• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Hepatitis Kronis Pantang Konsumsi Makanan Ini

Pengidap Hepatitis Kronis Pantang Konsumsi Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pengidap Hepatitis Kronis Pantang Konsumsi Makanan Ini

"Penyakit hepatitis kronis akan membuat kinerja organ hati menjadi semakin buruk. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat kondisi semakin buruk. Oleh karena itu, pengobatan dan perubahan gaya hidup seperti mengatur pola makan perlu dilakukan. Seperti misalnya menghindari beberapa makanan pantangannya agar tidak mengganggu fungsi hati."


Halodoc, Jakarta - Saat seseorang didiagnosis mengalami penyakit kronis seperti hepatitis, maka ia perlu segera melakukan perubahan gaya hidup. Salah satunya adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Ini bukan tanpa alasan, tentu saja ini dilakukan agar pengidap hepatitis kronis bisa terjaga kesehatan tubuh dan stabilitas fungsi organnya sehingga organ tetep bekerja dengan optimal. 

Saat hepatitis kronis terjadi, maka kondisi ini akan merusak fungsi hati, sehingga organ penting di dalam tubuh ini tidak lagi mampu melakukan tugasnya dengan optimal. Sayangnya, banyak makanan yang terbiasa kamu konsumsi yang justru semakin merusak fungsi hati dan semakin meningkatkan risiko terhadap buruknya kondisi hepatitis kronis yang dialami. 

Baca juga: Lebih Bahaya Mana, Hepatitis B Akut atau Kronis?

Pantangan Makanan untuk Hepatitis Kronis

Tentu saja, kamu tidak boleh sembarangan makan saat didiagnosis alami hepatitis kronis. Kamu harus bertanya dahulu pada ahli gizi yang benar-benar berpengalaman. Seperti misalnya bertanya pada ahli gizi yang ada di Halodoc. Ini karena di Halodoc ada banyak sekali ahli gizi yang bisa kamu tanyakan seputar diet. 

Lalu, apa saja pantangan makanan bagi pengidap hepatitis kronis? Berikut ini di antaranya:

Alkohol

Kamu pasti tahu bahwa alkohol memiliki sifat racun yang bisa menghambat penyerapan gizi dari makanan yang kamu konsumsi. Bahkan, konsumsi alkohol dalam dosis yang kecil sekalipun bisa meningkatkan risiko kamu terhadap penyakit perlemakan hati alkoholik dan risiko pun sama tingginya untuk penyakit fibrosis dan sirosis parah. Tidak hanya dalam bentuk minuman keras, alkohol yang terkandung dalam obat untuk pereda nyeri pun menjadi pantangan untuk pengidap hepatitis kronis. 

Makanan Tinggi Garam

Selain alkohol, pengidap hepatitis kronis juga harus kurangi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Tingginya garam atau natrium bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah yang turut berperan dalam penyakit perlemakan hati. Ini termasuk makanan yang dikemas dalam kaleng, karena kandungan gula dan garamnya yang tinggi akan memicu terjadinya retensi cairan dan pembengkakan di bagian perut.  

Baca juga: Makanan Kaleng Bisa Sebabkan Keracunan, Benarkah?

Makanan Tinggi Protein

Rusaknya hati karena penyakit hepatitis juga bisa mengakibatkan penggumpalan amonia di dalam tubuh. Sayangnya, ini akan berdampak pada kerusakan fungsi otak. Bahkan, dalam kondisi sehat, kamu disarankan hanya mengonsumsi protein tidak lebih dari 1 gram per 1 kilogram berat badan kamu setiap harinya. Jenis makanan tinggi protein, termasuk daging, ikan, unggas, produk susu, kacang, hingga sereal.

Makanan Tinggi Gula

Bagi pengidap hepatitis kronis, makanan dengan kandungan gula tinggi pun menjadi pantangan, karena kandungan karbohidrat sederhana yang bisa membuat gula darah kamu mengalami kenaikan secara signifikan. Akibatnya, akan terjadi diabetes yang justru memperparah kerusakan hati. Bukan berarti kamu dilarang untuk mengonsumsinya, tetapi batasi asupan untuk jenis roti putih, kue kering, dan makanan dengan tambahan gula. 

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Kamu perlu tahu bahwa penyakit hepatitis bisa membuat tubuh kehilangan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lemak agar berat badan kamu tetap stabil. Namun, bukan berarti kamu bisa makan sembarang lemak, hindari terlalu banyak susu, mentega, dan produk-produk protein hewani. 

Baca juga: Begini Akhirnya Hepatitis Bisa Jadi Kanker

Itulah pantangan makanan untuk pengidap hepatitis kronis. Jadi, pastikan untuk menghindari makan makanan tersebut untuk menjaga sistem tubuh terutama organ hati bisa bekerja dengan lebih baik.

Referensi: 
Chicago Now. Diakses pada 2021. 5 of the Worst Foods for Your Liver.
Livestrong. Diakses pada 2021. Foods to Avoid with a Bad Liver.
Livestrong. Diakses pada 2021. Foods Known to Damage the Liver.