• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Cuaca Panas Bikin Tubuh Cepat Lelah

Penyebab Cuaca Panas Bikin Tubuh Cepat Lelah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat ini Indonesia tengah memasuki masa musim kemarau. Kondisi ini terkadang menyebabkan cuaca yang cukup panas. Banyak beragam dampak yang mungkin terjadi ketika seseorang terpapar cuaca panas dalam waktu yang cukup lama, beberapa di antaranya adalah tubuh yang lebih cepat merasa kelelahan. 

Baca juga: Cuaca Panas Sebabkan Demam, Ini Penyebabnya

Tidak hanya kelelahan, terkadang perasaan ngantuk pun sering melanda seseorang dalam cuaca yang cukup panas. Lalu, apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami tubuh yang cepat lelah ketika cuaca panas melanda? Ini ulasannya.

Penyebab Cepat Lelah saat Cuaca Panas

Melakukan aktivitas di bawah cuaca yang panas terkadang membuat perasaan menjadi lebih cepat lelah dan mengantuk. Namun, tahukah kamu ada beberapa penyebab yang membuat tubuh merasa cepat lebih lelah ketika kamu terpapar cuaca panas dalam jangka waktu yang cukup lama.

Melansir Sleep Advisor, paparan cuaca yang panas menyebabkan tubuh menyesuaikan suhu secara otomatis agar tetap dingin, salah satu caranya dengan memproduksi keringat. Tidak hanya melakukan aktivitas fisik, menjaga suhu tubuh tetap konsisten dan stabil pun menyebabkan tubuh mengeluarkan energi. Dengan begitu, saat kamu berkeringat kamu akan lebih cepat merasa lelah.

Tidak hanya saat tubuh menjaga suhu tetap konsisten dan stabil, paparan cuaca panas dalam jangka waktu yang cukup lama juga bisa mengakibatkan dehidrasi. Melansir dari laman Health, dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan. Ketika kamu mengalami dehidrasi, kondisi ini menyebabkan tekanan darah menurun, sehingga detak jantung meningkat, dan aliran darah menuju otak menjadi lebih lambat, inilah yang menyebabkan rasa lelah saat dehidrasi.

Namun, tidak hanya kelelahan, cuaca panas juga rentan dengan tekanan darah rendah. Mungkin bagi sebagian orang kondisi ini tidak berdampak apa pun pada kesehatan, namun jika kamu cuaca panas menyebabkan kamu mengalami sakit kepala hingga rasa mual, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu rasakan.

Baca juga: Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas dengan 8 Cara Ini

Hindari Kelelahan saat Cuaca Panas

Namun jangan khawatir, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk menghindari kelelahan saat cuaca sedang panas, yaitu:

1. Batasi Kegiatan di Luar Ruangan

Terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dapat membuat tubuh lebih cepat merasa kelelahan. Tidak ada salahnya membatasi kegiatan di luar ruangan agar kesehatan tubuh tetap optimal. Gunakan pakaian yang nyaman jika kamu perlu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih saat cuaca sedang panas. Memenuhi kebutuhan air putih tentunya membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari gejala dehidrasi, salah satunya kelelahan. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi berbagai buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

3. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kelelahan saat cuaca panas dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Istirahatlah pada ruangan dengan suhu ruangan yang nyaman serta sirkulasi yang baik. Kamu dapat gunakan pendingin ruangan atau kipas angin untuk menghilangkan suhu panas yang kamu rasakan.

Baca juga: Ternyata, Apel Mampu Mencegah Dehidrasi

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lelah saat cuaca sedang panas. Jangan lupa perbanyak mengonsumsi makanan sehat dan segar agar tubuh dapat kembali menjadi lebih optimal.

Referensi:
Metro. Diakses pada 2020. Why Does Being Out in Hot Weather Make You More Tired?
Health. Diakses pada 2020. 12 Dehydration Symptoms Everyone Should Know, According to Experts
Sleep Advisor. Diakses pada 2020. 5 Reasons Why The Heat Makes You Sleepy
Live Science. Diakses pada 2020. Why Does Being In The Heat Make Us Feel Tired?