15 March 2019

Pengidap Cacar Air Rentan Terkena Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

 Pengidap Cacar Air Rentan Terkena Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Halodoc, Jakarta –  Kelenjar getah bening yang bengkak, biasanya mengindikasikan infeksi yang umum, namun mereka juga dapat menandakan kondisi medis, seperti kelainan kekebalan tubuh atau jarang jenis kanker. Kelenjar getah bening adalah struktur bulat kecil yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Pembengkakan kelenjar getah bening juga dikenal sebagai kelenjar bengkak.

Cacar air bisa juga menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Kenapa bisa demikian? Cacar Air adalah penyakit umum yang disebabkan oleh virus varicella zoster, yang merupakan anggota keluarga herpes. Biasanya, terjadi selama masa kanak-kanak dan sangat menular. Orang dewasa dapat tertular virus jika mereka tidak memilikinya di masa kecil.

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Cacar air paling sering dimulai dengan sedikit demam, sakit tubuh, dan kehilangan nafsu makan. Dalam satu atau dua hari, ruam muncul biasanya mulai di dada atau punggung. Awalnya, ruam dimulai sebagai bintik-bintik merah yang kemudian dengan cepat membentuk lepuh dan menyebar ke seluruh tubuh. Lepuh terbuka dan membentuk kerak atau keropeng dalam beberapa hari.

Ruam dapat terus meletus selama empat hingga lima hari karena lecet yang lebih tua kudis dan sembuh. Gatal dapat menyertai ruam bersamaan dengan demam, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri tubuh secara umum. Sebenarnya, pembengkakan ini adalah respon dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus.

Baca juga: Konjungtivitis Dapat Sebabkan Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Perawatan Cacar Air

Cacar air sangat menular. Sebagian besar anak-anak dengan saudara kandung yang terinfeksi juga akan mendapatkannya (jika mereka belum memiliki infeksi atau vaksin), menunjukkan gejala sekitar dua minggu setelah anak pertama melakukannya.

Seseorang dengan cacar air dapat menyebarkan virus:

  1. Melalui tetesan di udara dengan batuk atau bersin

  2. Dalam lendir mereka, air liur (ludah), atau cairan dari lepuh

  3. Cacar air menular dari sekitar dua hari sebelum ruam mulai sampai semua lepuh berkerak.

  4. Seseorang dengan herpes zoster dapat menyebabkan cacar air (namun, tidak herpes zoster) ke orang yang belum pernah mengalami cacar air atau mendapatkan vaksin sebelumnya.

Karena cacar air sangat menular, seorang anak yang mengidap cacar air harus tinggal di rumah dan beristirahat sampai ruam hilang dan semua lepuh mengering. Ini biasanya memakan waktu sekitar satu minggu.

Baca juga: Kenali Fungsi Kelenjar Getah Bening bagi Tubuh

Virus menyebabkan cacar air, jadi antibiotik tidak bisa mengobatinya. Tapi,, antibiotik diperlukan jika bakteri menginfeksi luka. Ini bisa terjadi ketika anak-anak menggaruk dan memetik lecet.

Obat antivirus mungkin diresepkan untuk pengidap cacar air yang berisiko mengalami komplikasi. Tergantung pada:

  • Usia dan kesehatan anak

  • Tingkat infeksi

  • Waktu perawatan

Dokter dapat memberi tahu penggunaan obat yang tepat seperti apa. Selain itu, untuk membantu meringankan rasa gatal dan tidak nyaman dari cacar air dapat dilakukan beberapa hal berikut:

  • Gunakan kompres basah yang dingin atau mandi dengan air hangat setiap 3–4 jam selama beberapa hari pertama.

  • Tepuk (jangan digosok) badannya yang kering.

  • Letakkan lotion kalamin di bagian yang gatal (namun,  jangan gunakan di wajah, terutama di dekat mata).

  • Tanyakan ke dokter atau apoteker tentang krim penghilang rasa sakit untuk diterapkan pada luka di daerah genital.

  • Tanyakan ke dokter tentang penggunaan obat bebas untuk diminum karena gatal.

  • Letakkan atau pakaikan sarung tangan di tangan anak untuk menghindari goresan saat tidur.

  • Potong kuku dan bersihkan.

  • Berikan makanan yang dingin, lembut, dan hambar karena cacar air di mulut dapat membuat sulit untuk minum atau makan. Hindari sesuatu yang asam atau asin, seperti jus jeruk atau pretzel.

  • Berikan asetaminofen ke anak untuk membantu meringankan rasa sakit.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cacar air dan pembengkakan kelenjar getah bening, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.