• Home
  • /
  • Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya

Halodoc, Jakarta - Menangis adalah respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan. Menangis bukan hal yang aneh untuk dilakukan, dan baik pria maupun wanita  dapat menangis lebih sering dari yang diperkirakan orang.

Menangis bukan pertanda mental kita lemah. Terlebih bagi pria, masyarakat luas kerap  menganggap bahwa pria yang menangis adalah pria yang lemah. Mereka dituntut harus selalu kuat dan tabah. Anggapan ini salah besar. Tidak pernah ada larangan untuk pria menangis. Bahkan dari sisi kesehatan, manfaat menangis baik untuk kesehatan fisik maupun mental. 

Baca juga: Menangis Tanda Kuat Mental, Masa Sih?

Manfaat Menangis

Melansir dari Healthline, para peneliti telah menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Manfaat ini dimulai saat lahir, lewat tangisan pertama bayi. Nah, berikut manfaat menangis yang perlu diketahui:

1. Mendetoksifikasi Tubuh

Manusia memiliki tiga jenis air mata, yakni air mata refleks, air mata yang terus-menerus keluar (continuous tears), dan air mata emosional. Air mata refleks bertugas membersihkan kotoran-kotoran, seperti asap dan debu dari mata. Sementara air mata yang keluar terus-menerus akan melumasi mata dan membantu melindunginya dari infeksi.

Terakhir adalah air mata emosional yang memiliki manfaat kesehatan. Jika continuous tears mengandung 98 persen air, air mata emosional diduga mengandung hormon stres dan racun lainnya. Para peneliti yakin bahwa menangis dapat mengeluarkan hal-hal buruk dari sistem tubuh, meski penelitian lebih lanjut perlu diteliti lagi. 

2. Membantu Menenangkan Diri

Menangis juga bisa menjadi salah satu mekanisme terbaik tubuhmu untuk menenangkan diri. Peneliti telah menemukan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS).

PNS membantu tubuh beristirahat dan mencernanya. Namun, manfaatnya tidak langsung. Mungkin perlu beberapa menit air mata menetes sebelum kamu merasakan efek menenangkan dari menangis.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Menangis dalam waktu lama dapat melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau dikenal sebagai endorfin. Zat kimia yang menyebabkan efek mengenakan untuk membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Setelah endorfin dilepaskan, tubuh mungkin mengalami sedikit mati rasa. Oksitosin dapat memberikan perasaan tenang atau sejahtera.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Dia 9 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

4. Meningkatkan Suasana Hati 

Menangis bahkan terisak juga membantu kita meringankan rasa sakit, bahkan meningkatkan semangatmu. Saat kamu menangis terisak, kamu menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak.

Otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran daripada otak yang hangat. Hal ini yang sebabkan suasana hati membaik setelah kamu menangis terisak-isak.

5. Tanda Butuh Dukungan

Jika kamu merasa sedih, menangis adalah cara untuk memberi tahu orang-orang di sekitar bahwa kamu membutuhkan dukungan. Ini dikenal sebagai manfaat interpersonal. Sejak kamu masih bayi, menangis telah menjadi kelekatan.

Fungsinya dalam banyak hal untuk mendapatkan kenyamanan dan perawatan dari orang lain. Dengan kata lain, menangis akan membantu membangun jaringan dukungan sosial ketika keadaan semakin berat. 

6. Membantu Pulih dari Kesedihan

Bersedih adalah suatu proses. Ini melibatkan periode kesedihan, rasa bersalah, dan kemarahan. Menangis sangat penting selama masa-masa duka. Bahkan dapat membantu proses kamu dalam menerima kehilangan orang yang dicintai. Setiap orang melalui proses berduka dengan cara yang berbeda.

Jika kamu merasa rasa sedihmu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari, sebaiknya segera menghubungi psikolog di Halodoc untuk mendapatkan bantuan. Kamu bisa menggunakan fitur chat di Halodoc untuk meminta saran kepada psikolog profesional.

7. Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis tidak hanya terjadi dalam menanggapi sesuatu yang menyedihkan. Terkadang kamu menangis ketika sangat bahagia, takut, atau stres. Para peneliti di Yale University percaya bahwa menangis dengan cara ini membantu mengembalikan keseimbangan emosional. Ketika kamu sangat bahagia atau takut tentang sesuatu dan menangis, itu mungkin cara tubuh untuk pulih dari emosi yang begitu kuat.

8. Membantu Bayi Bernapas

Tangisan pertama bayi keluar dari rahim adalah tangisan yang sangat penting. Bayi menerima oksigen mereka di dalam rahim melalui tali pusar. Setelah bayi dilahirkan, mereka mulai bernapas sendiri. Tangisan pertama yang membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan di dunia luar. Menangis juga membantu bayi membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.

Ternyata, menangis juga dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Tangisan itu menambah panjang tidur dan mengurangi jumlah bayi terbangun di malam hari.

Baca juga: 5 Fakta Tangisan Bayi yang Lucu dan Unik

Itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan. Sebaiknya, jangan tahan diri kamu ketika ingin menangis dan lepaskan semua kepenatan atau hal-hal yang mengganggu perasaan kamu.

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Ways Crying May Benefit Your Health.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits of Crying: Why It's Good to Shed a Few Tears.
Web MD. Diakses pada 2020. Is Crying Good for You?