badan juga bisa menambah ukuran bayi, sehingga akan sulit keluar pada saat persalinan. 

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan Normal

Itulah sejumlah persiapan yang perlu ibu lakukan bila ingin menjalani persalinan normal. Yang terpenting, perbanyak afirmasi dengan Si Kecil agar ia juga dapat memberi dukungan untuk ibu melahirkan secara normal. 

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. Normal Delivery: Symptoms, Process, Tips, And Exercises.
Parents. Diakses pada 2020. 12 Tips for Creating a Successful Natural Birth Plan.