06 March 2018

5 Tips Menghindari Mata Panda

5 Tips Menghindari Mata Panda

Halodoc, Jakarta – Lingkaran hitam di bawah mata biasanya terjadi karena gaya hidup yang juga bisa memunculkan mata panda. Nah, untuk mengatasi mata panda ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Yuk, cari tahu triknya berikut ini, ya:

  1. Kantung Teh yang Sudah Dipakai

Untuk meringankan lingkaran hitam di bawah mata, kamu bisa mengompres mata dengan kantung teh yang sudah dipakai. Diamkan 7-10 menit untuk hasil yang efektif, lalu basuh wajah seperti biasa. Teh mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah kulit, terutama munculnya lingkaran hitam di mata.

  1. Irisan Timun

Mengatasi mata panda juga bisa dilakukan dengan mengompres mata dengan irisan timun. Belah timun lalu letakkan bagian yang berair ke kantung mata dan diamkan selama 5-10 menit. Timun mengandung silika yang berfungsi untuk pembentukan jaringan ikat pada kulit.

  1. Kentang

Irisan kentang mentah juga ampuh mengatasi mata panda. Alternatif cara lain adalah dengan memarut kentang mentah kemudian rendamkan bola-bola kapas tersebut. Setelah bola-bola kapas menyerap semua air kentang baru dikompreskan ke mata selama 10-15 menit.

  1. Tomat

Selain pemulihan dari luar, kamu juga bisa menerapkan dari dalam dengan cara membuat jus tomat dan meminumnya. Untuk pilihan lain, kamu juga bisa minum air lemon dengan beberapa lembar daun mint sebagai alternatif jus.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan Vitamin E dan memang bagus buat kulit. Mencerahkan kulit wajah, menghambat penuaan dan membuat kulit kenyal. Mengaplikasikan minyak zaitun ke lingkar bawah mata juga ampuh mengatasi mata panda, pijat lembut supaya minyak terserap sempurna.

Selain gaya hidup, usia yang merangkak naik  dan paparan sinar matahari yang berlebihan juga membuat lingkar hitam pada bawah mata. Perbedaan ketebalan kulit juga membuat bagian-bagian tubuh tertentu rentan terhadap paparan dari lingkungan luar. Kalau ketebalan kulit kamu di bagian lain antara 2-3 milimeter, khusus bagian bawah mata hanya 0, 5 milimeter. Sehingga membuat mata menjadi bagian yang sensitif.

Kamu bisa menghindari dan mengatasi mata panda lewat cara-cara berikut ini:

  • Jangan menggosok mata terlalu kuat. Setelah tahu kalau kulit area mata tipis, mulai sekarang kamu harus lebih hati-hati menyentuh mata. Kalau mata terasa gatal ada baiknya kamu mencuci mata ketimbang menggosoknya.
  • Lingkar mata menghitam bisa juga disebabkan oleh alergi, jika ini yang dialami, kamu bisa menanyakan kondisi tersebut ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan memberikan penjelasan dan saran terbaik. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store, melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.
  • Posisi tidur juga menyebabkan lingkar hitam pada mata. Biasakan tidur menggunakan satu bantal saja. Supaya posisi wajah netral, ada baiknya kamu tidur telentang.
  • Gunakan remover makeup yang lembut dan tidak membuatmu harus menggosok terlalu keras supaya makeup dapat hilang sempurna. Minyak kelapa, minyak zaitun adalah rekomendasi untuk remover makeup aman nyaman buat kulit mata.
  • Mengonsumsi alkohol dan rokok dapat mengurangi kadar air dalam tubuh yang juga mempengaruhi kesehatan kulit termasuk lingkar hitam pada mata.

Polusi udara juga mempengaruhi kesehatan kulit dan ini tidak hanya terjadi di out door tetapi juga indoor. Memberikan perhatian terhadap lingkungan tempat dimana kamu sering berinteraksi juga salah satu upaya menghindari dan mengatasi mata panda. (Baca juga Waspadai Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas)