Apa yang Bikin Tubuh Sering Terasa Cepat Lelah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Apa yang Bikin Tubuh Sering Terasa Cepat Lelah?

Halodoc, Jakarta – Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, dibutuhkan kondisi tubuh yang fit. Jika tidak, kondisi tubuh yang kurang fit bisa menghambat aktivitas yang kamu jalankan. Bisa jadi, kamu akan merasa terus-terusan mengantuk dan kelelahan. Selain bikin kamu enggak fokus, rasa lelah yang muncul juga bisa bikin kamu mudah lupa.

Jadi, agar tubuh selalu fit kamu perlu menjaga kebugaran tubuh, misalkan dengan makan makanan bergizi, tidur cukup, olahraga teratur, dan lainnya. Tapi, tahukah kamu jika ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin kamu cepat lelah? Intip beberapa penyebab cepat lelah berikut ini, yuk!

  1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan di dalam tubuh, ditandai dengan urine yang berwarna kuning atau kuning gelap. Selain bikin kamu kehausan, dehidrasi juga bisa bikin kamu cepat lelah. Jadi, untuk mencegah dehidrasi, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak cairan dan makan makanan dengan kadar air tinggi, misalkan buah dan sayuran.

  1. Kurang Tidur

Selain untuk regenerasi sel tubuh, tidur juga dilakukan agar tubuh kamu fit dalam menjalankan aktivitas di esok hari. Jadi, enggak heran kalau orang yang kurang tidur cenderung akan mudah mengantuk dan lelah di tengah aktivitas yang padat. Untuk mencegahnya, kamu perlu tidur cukup setidaknya 7 hingga 9 jam per hari.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga dapat membantu memperlancar denyut jantung, sehingga sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh akan semakin banyak dan efektif untuk mengurangi kelelahan. Jadi, olahraga enggak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga kebugaran tubuh. Tapi, kalau kamu enggak terbiasa olahraga, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, dan olahraga ringan lainnya.

  1. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Akibatnya, orang dengan anemia cenderung tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen, sehingga ia akan mudah lelah. Orang dengan anemia juga akan mengalami gejala seperti sesak otot terasa lemas, sulit berkonsentrasi, sesak napas, pusing, atau sakit kepala. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen nutrisi terutama zat besi, vitamin B12, dan vitamin C untuk membantu penyerapan mineral. Kamu bisa membeli suplemen yang dibutuhkan tersebut di aplikasi Halodoc, lho. Kamu hanya tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam.

  1. Depresi

Depresi tidak hanya berhubungan dengan gangguan emosi, melainkan juga dengan gejala fisik seperti kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Depresi dapat mengganggu keseimbangan serotonin, yaitu zat kimia yang juga berperan dalam mengatur “jam tubuh”. Akibatnya, orang depresi cenderung mengalami kesulitan tidur yang dapat membuatnya cepat lelah di keesokan hari. Jika kamu terus merasa lelah dan bersedih tanpa sebab lebih dari dua minggu, kamu perlu bicara dengan dokter agar mengetahui penyebabnya. Untuk bicara dengan dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Voice/Video Call dan Chat kapan saja dan dimana saja.

  1. Terlalu Banyak Kafein

Konsumsi kafein memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Tapi, sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi kafein terlalu banyak justru dapat menyebabkan kelelahan. Jadi, sesuka apapun kamu dengan minuman berkafein, kamu perlu membatasi konsumsi kafein yaitu tidak lebih dari 4 gelas per hari. Sedangkan untuk wanita hamil, konsumsi kafein tidak boleh lebih dari 3 gelas per hari.  

Selain bicara dengan dokter, kamu juga bisa melakukan pengecakan kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain di aplikasi Halodoc, lho. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.