19 October 2018

3 Cara Aman Membersihkan Mata dari Sisa Makeup

3 Cara Aman Membersihkan Mata dari Sisa Makeup

Halodoc, Jakarta - Riasan mata adalah salah satu yang dianggap penting bagi kalangan wanita. Alasannya, riasan mata yang tepat dapat memperindah tampilan wajah wanita sehingga lebih percaya diri. Selain itu, mata adalah bagian dari komunikasi nonverbal yang memberikan lebih banyak kesan daripada ucapan sehingga wajar jika wanita menitikberatkan riasan wajah di area mata. Namun, satu hal yang wajib diperhatikan adalah cara membersihkan mata dari makeup itu sendiri. Tidak hanya wajib dibersihkan dari sisa makeup, namun juga harus mengangkat sisa kulit mati dan melembapkan kulit di sekitarnya.

Riasan di area mata umumnya lebih sulit dihapus karena terletak pada area yang halus di sekitar mata dan tergolong area yang sensitif. Apabila kamu tidak dapat membersihkan mata dengan benar dapat berdampak seperti munculnya lingkaran hitam hingga kerutan pada area mata. Oleh sebab itu, kamu harus mengikuti beberapa cara membersihkan mata yang benar berikut ini:

Gunakan Produk Khusus Bayi

Karena area mata cukup sensitif, maka produk khusus bayi adalah solusi tepat sebagai cara membersihkan mata. Produk bayi teruji kelembutannya sehingga kamu dapat menggunakannya dengan cara mengoleskannya pada kapas basah. Usapkan produk bayi seperti sampo yang diformulasikan tanpa tambahan pewangi pada kelopak mata dan pada sepanjang garis bulu mata bagian bawah. Hindari menggosokan terlalu banyak sampo di area bulu mata agar tidak mengiritasi mata yang menyebabkan kemerahan.

Selain dengan sampo, produk khusus bayi yang dapat kamu gunakan adalah minyak alami atau krim pelembut bayi tanpa pewangi tambahan. Kedua produk ini dipilih karena memiliki kandungan zat kimia yang lebih ringan sehingga cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Namun jika jenis produk tersebut masih membuatmu merasa tidak nyaman, kamu dapat mencoba menggunakan tisu basah bayi. Tisu basah bayi tergolong praktis karena kamu bisa mengusapkan area mata dengan tisu tersebut dan sisa makeup dapat terangkat.

Gunakan Minyak Alami

Selain produk bayi yang lembut, minyak alami cocok sebagai cara membersihkan mata dari sisa makeup yang kamu gunakan seharian. Pilih minyak yang kamu suka seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, atau aprikot. Kandungan yang terdapat di dalamnya membantu menghapus makeup dengan lembut. Minyak alami tidak hanya mampu membersihkan, namun juga melembapkan dan menenangkan area sekitar mata.

Caranya mudah, kamu dapat menggunakan kapas untuk mengoleskan minyak pada area mata, lalu diamkan sekitar satu menit agar minyak memecah makeup di area tersebut. Setelah itu, gunakan kapas baru untuk menyapu lembut area kelopak mata. Jika ingin membersihkan eyeliner di bawah mata, kamu dapat menggunakan cotton bud sebagai pengganti kapas.

Produk Khusus Pembersih Makeup

Apabila kulitmu tergolong sensitif dan tidak nyaman dengan dua jenis pembersih di atas, sebaiknya kamu memakai produk khusus untuk membersihkan makeup. Pilih yang berkualitas dan kandungannya cocok dengan kulitmu. Mungkin produk ini memiliki harga yang lebih mahal, namun apabila kamu menggunakannya dengan benar maka produk tersebut bertahan lama. Saat ini banyak produk pembersih makeup di toko-toko kecantikan, kamu bisa mencari tahu referensinya terlebih dulu sebelum mencobanya agar tidak menyesal.

Jika kamu memiliki masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya-tanya seputar kecantikan melalui Video/Voice Call dan Chat. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: