15 January 2019

Kenali Fungsi Kelenjar Getah Bening bagi Tubuh

Kenali Fungsi Kelenjar Getah Bening bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta - Kelenjar getah bening merupakan bagian tubuh yang memegang peran penting dalam sistem imun. Ibarat kata, mereka sebagai “pasukan” yang siap sedia untuk mengatasi berbagai infeksi. Meski begitu, kelenjar ini juga amat rentan terhadap gangguan dan penyakit. Contohnya, pembengkakan kelenjar getah bening yang sering terjadi.

Kelenjar getah bening sendiri merupakan struktur jaringan kecil yang bentuknya menyerupai kacang merah. Kelenjar ini dapat berukuran sekecil kepala peniti atau sebesar buah zaitun. Setidaknya ada ratusan kelenjar ini dalam tubuh yang bisa ditemukan sendiri atau dalam kumpulan. Kelenjar yang berkumpul ini banyak terdapat pada leher, paha bagian dalam, ketiak, sekitar usus, dan di antara paru-paru.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Kelenjar Getah Bening

Membentuk Suatu Sistem

Kelenjar ini memiliki sel-sel darah putih yang merupakan sel dalam membantu tubuh melawan infeksi. Fungsi utama dari kelenjar ini menyaring cairan getah bening (yang terdiri atas cairan dan zat sisa dari jaringan tubuh) dari organ terdekat atau area pada tubuh. Bersama dengan pembuluh limfa, kelenjar ini akan membangun sistem getah bening. Lalu, bagaimana sistem ini bekerja?

Nah, sistem getah bening ini merupakan bagian penting dari sistem imun. Bisa disebut sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Sistem ini merupakan jaringan di dalam tubuh yang dibentuk dari pembuluh limfa dan kelenjar getah bening.

Sistem getah bening ini juga akan mengumpulkan cairan, zat sisa, dan hal lainnya (seperti, bakteri dan virus) pada jaringan tubuh, di luar aliran darah. Nantinya, pembuluh getah bening ini akan membawa cairan getah bening ke kelenjar getah bening. Nah, begitu cairan ini mengalir, kelenjar akan menyaringnya untuk menjebak bakteri, virus, dan zat asing lainnya. Tahap selanjutnya, agen-agen berbahaya di dalam tubuh akan dihancurkan oleh limfosit (sel darah putih khusus).

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Menyaring dan Rumah Bagi Sistem Imun

Kelenjar ini punya peran yang istimewa bagi tubuh. Kelenjar getah bening punya fungsi untuk menjaga aliran dari pembuluh getah bening. Lain halnya dengan pembuluh darah, pembuluh getah bening ini akan mengangkut cairan plasma. Cairan ini merupakan sisa cairan ketika darah sudah menyalurkan makanan ke seluruh jaringan di tubuh.

Aliran pembuluh getah bening hanya searah. Arahnya dari seluruh jaringan tubuh menuju ke pembuluh vena di dada untuk dibawa ke jantung. Ketika pembuluh getah bening bekerja mengangkut sisa cairan, maka di situlah kuman bisa terbawa.

Baca juga: Cari Tahu Penyebab Bengkaknya Kelenjar Getah Bening

Nah, di saat itu pula kelenjar ini akan bekerja mempertahankan supaya kuman enggak terbawa masuk ke pembuluh darah vena yang akan kembali ke jantung.

Kelenjar getah bening limfosit merupakan rumah dari sel-sel sistem imun yang berasal dari sumsum tulang sel-sel induk. Sel B dan juga T-sel limfosit ditemukan pada kelenjar dan jaringan getah bening. Nah, ketika limfosit sel B aktif karena adanya antigen tertentu, mereka akan menciptakan antibodi yang spesifik dengan antigen yang spesifik.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki masalah pada kelenjar getah bening? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui  aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!