Pencegahan agar Lingkar Bawah Mata Tidak Menghitam

Pencegahan agar Lingkar Bawah Mata Tidak Menghitam

Halodoc, Jakarta - Kantung mata menghitam umumnya disebabkan karena faktor kelelahan atau kurang tidur. Ketika seseorang lelah atau stres, sirkulasi darah di area mata melambat dan memicu penumpukan darah di sekitarnya.

Pembuluh darah tipis (kapilaris) juga meregang dan bocor, sehingga muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Penyebab lain kantung mata menghitam adalah usia, dehidrasi, kebiasaan merokok, minum alkohol, paparan sinar UV matahari, dan reaksi alergi.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Mata Panda

Pentingnya Tidur Cukup untuk Cegah Kantung Mata Menghitam

Tidur cukup punya dampak positif bagi kesehatan, di antaranya adalah membuat tubuh lebih sehat, menjaga berat badan, meningkatkan suasana hati, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempertajam ingatan.

Manfaat lain yang sering dilupakan adalah, tidur cukup termasuk salah satu cara merawat kesehatan kulit. Tidur yang cukup menjadikan proses regenerasi sel-sel kulit berjalan optimal, sehingga kulit tetap sehat dan segar. Salah satunya adalah mencegah kantung mata menghitam.

Durasi tidur tiap orang sebenarnya berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas fisik tiap orang. Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk tidur 6-8 jam sehari. Durasi tersebut sudah termasuk tidur siang dan tidur malam. Bagaimana jika tidak ada waktu untuk tidur siang? Kamu bisa mengakalinya dengan tidur 5-10 menit saat jam makan siang atau sekadar istirahat dari padatnya aktivitas untuk mencegah kelelahan.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

Berbagai Cara Mengatasi Kantung Mata Menghitam

Selain memperbaiki waktu tidur, berikut ini cara untuk mengatasi kantung mata menghitam:

  • Kompres mata. Bungkus es batu menggunakan kain bersih, lalu pejamkan mata. Kemudian, letakkan kompres tersebut pada mata selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di bawah mata untuk sementara waktu.

  • Oleskan krim khusus mata, terutama yang mengandung vitamin C,  vitamin E, dan retinol. Krim mata berfungsi untuk mencerahkan warna kulit yang menghitam di bawah mata.

  • Hindari menggosok mata, karena bisa memicu reaksi alergi yang berupa penggelapan di area bawah mata.

  • Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari, terutama pada pukul 10.00-14.00 siang.

  • Gunakan masker mentimun. Siapkan mentimun yang sudah disimpan di lemari es, kemudian iris dan letakkan di atas mata. Tunggu hingga 15-20 menit supaya nutrisi mentimun terserap kulit. Jika digunakan secara rutin, masker mentimun bisa mengurangi pembengkakan lingkaran hitam di mata.

  • Menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari konsumsi makanan bergizi seimbang, tidur cukup, rutin berolahraga, kelola stres, dan berhenti merokok. Kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi kafein dan menghindari minuman beralkohol, karena keduanya memicu dehidrasi yang membuat area di bawah mata menghitam.

Baca Juga: 3 Cara Aman Membersihkan Mata dari Sisa Makeup

Itulah cara mencegah dan mengatasi kantung mata hitam yang bisa dicoba. Kalau kamu punya keluhan dengan kantung mata, jangan ragu untuk berbicara langsung dengan dokter. Tanpa harus antre, kamu bisa membuat janji dan bertemu dokter kulit di rumah sakit pilihan  di sini. Untuk informasi lainnya tentang kesehatan mata, kamu dapat download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!