Air Mata Keluar saat Menguap? Ternyata Ini Sebabnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Air Mata Keluar saat Menguap? Ternyata Ini Sebabnya

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu menyadari bahwa mata mengeluarkan air seperti menangis setiap kali kamu menguap? Bukan, ini tidak menandakan bahwa kamu menangis karena keluar air mata. Kamu sedang menguap, dan ada alasan khusus mengapa mata mengeluarkan air ketika tubuh memberikan sinyal untuk menguap. Simak ulasan ini hingga akhir ya!

Sebenarnya, Mengapa Mulut Menguap?

Pernahkah kamu bertanya mengapa kamu menguap, terutama saat mengantuk atau merasa bosan dan kelelahan? Hingga kini belum diketahui penyebab menguap yang sering terjadi pada manusia. Sebagian besar beranggapan bahwa menguap terjadi karena kamu bosan, kelelahan atau mengantuk. Pasalnya, ketika kamu merasa bosan atau lelah, sistem yang terjadi pada tubuh melambatkan kerjanya untuk menghemat energi.

Pernapasan mengalami perlambatan dan kamu menghirup oksigen lebih lambat. Supaya asupannya untuk tubuh tetap terpenuhi, tubuh memberikan sinyal untuk menguap, sehingga oksigen masuk lebih banyak dan fungsi tubuh tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: 5 Penyebab Sering Ngantuk Padahal Sudah Cukup Tidur

Anggapan lain mengatakan bahwa menguap berfungsi untuk meregangkan organ paru-paru dan jaringan yang ada di sekitarnya. Peregangan ini ditujukan untuk melemaskan sendi dan otot, membuat detak jantung meningkat dan melancarkan aliran darah. Ini mengapa setelah menguap, kamu akan lebih siaga.

Namun, kondisi ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Pasalnya, ketika tubuh telah mendapatkan cukup oksigen, kamu tetap bisa menguap. Sama halnya dengan tingginya kadar karbondioksida pada tubuh yang tidak lantas membuat kamu akan selalu menguap.

Lalu, Mengapa Air Mata Keluar ketika Menguap?

Lantas, mengapa mata mengeluarkan air ketika sedang menguap? Menguap merupakan gerakan membuka mulut, dan bersamaan dengan hal tersebut, mata kamu menutup, dan tulang pipi terangkat. Semua gerakan ini memicu terjadinya kontraksi pada otot wajah, dan menekan kelenjar air mata.

Tekanan ini membuat air mata yang tersimpan pada kelenjar terlepas dan membasahi bagian ujung mata, sehingga kamu tampak seperti menangis. Semakin sering kamu menguap, maka semakin sering kelenjar air mata ini tertekan, dan semakin banyak air mata yang keluar, sehingga kamu semakin terlihat seperti sedang atau habis menangis.

Baca juga: Menguap Tanda Mengantuk atau Cerdas?

Normalkah Menguap Tanpa Mengeluarkan Air Mata?

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak mengeluarkan air mata ketika menguap, karena hal tersebut normal terjadi. Biasanya, tidak adanya air mata ketika menguap terjadi pada orang-orang dengan kelenjar air mata yang terbilang besar.

Tidak hanya itu, mata kering bisa menjadi alasan mengapa mata tidak mengeluarkan airnya ketika kamu menguap. Kondisi ini sering terjadi ketika kamu sedang berada di wilayah pantai yang berangin. Namun, tersumbatnya kelenjar air mata dan gangguan pada saluran air mata juga bisa menyebabkan tidak adanya air mata ketika menguap.

Baca juga: 6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

Tetapi, apabila mata kamu memang sangat kering yang membuat kamu merasakan gejala tidak biasa, kamu bisa segera menghubungi dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan mata. Penanganan segera membantu mengurangi dampak negatifnya, sehingga pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan. Kamu bisa menghubungi dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat dengan tempat tinggalmu atau rumah sakit yang kamu inginkan di sini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc, tentu saja dengan download aplikasinya terlebih dahulu di ponsel kamu.