• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Apel Mampu Mencegah Dehidrasi

Ternyata, Apel Mampu Mencegah Dehidrasi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Ketika tubuh kehilangan banyak cairan atau menggunakan lebih banyak cairan daripada yang diperlukan tandanya tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang kerap disepelekan. Padahal, dehidrasi memengaruhi fungsi normal tubuh, sehingga rentan mengembangkan kondisi yang lebih serius. 

Cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah minum banyak cairan, terutama saat cuaca sedang panas atau sedang beraktivitas di bawah sinar matahari. Dehidrasi juga rentan kamu alami ketika mengidap kondisi tertentu, contohnya seperti diare. Bukan hanya minum air putih saja, cairan bisa diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan, seperti apel. Selain menghidrasi tubuh, tentunya kamu bisa memperoleh manfaat vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. 

Baca juga: Kurang Minum, Kenali 5 Tanda Dehidrasi pada Kulit

Benarkah Apel Ampuh untuk Cegah Dehidrasi?

Apel mungkin identik dengan program diet. Selain bisa membuat kenyang lebih lama, ternyata apel termasuk buah dengan kadar air yang cukup tinggi. Apel juga dilengkapi dengan gula alami, asam amino, garam mineral dan vitamin. Kandungan tersebut membuat apel cocok disantap saat cuaca panas.

Melansir dari Family Doctor, jus apel juga sering direkomendasikan untuk anak-anak yang mengalami dehidrasi ringan. Alasannya, jus apel dinilai sama efektifnya dengan dengan fungsi larutan elektrolit. Kalau kamu mengalami tanda-tanda dehidrasi, kamu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc terkait penanganan yang tepat lainnya. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Manfaat Buah Apel Lainnya

Bukan cuma mencegah dehidrasi saja, antioksidan yang terkandung dalam apel punya manfaat besar untuk kesehatan. Dikutip dari Medical News Today, berikut ini manfaat luar biasa yang bisa kamu peroleh dari konsumsi apel, yaitu:

  1. Menurunkan Kolesterol

Studi dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah. Namun, manfaat ini tidak bisa diperoleh dari apel yang telah diolah menjadi jus. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Apel mengandung serat, vitamin C, antioksidan, dan potasium. Serat yang terkandung dalam apel membantu mengelola tekanan darah yang otomatis mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan melindungi beberapa aspek kesehatan jantung. Vitamin C juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempertahankan tubuh dari infeksi dan penyakit. Sedangkan kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan komplikasi kardiovaskular.

Baca juga: Bukan Hanya Lemas, Ini 6 Dampak Dehidrasi bagi Tubuh

  1. Mencegah Diabetes

Apel mengandung gula alami yang tentunya aman untuk seseorang yang punya riwayat keluarga diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan seseorang yang punya risiko diabetes untuk makan buah segar, termasuk apel. Selain mengandung gula alami, apel dapat memuaskan rasa manis dan memberi nutrisi dengan tetap menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Nah, apel termasuk buah dengan sumber antioksidan terbaik.

Studi dari Cambridge Public Health and Nutrition pada tahun 2016 lalu menyimpulkan bahwa mengonsumsi apel membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolorektal, di antara jenis lainnya. Serat juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar, menurut studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health.

  1. Mengurangi Obesitas

Apel mengandung senyawa bioaktif yang membantu meningkatkan bakteri sehat di dalam usus, sehingga mengoptimalkan kesehatan pengidap obesitas. Serat juga dapat membantu pengidap agar merasa kenyang lebih lama, sehingga mereka cenderung makan terlalu sedikit.

Baca juga: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Dehidrasi

Jadi, apel tidak melulu berhubungan dengan buah untuk menurunkan berat badan, ya! Manfaat apel juga berdampak besar untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau kamu ingin menginginkan suplemen alami, kamu perlu rutin mengonsumsi apel untuk mendapatkan antioksidan alaminya. 

Referensi :
Family Doctor. Diakses pada 2020. Treating dehydration in children with diluted apple juice.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about apples.
European Journal of Nutrition. Diakses pada 2020. Intake of whole apples or clear apple juice has contrasting effects on plasma lipids in healthy volunteers.
Cambridge Public Health and Nutrition. Diakses pada 2020. Apple intake and cancer risk a systematic review and metaanalysis of observational studies.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Dietary fiber intake and risks of proximal and distal colon cancers.